Rhoma Irama: Lagu Syahdu Bisa Sembuhkan Kanker, Simak Sederet Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Rabu 02 November 2022, 15:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pedangdut Legendaris Rhoma Irama berbicara soal manfaat musik bagi kesehatan yang bisa meningkatkan imun tubuh bahkan menyembuhkan penyakit kanker.


Dalam podcast Daniel Mananta, Rhoma Irama mengaku, salah satu lagu miliknya menjadi dapat menyembuhkan seseorang dari kanker. Rhoma Irama bercerita, terdapat seorang perempuan bernama Thia mengaku sembuh dari kanker karena lagunya yang berjudul “Syahdu”, Seperti dikutip dari Suara.com.


"'Karena lagu Anda telah menyembuhkan saya dari kanker'. Lagu 'Syahdu'," ujar Rhoma Irama dalam konten yang diunggah di kanal YouTube Daniel Mananta Network pada Selasa (1/11/2022).


Thia sendiri seorang atlet wushu yang kini sudah sembuh dari kanker. Thia mengaku mendengarkan lagu-lagu Rhoma Irama, terutama yang berjudul "Syahdu", saat menjalani pengobatan di rumah sakit.



"Lagu itu iramanya enak, kebetulan kena ke hati saya dan lagi itu menjadi lagu yang selalu menemani saya selama pengobatan," ujar Thia dalam video yang dibagikan YouTube Indosiar pada 2019.


Cerita Rhoma Irama mengenai musik yang dapat sembuhkan penggemarnya dari kanker itu lantas menarik perhatian. Apalagi musik sendiri memang menjadi salah satu hal yang dianggap dapat berdampak baik bagi manusia.


Melansir laman Healthline, musik dipercaya dapat memberikan manfaat yang banyak bagi manusia, tidak hanya fisik, tetapi juga mental dan emosional. Berdasarkan penelitian, musik dapat memberikan perasaan dan keterhubungan sosial yang baik.


Selain itu, musik juga memberikan manfaat bagi kesehatan di antaranya sebagai berikut.


Musik Bermanfaat Bagi Pikiran


1. Meningkatkan kemampuan otak belajar


Seorang Dokter di Johns Hopkins mengatakan, musik dapat membantu merangsang otak. Ilmuwan menyebutkan mendengarkan musik dapat membantu otak melihat area aktif dalam pemindaian MRI.


Dalam satu studi tahun 2019 dikatakan, seseorang akan lebih termotivasi untuk belajar ketika mendengarkan musik. Mendengarkan musik juga dinilai sebagai hadiah ketika seseorang belajar.


2. Meningkatkan daya ingat


Musik juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat pada seseorang. Dalam sebuah studi ditemukan, seseorang yang mendengarkan musik klasik memiliki ingatan yang lebih kuat. Selain itu, musik dapat membantu seseorang lebih cepat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka.


Di samping itu, Mayo Clinic menunjukkan, musik dapat membantu orang-orang demensia ringan untuk mengingat segala kejadian yang pernah dialaminya. Oleh sebab itu, mendengarkan musik dapat membantu menenangkan pasien demensia.


3. Membantu mengobati penyakit mental


Peneliti neurologis menemukan bahwa mendengarkan musik memicu pelepasan beberapa zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental seperti dopamin, kortisol, serotonin, dan oksitosin. Hormon-hormon tersebut berguna untuk membuat seseorang menjadi lebih bahaya sehingga terhindar dari stres.


Musik Bagi Suasana Hati


Dalam peneliti yang mewawancarai sebuah kelompok, mendengarkan musik dikatakan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Selain itu, musik juga memberikan beberapa manfaat lain di antaranya sebagai berikut.


1. Menurunkan kecemasan


Dalam sebuah studi, musik dipercaya dapat membantu menenangkan perasaan cemas. Musik membantu rehabilitasi orang-orang setelah mengalami stroke menjadi lebih santai. Orang yang mengalami kritis juga dinilai kecemasannya menurun setelah terapi musik.


Studi menunjukkan, musik akan membantu melepaskan hormon bahagia sehingga orang tersebut terhindar dari stres. Hal ini juga yang membantu untuk menghindari kecemasan.


2. Mengurangi gejala depresi


Dalam penelitian pada 2017, musik terutama klasik dengan kombinasi jes memiliki efek positif pada gejala depresi. Dikatakan, hal ini akan membantu seseorang mengurangi gejala depresi yang dihadapinya.


Musik Bagi Fisik


1. Menjaga kesehatan jantung


Para ilmuwan menyebutkan, musik dapat mengubah laju napas, detak jantung, dan tekanan darah. Hal ini bergantung pada intensitas dan tempo musik. Dengan begitu, musik akan membantu menjaga kesehatan jantung seseorang.


2. Mengurangi kelelahan


Pada tahun 2015, peneliti di Universitas Shanghai menemukan, musik santai membantu mengurangi kelelahan dan menjaga daya tahan otot ketika orang melakukan tugas yang berulang. Selain itu, musik mengurangi kelelahan pada seseorang yang melakukan pengobatan kanker.


3. Meningkatkan kinerja olahraga


Sebuah penelitian pada 2020 menemukan, olahraga dengan musik dipercaya dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Hal ini juga membantu tubuh melakukan olahraga lebih efisien serta latihan yang lebih lama.


4. Mengurangi rasa sakit


Dalam sebuah meta-analisis 2016, lebih dari 90 penelitian melaporkan, musik membantu orang mengelola nyeri akut dan kronis lebih baik daripada obat. Oleh sebab itu musik berguna untuk mengurangi rasa sakit.


Sumber: Suara.com


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah


Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Tak Ingin Kejadian Anak Bunuh Ibu Terulang, Ini Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)