Intip 4 Tips Jitu Agar Bayi Tidur Sepanjang Malam, Bisa Bunda Coba di Rumah

Selasa 12 Maret 2024, 14:07 WIB
Ilustrasi bayi tidur sepanjang malam. | Foto: Freepik

Ilustrasi bayi tidur sepanjang malam. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Hati orang tua akan dipenuhi kehangatan karena cinta ketika melihat bayinya tidur. Karena saat itu mereka terlihat sangat manis dan polos. Namun, jantung mungkin berdebar kencang saat tidak bisa membuat mereka tertidur sepanjang malam atau saat Anda benar-benar ingin mereka tidur siang.

Anda dapat meredakan stres dan lebih mempersiapkan diri untuk mengatur jadwal tidur bayi dengan memahami bagian mana dari rutinitas tidurnya yang ada di tangan Anda dan mana yang tidak.

Dilansir dari laman webmd, berikut beberapa trik agar bayi dapat tertidur sepanjang malam :

1. Pahami Kebutuhan Tidur Bayi

Selama 2 bulan pertama, kebutuhan bayi baru lahir untuk makan melebihi kebutuhannya untuk tidur. Mereka mungkin menyusu hampir setiap 2 jam jika Anda menyusuinya, dan mungkin lebih jarang jika memberi susu botol.

Bayi mungkin tidur selama 10 hingga 18 jam per hari, terkadang selama 3 hingga 4 jam setiap kalinya. Namun bayi belum mengetahui perbedaan antara siang dan malam. Jadi mereka akan tidur tanpa memperdulikan waktu. Artinya, waktu terjaga bayi hanya antara jam 1 pagi hingga jam 5 pagi.

Pada usia 3 hingga 6 bulan, banyak bayi yang mampu tidur selama 6 jam. Namun saat Anda mengira bayi sudah menjalani rutinitas yang menyenangkan, biasanya antara usia 6 dan 9 bulan tahap perkembangan yang normal dapat mengacaukan segalanya. Misalnya, ketika bayi Anda mulai mengasosiasikan waktu tidur dengan ditinggal sendirian, ia mungkin mulai menangis hanya untuk membuat Anda tetap berada di dekatnya.

Baca Juga: 15 Tips Mencegah dan Membantu Perut Kembung pada Bayi, Yuk Bunda Cari Tahu

2. Tetapkan Rutinitas Waktu Tidur

Beberapa orang tua memulai rutinitas waktu tidur bayinya sejak usia 6 hingga 8 minggu. Rutinitas bayi dapat berupa kombinasi aktivitas rutin sebelum tidur.

3. Letakkan Bayi yang Mengantuk ke Tempat Tidur

Mulai saat bayi berusia 6 hingga 12 minggu, tenangkan ia hingga mengantuk. Saat hampir tertidur, letakkan mereka dan biarkan tertidur dengan sendirinya. Jangan menunggu sampai mereka benar-benar tertidur di pelukan. Karena ini bisa menjadi perilaku yang mungkin sulit untuk dihilangkan di kemudian hari.

Rutinitas ini akan mengajarkan bayi untuk menenangkan diri sebelum tidur, dan Anda tidak perlu mengayun atau memeluknya hingga tertidur setiap kali ia terbangun di malam hari.

Jika bayi kesulitan untuk tenang, coba pindahkan waktu tidurnya lebih awal, bukan lebih lambat. Karena jika terlalu lelah juga dapat membuat Anda sulit tertidur.

4. Biarkan Bayi Menangis

Salah satu jenis pelatihan tidur yang seru adalah Metode Ferber yang juga dikenal sebagai "Pengamatan Progresif" atau "Kepunahan Bertingkat". Tujuannya adalah untuk mengajari bayi cara tidur sendiri dan kembali tertidur jika terbangun di malam hari.

Richard Ferber, MD, direktur Pusat Gangguan Tidur Anak di Rumah Sakit Anak Boston, mengembangkan metode ini. Ia menyarankan para orang tua untuk tidak memulai pelatihan ini sampai bayinya berusia minimal 5 atau 6 bulan.

Menerapkan metode ini mungkin sulit pada beberapa malam pertama. Namun kemungkinan besar Anda akan melihat peningkatan pola tidur bayi pada hari ke 3 atau 4. Kebanyakan orang tua melihat adanya peningkatan dalam waktu satu minggu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 14:15 WIB

Punya Gula Darah Tak Perlu Dihindari, 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda.
Ilustrasi - Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi14 Mei 2024, 14:13 WIB

20 Tusukan Garpu Sawah, Kondisi Tragis Ibu Dibunuh Anak di Kalibunder Sukabumi

Polisi telah menangkap dan menahan Rahmat di Mapolsek Kalibunder.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 14:00 WIB

5 Kategori Ikan Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Meskipun ikan-ikan ini memiliki jumlah purin yang tinggi, tidak berarti seluruh kategori ikan tersebut harus sepenuhnya dihindari penderita asam urat.
Ilustrasi - Beberapa jenis ikan laut yang tinggi purin termasuk kategori ikan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar oleh penderita asam urat. (Sumber : Pexels/AlexanderZvir)
Sehat14 Mei 2024, 13:45 WIB

Inilah 7 Makanan Alami Terbaik Untuk Atasi Kolesterol dan Serangan Jantung

Untuk mengatasi kolesterol dan terhindar dari penyakit jantung bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan alami secara rutin, dari sarapan, makan siang, dan makan malam
Kenali makanan terbaik untuk atasi kolesterol tinggi ini! Kaya manfaat untuk kesehatan jantung (Sumber : freepik.com/@produksipv)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:36 WIB

Pelaku Alami Gangguan Jiwa Sejak Kecil? Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Satu per satu informasi tentang tragedi ibu bunuh anak di Kampung Cilandak Desa Sekarsari Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi mulai terungkap
Rahmat alias R alias Herang (26 tahun) terduga pelaku bunuh ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa/warganet)
Life14 Mei 2024, 13:30 WIB

Sering Makan Tinggi Purin, 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi - Sering Makan Tinggi Purin Termasuk Salah Satu Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:18 WIB

Tusuk Wajah dan Dada Pakai Garpu, Sadisnya Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku dan korban tinggal berdua di rumah panggung.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 13:15 WIB

6 Golongan Orang yang Gampang Dipercaya di Masyarakat, Anda Termasuk?

Diantara banyaknya tipe orang, terdapat beberapa golongan yang karakternya sangat mudah dipercaya oleh masyarakat dan lingkungan sekitar
Golongan orang yang mudah dipercaya di masyarakat dan lingkungan sekitar (Sumber : Pexels.com /@AlicanHelik)
Sehat14 Mei 2024, 13:00 WIB

Mengenal Kristal Asam Urat: Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah.
Ilustrasi - Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi Memilih14 Mei 2024, 12:59 WIB

NasDem Jabar Siapkan Satu Nama untuk Pilkada Kota Sukabumi, Ini Sosoknya

Partai NasDem mengumumkan sejumlah nama calon kepala daerah di 21 kota dan kabupaten se-Jawa Barat untuk Pilkada 2024. Daftar nama tersebut terdapat nama tokoh daerah hingga selebriti.
Nasdem Jabar umumkan 21 nama bakal calon untuk Pilkada kota/kab se Jabar | Foto : Capture youtube metrotv