Mengapa Stres Menyebabkan Gula Darah Tinggi? Ini Penjelasannya yang Harus Anda Tahu

Senin 25 Maret 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi -Tanpa disadari, stres dapat menyebabkan lonjakan gula darah bagi penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory).

Ilustrasi -Tanpa disadari, stres dapat menyebabkan lonjakan gula darah bagi penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory).

SUKABUMIUPDATE.com - Stres emosional dan fisik dapat merugikan tubuh dalam banyak cara. Salah satu dampaknya terhadap kesehatan adalah lonjakan kadar gula darah. Ketika tubuh mengalami stres kronis tingkat tinggi, tubuh melepaskan lebih banyak kortisol, hormon stres utama. 

Tingkat kortisol serum yang lebih tinggi menyebabkan tubuh menurunkan sekresi insulin. Insulin membantu membawa gula ke dalam sel dari aliran darah, yang kemudian digunakan sebagai energi. Tanpa pelepasan insulin yang tepat, lebih banyak gula yang tersisa di aliran darah dan kadar gula darah menjadi tidak seimbang.

Stres dapat mempengaruhi gula darah baik secara langsung maupun tidak langsung. Efeknya juga bisa berbeda-beda tergantung jenis diabetes yang diderita seseorang.Stres kronis dapat menyebabkan tingginya kadar kortisol dalam jangka panjang dan akhirnya menurunkan sekresi insulin.

Baca Juga: Berapa Banyak Protein yang Harus Dimakan Bagi Penderita Gula Darah (Diabetes)? Simak Disini

Hal ini menjadikan stres berbahaya bagi penderita diabetes dan kemungkinan menjadi faktor risiko perkembangannya. Dikutip dari verrywellhealth, berikut mengapa stres sangat berpengaruh kepada gula darah.

Bagaimana Stres Mempengaruhi Tubuh?

Ketika tubuh sedang stres, ia melepaskan kortisol. Kortisol disintesis dari kolesterol kemudian dilepaskan oleh kelenjar adrenal. Ketika tubuh mengirimkan sinyal stres emosional atau fisik, tubuh melepaskan kortisol untuk membantu tubuh merespons ancaman yang dirasakan, mengontrol tekanan darah, juga mengurangi peradangan. 

Ini adalah hormon yang digunakan untuk respons melawan-atau-lari sehingga jika ada bahaya, tubuh akan siap menghadapi atau lari darinya. Kortisol juga dapat mendorong hati melepaskan glukosa dan asam lemak untuk membantu memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menghadapi stres.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Serangan Diabetes? Gula Darah Tinggi dan Rendah

Jenis Stres

Stres dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu stres emosional atau mental dan stres fisik. Stres emosional atau psikologis cenderung awalnya berasal dari dalam diri. Stres jenis ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

Beberapa alasan, seperti rasa gugup saat wawancara kerja atau menjadi marah di tengah jalan, dapat memicu respons stres emosional, seperti kehilangan orang yang dicintai atau mengalami peristiwa traumatis.

Sebaliknya, stres fisik berasal dari sumber eksternal seperti olahraga berat, aktivitas fisik yang berkepanjangan, atau trauma dan cedera fisik. Kedua jenis stres tersebut, jika dialami dalam jangka panjang, dapat menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap kesehatan dan penyakit seperti kejadian kardiovaskular, kanker, penekanan sistem kekebalan tubuh, dan diabetes. 

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Aktivitas

Stres Pada Penderita Diabetes Tipe 1

Stres juga dapat mempengaruhi penderita diabetes tipe 1 dengan cara meningkatkan dan menurunkan gula darah. Jika stres menurunkan kadar gula darah, stres kronis dapat menyebabkan sindrom yang dikenal sebagai kelelahan adrenal. 

Kelelahan adrenal terjadi saat paparan stres dalam waktu lama menguras kelenjar adrenal, sehingga kemudian menyebabkan tingkat kortisol menjadi rendah. Pada penderita diabetes tipe 1, rendahnya produksi hormon seperti kortisol dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dimaksudkan untuk mengatur kadar gula darah. 

Penelitian juga mengamati apakah stres dapat menyebabkan diabetes. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa stres kronis khususnya dapat berkontribusi terhadap timbulnya diabetes tipe 1 pada mereka yang sudah rentan untuk mengembangkannya. 

Baca Juga: Sering Haus! 7 Gejala Gula Darah Tidak Terkontrol yang Harus Diwaspadai

Stres pada Penderita Diabetes Tipe 2

Bagi penderita diabetes tipe 2, tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Tingginya kadar kortisol dalam tubuh menyebabkan jaringan tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin. 

Oleh karenanya, ada lebih banyak gula darah dalam aliran darah. Jika hal ini terjadi, kadar gula darah menjadi tidak seimbang dan bisa menjadi sangat tinggi, apalagi jika tidak ditangani.

Cara Lain Stres Menyebabkan Gula Darah Tinggi

Ada cara lain stres dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Selama masa stres, orang mungkin melakukan perilaku yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi, seperti mengonsumsi karbohidrat olahan atau makanan tinggi gula.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Cek Kadar Gula Darah? Penderita Diabetes Tipe 1 dan 2 Simak Disini

Orang mungkin juga tidak berolahraga atau meminum obat padahal seharusnya. Karena stres mempunyai kemampuan untuk mengubah kebiasaan sehat, semua faktor ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Stres juga dapat mempengaruhi tidur, karena stres dan tidur dikendalikan oleh poros hipotalamus-hipofisis-adrenal. Saat seseorang mengalami stres tinggi dan porosnya mendorong produksi kortisol berlebih, terjadi perubahan pada porosnya.

Hal ini menyebabkan masalah dalam mendapatkan kualitas tidur serta perubahan pola tidur. Seseorang yang kurang tidur dapat menyebabkan intoleransi glukosa, yang merupakan gangguan metabolisme yang menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Baca Juga: Kenali Kadar Gula Darah Berbahaya Pada Penderita Diabetes, Yuk Simak Disini!

Apa yang Harus Dilakukan jika Anda Mengalami Lonjakan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, lonjakan gula darah bisa berbahaya karena terlalu banyak gula dalam darah yang masuk ke urin. Hal ini memicu tubuh menyaring cairan, yang dapat menyebabkan dehidrasi atau koma diabetes. 

Jika kadar gula darah melonjak karena faktor stres yang tidak dapat dikelola, penting untuk menjadikan pengelolaan glukosa darah sebagai prioritas. Anda dapat melakukannya dengan berfokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan, seperti pola makan dan olahraga, memeriksa gula darah secara teratur, dan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel27 Juli 2024, 13:00 WIB

Termasuk Telur, Ini 11 Makanan yang Bisa Membantu Mendukung Kecerdasan Anak

Memberikan nutrisi yang tepat sejak dini dapat membantu mendukung perkembangan otak yang optimal dan meningkatkan kemampuan belajar serta kognitif anak.
Ilustrasi. Telur, Makanan yang Bisa Membantu Mendukung Kecerdasan Anak (Sumber : Pexels/Pixabay)
Arena27 Juli 2024, 12:46 WIB

Ada Megawati dan Aulia, Daftar 14 Pemain Timnas Voli Putri di SEA V League 2024

tlit voli putri asal Kota Sukabumi Jawa Barat, Aulia Suci Nurfadila kembali masuk dalam daftar skuad timnas Indonesia yang akan berlaga di ajang SEA V League 2024.
Atlet warga Sukabumi Aula dan bintang voli Indonesia dalam daftar 14 pemain timnas Indonesia untuk SEA V League 2024 (Sumber : akun medsos aula dan megawati)
Nasional27 Juli 2024, 12:43 WIB

Rieke 'Oneng' Desak KY Usut Kejanggalan Vonis Bebas Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi

Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengaku muak mendengar kabar terkait vonis bebas terdakwa pembunuhan wanita Sukabumi oleh PN Surabaya.
Rieke Diah Pitaloka mengomentari putusan Majelis Hakim PN Surabaya yang memvonis bebas Ronald Tannur terdakwa pembunuh Dini Sera Afrianti. (Sumber Foto : tangkapan layar/instagram @riekediahp)
Jawa Barat27 Juli 2024, 12:12 WIB

Jabar Jago Wacana Miskin Eksekusi, Catatan Hasim Adnan Soal Kinerja Pemprov Jabar

Catatan kritis disampaikan oleh anggota DPRD Jawa Barat, Hasim Adnan dalam sorotan kinerja pemerintah daerah provinsi di masa transisi.
Anggota DPRD Jabar dari fraksi kebangkitan bangsa Hasim Adnan (Sumber: istimewa)
Life27 Juli 2024, 12:00 WIB

8 Cara Mendidik Sikap Sopan Santun pada Anak, Nomor 1 Paling Penting!

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua dan orang dewasa di sekitar mereka. Jadi, menjadi teladan yang baik adalah langkah pertama yang penting untuk mendidik anak agar bersikap sopan santun.
Ilustrasi. Buat aturan mengenai perilaku yang diharapkan dan tegakkan dengan konsisten bisa membantu orang tua untuk mendidik anak agar bersikap sopan santun. (Sumber : Freepik/@user15285612)
Life27 Juli 2024, 11:18 WIB

Yuk! Pahami Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya

Seperti yang terjadi baru-baru ini kasus bullying atau perundungan yang dialami oleh NCL berusia 10 tahun, seorang pelajar SD di Kota Sukabumi menjadi korban dan mengalami pendarahan obat dan ketergantungan obat.
Ilustrasi. Artikel Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya (Sumber: Pinterest)
Sukabumi Memilih27 Juli 2024, 11:03 WIB

Panwaslu Kalibunder Sosialisasikan Netralitas ASN dan Penguatan PKD untuk Pilkada Sukabumi

Antisipasi pelanggaran di Pilkada 2024, Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan Netralitas ASN.
Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan ASN untuk antisipasi pelanggaran Pikada 2024. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel27 Juli 2024, 11:00 WIB

10 Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Ada Kentang hingga Ubi Jalar

Memvariasikan sumber karbohidrat dalam diet dapat membantu memastikan asupan nutrisi yang seimbang dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Kaya akan pati dan serat, kentang adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sukabumi27 Juli 2024, 10:42 WIB

Heboh Roti Okko Pakai Pengawet Kosmetik, Pemilik Warung di Sukabumi: Sales Gak Datang Lagi

Pemilik Warung di Sukabumi ungkap sejak dua bulan kebelakang tak mendapat suplai Roti Okko setelah dikabarkan mengandung bahan pengawet kosmetik.
Roti Okko. (Sumber Foto : rotiokko.com)
Life27 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Wanita Suka Sama Kita Tapi Dia Cuek, Malu-malu Kucing!

Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya.
Ilustrasi - Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya. (Sumber : Freepik/freepik)