5 Gejala Penyakit Hati Berlemak Alkoholik: Sakit Perut hingga Nafsu Makan Hilang

Senin 19 Juni 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi. Penyakit Hati | Kenali Gejala Penyakit Hati Berlemak Alkoholik: Sakit Perut hingga Nafsu Makan Hilang (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)

Ilustrasi. Penyakit Hati | Kenali Gejala Penyakit Hati Berlemak Alkoholik: Sakit Perut hingga Nafsu Makan Hilang (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit hati terdiri dari berbagai jenis, seperti hepatitis, sirosis, abses, perlemakan hati hingga kanker hati. Namun, artikel berikut lebih spesifik membahas tentang penyakit hati berlemak alkoholik.

Penyakit hati berlemak alkoholik dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dalam waktu singkat. Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan Alcohol-related fatty liver disease atau ARLD.

Penting untuk mengetahui gejala penyakit hati berlemak. Ini karena tanda-tanda penyakit hati ARLD biasanya tak begitu tampak, kecuali saat organ hati rusak parah.

Baca Juga: Sunrise vs Sunset, Mana Yang Lebih Baik? 5 Alasan Menurut Fotografi!

Dikutip dari Times of India via Tempo.co, berikut beberapa tanda gejala awal penyakit hati berlemak alkoholik dan kerap dianggap sebagai kondisi yang tidak terlalu serius:

Gejala Penyakit Hati Berlemak Alkoholik

1. Sakit Perut

Sebagian besar pasien dengan ARLD mengalami nyeri perut bagian atas yang tidak biasa. Jenis nyeri ini biasanya ditandai dengan nyeri tumpul atau pegal. Seiring dengan sakit perut, penderita mungkin juga mengalami mual.

2. Nafsu Makan Hilang

Kehilangan nafsu makan bisa jadi disebabkan ARLD. Menurut US National Institutes of Health, pada penyakit hati, kadar ghrelin gagal meningkat secara pra-prandial (sebelum makan). Ini membuat efek ghrelin yang berpengaruh pada peningkatan nafsu makan menjadi hilang.

Efek ghrelin juga dikenal sebagai "hormon lapar". Penurunan kadar ghrelin kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi resistensi insulin, peningkatan glukosa postprandial, dan ekspresi serum leptin yang berlebihan.

3. Merasa Lelah

Kelelahan yang terus-menerus dapat mempengaruhi fisik, mental, atau kombinasi keduanya. Ini karena adanya kelebihan lemak di hati yang disebabkan oleh ARLD, bisa terjadi peradangan di hati penderita.

Peradangan tersebut akhirnya dapat menyebabkan pelepasan sitokin pro-inflamasi yang dapat menyebabkan rasa lelah.

4. Diare

ARLD juga dapat mengganggu pergerakan usus.

Menurut US National Institutes of Health, transit usus kecil yang tertunda pada sirosis dapat menyebabkan perkembangan pertumbuhan bakteri kecil yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan gejala diare.

5. Tidak Enak Badan

Hati memecah sebagian besar alkohol yang diminum untuk dapat mengeluarkannya dari tubuh.

Namun, proses pemecahannya juga dapat menghasilkan zat berbahaya yang dapat merusak sel hati, meningkatkan peradangan, dan melemahkan pertahanan alami tubuh. Hal itu dapat menyebabkan penderitanya merasa tidak enak badan.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Jajan Snack di Sukabumi, Cemilan Murah Meriah!

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami tanda-tanda penyakit hati berlemak alkoholik. Tanda-tanda ini tidak selalu harus dikaitkan dengan penyakit hati. Diagnosis medis yang tepat sangat penting untuk kejelasan penyakit.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)
Entertainment29 Mei 2024, 13:00 WIB

Berawal DM TikTok Bersemi Cinta: Kisah Cinta Sule dan Santyka Fauziah yang Makin Serius

Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan.
Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan. (Sumber : Instagram/@santykafauziah).
Sukabumi29 Mei 2024, 12:51 WIB

Incaran Pedagang Jelang Idul Adha, Ribuan Domba di Pajampangan Sukabumi Siap Kurban

Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024, para peternak atau tengkulak domba di Wilayah Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, sudah mulai persiapkan domba-domba untuk kurban.
Pemeriksaan kesehatan Domba Kurban di Kampung Bedeng Desa Pasiripis Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang