Lakukan Hal yang Menyenangkan, 10 Cara Mengatasi Stres Agar Kembali Hidup Senang dan Bahagia

Rabu 17 April 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi - Manajemen stres sangat diperlukan untuk mengembalikan hidup yang senang, tenang dan bahagia. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley).

Ilustrasi - Manajemen stres sangat diperlukan untuk mengembalikan hidup yang senang, tenang dan bahagia. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley).

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang pasti pernah mengalami apa yang namanya stres. Sebab, stres merupakan bagian dari kehidupan yang normal, tetapi jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental Anda.

Mengatasi stres untuk kembali hidup senang dan bahagia memerlukan pendekatan menyeluruh yang melibatkan perubahan dalam pikiran, perilaku, dan gaya hidup. Ini bisa dilakukan apabila Anda berniat untuk mengatasi stres.

Berikut adalah 10 cara untuk mengatasi stres agar kembali hidup senang dan bahagia:

1. Identifikasi Sumber Stres

Langkah pertama untuk mengatasi stres adalah dengan mengidentifikasi sumbernya. Apa yang membuat Anda stres? Apakah pekerjaan, hubungan, keuangan, atau masalah lainnya? Setelah mengetahui sumbernya, Anda dapat mulai mencari solusi untuk mengatasinya.

2. Olahraga Teratur

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres. Aktivitas fisik dapat membantu melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Lakukan olahraga yang Anda sukai, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau yoga, selama 30 menit setiap hari.

3. Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Luangkan waktu 10-15 menit setiap hari untuk melakukan teknik relaksasi.

4. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat memperburuk stres. Pastikan Anda tidur 7-8 jam setiap malam. Ciptakan rutinitas tidur yang baik, seperti menghindari penggunaan gadget sebelum tidur dan membuat kamar tidur yang nyaman.

5. Makan Makanan Sehat

Makan makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan mood dan energi. Konsumsi banyak buah, sayur, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks. Hindari makanan olahan, gula berlebihan, dan kafein.

6. Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan orang-orang terkasih dapat membantu mengurangi stres. Luangkan waktu bersama keluarga dan teman, atau bergabung dengan komunitas yang Anda sukai.

7. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti membaca buku, menonton film, atau mendengarkan musik. Melakukan hal yang menyenangkan dapat membantu Anda rileks dan mengurangi stres.

8. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat memperburuk stres. Berhenti merokok dan minum alkohol dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

9. Belajar Manajemen Waktu

Manajemen waktu yang baik dapat membantu Anda mengendalikan stres. Buatlah daftar tugas dan prioritaskan apa yang perlu Anda lakukan. Hindari menunda pekerjaan dan belajarlah mengatakan "tidak" pada hal-hal yang tidak penting.

10. Habiskan Waktu Bersama Orang Tercinta

Habiskan waktu bersama orang tercinta dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan didukung. Berbicara dengan teman, keluarga, atau pasangan tentang masalah Anda dapat membantu Anda merasa lebih baik.

11. Berikan Diri Anda Waktu untuk Istirahat

Luangkan waktu untuk istirahat dan bersantai setiap hari. Lakukan aktivitas yang menenangkan seperti membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Mei 2024, 11:30 WIB

7 Minuman Herbal Untuk Meredakan Radang Sendi Akibat Asam Urat, Dijamin Ampuh!

Untuk meredakan sendi akibat asam urat tidak hanya dengan obat dari dokter saja, tapi bisa dibantu dengan mengonsumi minuman herbal secara rutin agar bisa sembuh dengan baik
Ilustrasi minuman herbal  yang dapat mengobati asam urat dan redakan radang sendinya (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Sukabumi27 Mei 2024, 11:14 WIB

Konsolidasi KAHMI-HMI Sukabumi: Mengawal Pilkada Serentak yang Bersih dan Damai

Majelis Daerah Korp Alumni HMI (MD KAHMI) dan HMI Sukabumi mengadakan acara silaturahmi dan konsolidasi dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada Gubernur dan Bupati/Wali Kota) serentak se-Indonesia.
Silaturahmi Kahmi dan HMI Sukabumi menjelang Pilkda 2024 | Foto : SU
Life27 Mei 2024, 11:00 WIB

12 Peraturan Tidak Tertulis yang Harus Dilakukan Agar Hidup Lebih Dihargai Orang

Dengan menerapkan prinsip-prinsip peraturan tidak tertulis ini, Anda tidak hanya akan lebih dihargai oleh orang lain, tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan harmonis dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.
Ilustrasi - Peraturan Tidak Tertulis dalam Hidup Agar Lebih Dihargai Orang (Sumber : pexels.com/@Alexander Suhorucov)
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)