30 Fakta Unik dan Menarik Dunia yang Jarang Diketahui, Bikin Takjub!

Selasa 11 Juli 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi - 30 Fakta Unik dan Menarik Dunia yang Jarang Diketahui, Bikin Takjub!. | (Sumber : Freepik.com/@jannoon028.)

Ilustrasi - 30 Fakta Unik dan Menarik Dunia yang Jarang Diketahui, Bikin Takjub!. | (Sumber : Freepik.com/@jannoon028.)

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia yang kita tinggali ini menyimpan beragam cerita unik dan menarik yang jarang diketahui banyak orang. Namun, hal itu semua merupakan anugerah terindah yang tuhan berikan kepada kita.

Keunikan dan kemenarikan dunia ini tersebar dari seluruh dunia. Semua fakta unik dan menarik dari dunia meliputi keajaiban menakjubkan seperti cuaca, sungai, gunung dan lainnya. 

Lalu seperti apa bentuk fakta unik dan menarik dari dunia? Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik tentang dunia:

 

  1. Bumi memiliki diameter sekitar 12.742 kilometer dan merupakan planet terbesar kelima dalam Tata Surya.

 

  1. Samudra Pasifik adalah samudra terluas di dunia, mencakup sekitar 30% luas permukaan Bumi.

 

  1. Gunung Everest di Pegunungan Himalaya adalah puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Jadwal dan Cara Daftar Ulang PPDB Jabar 2023 Tahap 2, Ayo Cek Disini!

  1. Sungai Nil di Afrika adalah sungai terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 6.650 kilometer.

 

  1. Hutan Amazon di Amerika Selatan adalah hutan hujan terbesar di dunia dan merupakan rumah bagi sebagian besar spesies tanaman dan hewan yang unik.

 

  1. Antartika adalah benua terdingin dan terkering di Bumi. Suhu terendah yang pernah tercatat di sana adalah -89,2 derajat Celsius.

 

  1. Jepang terdiri dari lebih dari 6.800 pulau yang membentang di sepanjang Cincin Api Pasifik. Gunung Fuji, salah satu ikon Jepang, adalah gunung berapi tertinggi di negara ini.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

  1. Sahara, yang terletak di Afrika Utara, adalah gurun pasir terbesar di dunia. Luasnya lebih dari 9 juta kilometer persegi.

 

  1. Air terjun Angel di Venezuela adalah air terjun tertinggi di dunia, dengan ketinggian sekitar 979 meter dan jatuh bebas dari tebing Gunung Auyan.

 

  1. Pulau Paskah, yang terletak di Samudra Pasifik, terkenal karena patung-patung raksasa yang disebut Moai. Pulau ini merupakan wilayah paling terpencil di dunia.

 

  1. Great Barrier Reef di Australia adalah terumbu karang terbesar di dunia. Terumbu karang ini memiliki panjang sekitar 2.300 kilometer dan merupakan tempat tinggal bagi ribuan spesies laut yang berbeda.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

  1. Terdapat lebih dari 7.000 bahasa yang aktif digunakan di seluruh dunia.

 

  1. Danau Baikal di Rusia adalah danau air tawar terdalam dan tertua di dunia. Kedalamannya mencapai sekitar 1.642 meter dan diperkirakan usianya mencapai 25-30 juta tahun.

 

  1. Gunung Kilimanjaro di Tanzania adalah gunung tertinggi di Afrika dengan ketinggian sekitar 5.895 meter di atas permukaan laut. Yang menarik, Kilimanjaro adalah satu-satunya gunung bersalju di Afrika yang berada di dekat garis khatulistiwa.

 

  1. Wadi Rum di Yordania adalah padang pasir yang terkenal dengan formasi batu-batunya yang spektakuler. Tempat ini telah menjadi latar belakang untuk banyak film Hollywood, termasuk film-film dalam seri "Star Wars" dan "The Martian".

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Tanda Seseorang Berbohong, Salah Satunya Gelisah!

  1. Sungai Amazon di Amerika Selatan adalah sungai terbesar dalam hal volume air yang mengalir ke laut. Dalam setahun, Sungai Amazon mengalirkan sekitar 209.000 meter kubik air per detik.

 

  1. Pulau Bora Bora di Polinesia Prancis terkenal karena pantainya yang berpasir putih, air laut yang jernih, dan bungalow mengapung (overwater bungalow) yang ikonik.

 

  1. Meskipun ada 24 jam dalam sehari, setiap hari terakhir Februari, negara-negara seperti Samoa dan Kiribati melompati tanggal 29 Februari dan langsung ke tanggal 1 Maret untuk menyelaraskan zona waktu mereka dengan negara-negara lain.

 

  1. Sistem gua Mammoth di Amerika Serikat adalah sistem gua terpanjang di dunia, dengan panjang tercatat lebih dari 650 kilometer.

Baca Juga: Kenali 9 Tanda Pasangan Anda Sedang Berbohong, Awas Jangan Tertipu!

  1. Tempat paling kering di Bumi adalah Gurun Atacama di Chili. Beberapa bagian dari gurun ini tidak pernah menerima hujan selama berabad-abad.

 

  1. Matahari adalah bintang terdekat dengan Bumi dan merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di planet kita. Diameter Matahari sekitar 1,4 juta kilometer, lebih dari 100 kali diameter Bumi.

 

  1. Kepulauan Maladewa terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Terumbu karang di Maladewa adalah rumah bagi lebih dari 1.000 spesies ikan tropis yang berwarna-warni.

 

  1. Gua Son Doong di Vietnam adalah gua terbesar di dunia berdasarkan volume. Gua ini memiliki ruang yang sangat besar sehingga sebuah hutan dapat tumbuh di dalamnya.

Baca Juga: 60 Rekomendasi Nama Anak Perempuan Bahasa Jawa yang Punya Makna Baik

  1. Jaringan kereta api China adalah yang terbesar di dunia dengan panjang total lebih dari 146.000 kilometer.

 

  1. Pulau Santorini di Yunani terkenal dengan pemandangan indahnya dan arsitektur khas pulau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi.

 

  1. Selat Gibraltar, yang memisahkan benua Eropa dan Afrika, memiliki lebar terpendek hanya sekitar 14 kilometer.

 

  1. Amazon Rainforest di Amerika Selatan menghasilkan lebih dari 20% oksigen di atmosfer Bumi dan dijuluki sebagai "Paru-paru Dunia".

 

  1. Jalur Suez di Mesir adalah terusan buatan manusia yang menghubungkan Laut Tengah dengan Laut Merah. Panjangnya sekitar 193 kilometer.

Baca Juga: Link dan Cara Cek Pengumuman PPDB Jabar 2023 Tahap 2, Simak Disini!

  1. Selat Drake, yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik, adalah perairan yang paling terkenal karena badai dan ombaknya yang ganas.

 

  1.  Jembatan Akashi Kaikyo di Jepang adalah jembatan gantung terpanjang di dunia dengan rentang utama sepanjang 1.991 meter.

Itu adalah beberapa fakta menarik tambahan tentang dunia ini. Dunia kita penuh dengan keajaiban dan tempat menarik yang menanti untuk dieksplorasi dan dipelajari.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich