Hati-hati Bekas Cakaran Kucing Bisa Bawa Penyakit Serius, Ini Cara Mengatasinya

Kamis 06 April 2023, 07:00 WIB
Bekas luka cakaran kucing bisa menyebabkan penyakit serius jika tidak ditangani dengan tepat | Foto: Pixabay/TeamK

Bekas luka cakaran kucing bisa menyebabkan penyakit serius jika tidak ditangani dengan tepat | Foto: Pixabay/TeamK

SUKABUMIUPDATE.com - Kamu memelihara kucing di rumah? Hati-hati bekas cakaran kucing pada kulit bisa membawa penyakit serius jika tidak ditangani dengan benar.

Kucing sendiri menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara manusia. Selain karena jinak, kucing juga dianggap sebagai hewan lucu dan menggemaskan.

Kucing diketahui merupakan salah satu hewan yang memiliki kuku-kuku tajam. Saat bermain dengan kucing peliharaan tak jarang kuku kucing bisa melukai kulit manusia. Bekas luka cakaran kucing umumnya tidak berbahaya asalkan dilakukan perawatan yang tepat agar tidak terjadi terinfeksi.

Baca Juga: Benarkah Bulu Kucing Bisa Sebabkan Kemandulan? Cek Faktanya!

Namun, mengutip dari Akurat.co, luka bekas cakaran kucing yang sudah terinfeksi bisa menyebabkan penyakit serius. Seperti infeksi bakteri, hingga rabies, jika kucing yang menyebabkan luka sudah terinfeksi rabies.

Untuk mencegah bahaya luka bekas cakaran kucing kamu dapat memotong kuku kucing secara teratur atau menggunakan sarung tangan saat memegang kucing yang cenderung mencakar.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah berinteraksi dengan hewan peliharaan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
Bahaya luka bekas cakaran kucing

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (5/4/2023), ada beberapa bahaya luka bekas cakaran kucing yang bisa saja membawa infeksi bakteri ke tubuh.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan, Bisa Obati Masalah Pernapasan

Bahaya luka bekas cakaran kucing dapat menyebabkan infeksi jika tidak segera diatasi. Infeksi ini akan menyebabkan demam, pembesaran kelenjar getah bening dan terbentuknya benjolan yang berisi air atau nanah di luka cakaran. Komplikasi yang parah bisa saja muncul dan mengganggu kesehatanmu secara total.

Dari kondisi yang kamu alami umumnya sudah mengarah ke infeksi yang sebaiknya ditangani langsung oleh dokter. Untuk tindakan sementara dirumah, kamu bisa melakukan beberapa hal.

Pertama, kamu kompres benjolan dengan air hangat setidaknya 10 menit. Lalu, ulangi 2-3 kali sehari. Kemudian, oleskan salep antibiotik.
Umumnya salep ini sebaiknya didapatkan dari resep dokter. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah menemui dokter secara langsung. Untuk mengatasi nyeri, kamu bisa konsumsi paracetamol.

Tidak hanya bahaya luka bekas cakaran kucing atau gigitan saja, infeksi bakteri juga menular dari air liur kucing yang masuk ke dalam luka terbuka. Bahkan, infeksi bakteri yang satu ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia lain. Jika sudah terjadi, komplikasi serius bisa saja dialami oleh manusia, seperti gangguan fungsi jantung dan kerusakan otak.

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Jadi Tanda Kucing Akan Mati, Salah Satunya Bulu Berantakan

Kamu bisa segera mengunjungi dokter jika mengalami beberapa hal berikut ini, yaitu:

  • Luka sayatan atau bekas gigitan kucing tidak segera sembuh dalam beberapa waktu.
  • Luka bekas cakaran kucing yang memerah semakin besar setelah dua hari.
  • Demam yang disebabkan dari bahaya luka bekas cakaran kucing selama beberapa hari.
  • Kelenjar getah bening yang terasa sakit dan membengkak hingga 2-3 minggu.
  • Merasakan nyeri tulang dan sendi, sakit perut, serta kelelahan yang luar biasa selama lebih dari 2-3 minggu.

Baca Juga: Manfaat Memelihara Kucing, Salah Satunya Bisa Jadi Teman Main di Rumah

Jika kamu baru saja terkena cakaran atau gigitan kucing, segera bersihkan luka dengan sabun dan air mengalir selama 15 menit. Setelah itu, tutup luka dengan perban steril dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan di area sekitar luka.

Kalau dilihat secara langsung, cakaran kucing mungkin terlihat biasa saja dan tidak parah. Namun, efek samping dari bahaya luka bekas cakaran kucing sudah tidak boleh disepelekan lagi.

Sumber: Akurat.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 Juli 2024, 08:00 WIB

5 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses, Hindari Sikap Ini!

Orang miskin seringkali memiliki pola pikir yang negatif tentang uang dan kesuksesan. Hal ini dapat membuat mereka sulit untuk keluar dari siklus kemiskinan.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)