Yuk Ketahui Bunda Ciri Perkembangan Bayi Berusia 1 Bulan, Berikut Penjelasannya

Selasa 12 Maret 2024, 14:23 WIB
Ilustrasi perkembangan bayi. | Foto: Freepik/@jcomp

Ilustrasi perkembangan bayi. | Foto: Freepik/@jcomp

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orangtua pasti akan merasa bersyukur dan bahagia ketika dititipkan rezeki dan anugerah dari Allah berupa seorang anak. Apalagi jika anak tersebut tumbuh dan berkembang dengan begitu sehatnya.

Orang tua khususnya seorang Ibu akan memastikan tumbuh kembang anaknya dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Ia akan memperhatikan dengan cermat dari usia bayi 1 bulan pertama tanpa terlewat satu hal apapun.

Lalu apa saja perkembangan bayi yang baru berusia 1 bulan ? Dilansir dari laman resmi babycenter, berikut perkembangan bayi yang baru berusia 1 bulan :

Apa yang Bisa Dilakukan Bayi Berusia 1 Bulan?

Bayi akan semakin kuat, dan ia bahkan mungkin dapat mengangkat kepalanya sebentar saat digendong dalam posisi tegak. Namun, Anda tetap harus memberikan banyak dukungan pada kepalanya.

Selain itu, bayi yang berusia 1 bulan juga menjadi lebih ekspresif dan mungkin mulai bersuara dan berdegup ketika dia melihat Anda. Tanggapi dia untuk mendorong keterampilan komunikasi yang berkembang itu.

Baca Juga: Intip 4 Tips Jitu Agar Bayi Tidur Sepanjang Malam, Bisa Bunda Coba di Rumah

Bagaimana Indra Bayi Berkembang?

Anak yang berumur satu bulan menjadi lebih sensitif terhadap lingkungannya. Penglihatan dan pendengarannya membaik, sehingga dia akan lebih memperhatikan apa yang terjadi di sekitarnya. Dia akan senang mendengar suara dan melihat wajah Anda, atau mainan berwarna-warni. Dia mungkin juga terkejut jika mendengar suara yang tiba-tiba.

Kapan Bayi Bisa Mengangkat Kepalanya?

Kepala bayi masih membutuhkan banyak dukungan saat Anda menggendongnya, namun otot lehernya semakin kuat. Ini berarti dia mungkin bisa mengangkat kepalanya sebentar saat dia berbaring telentang, atau saat Anda menggendongnya tegak. Tummy time adalah cara yang bagus untuk membantu perkembangan otot bayi dan Anda dapat memulainya kapan saja setelah ia lahir.

Bayi mungkin juga mengangkat kepalanya beberapa saat sambil berbaring tengkurap, dan ia bahkan mungkin dapat memutarnya dari sisi ke sisi. Saat bayi Anda duduk di kursi mobil, ia mungkin dapat mengangkat kepalanya, terutama jika ia dilengkapi dengan sandaran kepala empuk untuk bayi baru lahir.

Mereka mungkin juga dapat mengangkat kepalanya sebentar saat berada dalam gendongan bayi, jika gendongannya memiliki bagian empuk yang membantu menopang kepala dan punggungnya.

Baca Juga: Simak 8 Penyebab Perut Kembung pada Bayi, Yuk Simak Bunda

Kapan Bayi Bisa Menggenggam dan Memegang?

Bayi baru saja menyadari bahwa lengan dan kakinya menempel padanya. Jadi perlu waktu lebih lama sebelum dia mengetahui apa yang bisa dia lakukan dengan kaki dan tangannya.

Saat Anda menyentuh telapak tangan bayi, dia akan melingkarkan jari-jari mungilnya di sekitar telapak tangan. Ini adalah respons genggaman yang naluriah dan spontan pada saat ini.

Refleks genggaman bayi pada titik terkuatnya yaiti dalam delapan minggu pertama kehidupannya. Saat ia berkembang, Anda akan melihat dia mulai membuka tangannya dari waktu ke waktu.

Anda dapat bermain game dengan bayi yang akan membantunya menemukan tubuhnya. Pegang tangannya di atas kepalanya dan tanyakan, "Berapa besar bayinya?" atau melafalkan "Babi Kecil Ini" sambil menghitung jari kakinya. Atau cukup gelitik tangan, kaki, dan perutnya sambil menyebutkan bagian-bagian tubuhnya yang berbeda.

Bagaimana Bayi Mulai Mengekspresikan Dirinya?

Bayi yang berusia satu bulan menjadi lebih lincah dan mudah bergaul, dan mungkin berdegup, bersuara, mendengus, dan bersenandung untuk memberitahu Anda bagaimana perasaannya.

Mereka mungkin juga mulai memekik lebih awal. Jika ada yang harus Anda lakukan, bicaralah atau bernyanyilah untuk bayi saat Anda melakukannya. Dia akan senang mendengar suara Anda dari seberang ruangan.

Selain itu, bayi sudah bisa mengenali Anda sejak ia berumur beberapa hari, dan pada akhir bulan ini ia mungkin sudah bisa menunjukkannya. Pada usia satu bulan, sekitar setengah dari seluruh bayi mulai menunjukkan bahwa mereka mengenali orang tuanya dengan memberikan reaksi yang berbeda terhadap ibu dan ayah dibandingkan terhadap orang asing. Bayi mungkin akan tenang dan melakukan kontak mata saat dia melihat Anda.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Kerja, Yuk Terapkan!

Konsentrasi saat bekerja adalah impian semua pencari nafkah. Pasalnya, sebagian orang justru tidak tahu kebiasaan yang bisa meningkatkan konsentrasi dalam hidup
Kebiasaan yang dapat meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 14:33 WIB

Mendelegitimasi Pilkada, Pengamat Tanggapi Rekrutmen PPK Bermasalah di Kota Sukabumi

Jika rekrutmen PPK tidak memiliki integritas, maka rangkaian pilkada akan ternodai.
Kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat16 Mei 2024, 14:30 WIB

4 Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian

Simak Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Aman Makan Durian, Ternyata Ada Resiko Serangan Asam Urat!
Ilustrasi. Ketahui Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian (Sumber : Pexels/TomFisk)
Entertainment16 Mei 2024, 14:15 WIB

Selamat! Aaliyah Massaid Dilamar Oleh Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid resmi dilamar oleh sang kekasih Thariq Halilintar pada 15 Mei 2024 di suatu tempat yang tidak diberitahu oleh keduanya. Aaliyah dan Thariq membagikan momen bahagia itu di instagram
Momen kebahagiaan Aaliyah Massaid yang dilamar Thariq Halilintar (Sumber : instagram @/thariqhalilintar)
Sehat16 Mei 2024, 14:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi.
Ilustrasi - Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi. (Sumber : YouTube/@My Food Forest)
Sukabumi16 Mei 2024, 13:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Launching Kerja Sama dengan SRC Area Sukabumi

Program quarterly dimulai sejak April 2024 dan berulang setiap tiga bulan sekali.
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi racing program bersama SRC di salah satu hotel di Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Nasional16 Mei 2024, 13:41 WIB

Sewa dari Maskapai Asing, Mesin Pesawat Garuda Terbakar Saat Angkut Jemaah Haji

Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (Sumber: istimewa)
Life16 Mei 2024, 13:30 WIB

10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

Beberapa kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit ginjal dapat memperburuk asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat penting untuk mengelola kondisi-kondisi tersebut dengan baik.
Ilustrasi. Belanja bahan makanan sehat. Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat (Sumber : Pexels/RaviKant)
Sehat16 Mei 2024, 13:00 WIB

Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain.
Ilustrasi - Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain. (Sumber : Freepik.com/@Wiroj Sidhisoradej)
Life16 Mei 2024, 12:45 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Cepat Melemahkan Daya Ingat Anda, Berhenti Sekarang!

Daya ingat seseorang menjadi menurun biasanya disebabkan beberapa hal yang mungkin dianggap sepele. Adapun umumnya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan
ilustrasi kebiasaan yang melemahkan daya ingat (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)