6 Alasan Bayi Menangis Secara Tiba-tiba yang Perlu Bunda Ketahui

Selasa 12 Maret 2024, 09:24 WIB
Ilustrasi bayi menangis secara tiba-tiba. | Foto: Freepik

Ilustrasi bayi menangis secara tiba-tiba. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Bayi yang baru lahir biasanya menghabiskan waktu 2 hingga 3 jam sehari hanya untuk menangis. Meskipun normal, bayi yang menangis dapat menyusahkan bayi dan orang tuanya.

Bayi terkadang menangis tanpa alasan yang jelas. Namun di lain waktu, mereka mencoba memberitahu Anda sesuatu dengan air mata alasan ia menangis.

Dilansir dari laman webmd, berikut beberapa alasan yang disinyalir menjadi penyebab bayi menangis:

1. Kelaparan

Selama 3 bulan pertama kehidupannya, bayi baru lahir cenderung menyusu setiap beberapa jam. Saat hendak menyusu, biasanya mereka mengeluarkan tangisan pendek bernada rendah yang naik turun.

Tawarkan ASI atau botol Anda untuk melihat apakah itu membantu. Meskipun ia tidak lapar, bayi Anda mungkin hanya ingin menghisap sesuatu untuk mendapatkan kenyamanan.

Baca Juga: Tips Memberi Makan Bayi Usia 1-12 Bulan, Yuk Terapkan Bunda

2. Kelelahan

Bayi yang kelelahan seringkali menjadi rewel dan bukannya tertidur.

Salah satu cara terbaik untuk mendorong tidur adalah dengan membedong bayi. Bungkus mereka dengan selimut dengan hanya kepala dan leher yang terlihat keluar. Itu meniru rahim ibu.

Perubahan pemandangan juga bisa membantu, seperti berjalan-jalan dengan kereta dorong atau letakkan bayi di kursi mobil. Karena getaran mobil yang meninabobokan mungkin membuat mereka tertidur.

3. Alergi

Seorang ibu menyusui dapat menularkan apa yang mereka makan melalui ASI. Hal itu mungkin mengganggu perut bayi. Jika sering terjadi, bayi mungkin akan mengalami alergi atau sensitif terhadap susu sapi, kacang-kacangan, gandum, atau makanan lainnya.

4. Perut Tidak Nyaman

Menangis setelah menyusui bisa jadi merupakan tanda sakit maag. Namun pertama-tama, jika bayi diberi susu botol, pastikan ketidaknyamanannya bukan hanya karena udara yang tertelan.

5. Sakit Perut

Sekitar 1 dari 5 bayi baru lahir mengalami kondisi ini, yang ditandai dengan menangis lebih dari 3 jam sehari, tiga kali seminggu. Biasanya terjadi pada bulan pertama setelah kelahiran. Tangisan yang tiba-tiba ini mungkin lebih keras dan bernada lebih tinggi dari biasanya. Wajah bayi mungkin memerah, perutnya membuncit, dan kakinya mungkin bertumpuk.

Jika bayi terus menangis dalam waktu lama, periksakan ke dokter untuk memastikan tidak ada sesuatu yang serius yang terjadi.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Mengatur Pola Tidur Untuk Bayi, Yuk Bunda Terapkan

6. Kebiasaan Tidur

Pada usia 6 bulan, bayi seharusnya sudah bisa tertidur sendiri. Namun terkadang mereka mungkin tidak ingin tidur tanpa Ibunya. Bahkan setelah mereka memasuki jadwal tidur, mereka mungkin kesulitan tidur jika sakit atau ada perubahan di rumah.

Jangan merasa bersalah karena mengabaikan ratapan bayi. Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan anak menangis lebih lama sebelum Anda memeriksanya akan membantu mereka belajar tidur lebih cepat dan tertidur lebih lama dibandingkan metode lainnya.

Para ahli sepakat bahwa tidak banyak yang bisa dilakukan orang tua untuk mempengaruhi siklus tidur bayi setidaknya pada bulan pertama. Bayi belum mempunyai konsep siang ataupun malam dan tidak menghubungkan malam dengan tidur.

Namun pada minggu ke 3-5, Anda sudah bisa mulai memberi isyarat kepada bayi bahwa malam berarti tidur. Matikan lampu saat menyusui di malam hari. Jaga agar suara tetap tenang. Setelah menyusu, kembalikan bayi ke tempat tidurnya dan jangan bersosialisasi.

Antara usia 6 dan 12 minggu, mulailah kebiasaan menidurkan bayi Anda untuk tidur siang dan malam pada waktu yang sama setiap hari dan malam.

Itulah beberapa alasan mengapa bayi menangis secara tiba-tiba dan berdurasi lama. Maka dari itu, orang tua perlu mengetahui alasan si kecil menangis agar nantinya lebih mudah untuk menenangkan tangisan tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 Mei 2024, 15:15 WIB

9 Manfaat Kesehatan Menyusui Bayi Bagi Ibu, Salah Satunya Menurunkan Resiko Kanker

ASI memiliki berbagai manfaat bagi si kecil. Tetapi, menyusui juga berdampak baik pada Ibunya
manfaat kesehatan memberikan ASI pada Bayi bagi seorang Ibu (Sumber : Pexels.com/@AnnaShvets)
Nasional17 Mei 2024, 15:01 WIB

Ini Harta Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Disindir Hidup Bermewah-mewahan

Ketua KPU Hasyim As'yari disindir anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony soal gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Istimewa
Inspirasi17 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life17 Mei 2024, 14:45 WIB

Dapat Melindungi Dari Penyakit, Berikut 8 Manfaat Luar Biasa ASI Bagi Bayi

Menyusui memiliki berbagai manfaat bagi bayi, salah satunya adalah dapat melindungi si kecil dari penyakit
Ilustrasi manfaat memberikan ASI kepada bayi yang bisa dijauhkan dari penyakit (Sumber : Freepik.com/@bristekjegor)
Sukabumi17 Mei 2024, 14:37 WIB

Rekonstruksi Pembunuhan di Citepus Sukabumi: Ceceu Ditusuk Pisau Ditenggorokan

Satreskrim Polres Sukabumi merekonstruksi kasus pembunuhan Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun), seorang asisten rumah tangga (pembantu). Ceuceu ditemukan tewas bersimbah darah di rumah majikanya, pada Sabtu (4/5/2024) lalu.
Adi (20 tahun), tersangka pembunuhan saat rekonstruksi | Foto : Ilyas Supendi
Life17 Mei 2024, 14:30 WIB

Anak Minum ASI 2 Tahun Penuh: Ini Manfaat Kesehatan, Emosional hingga Ekonomi!

WHO dan UNICEF merekomendasikan menyusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama dan melanjutkan menyusui hingga usia 2 tahun atau lebih, bersama dengan pemberian makanan pendamping ASI.
Ilustrasi. Breastfeeding. Manfaat Minum ASI Selama 2 Tahun Penuh untuk Anak (Sumber : Freepik/@freepik)
Life17 Mei 2024, 14:15 WIB

Orang Tua Perlu Tahu, 3 Alasan Mengapa Anak Berani Berbohong

Anak yang sering berbohong seringkali mengalami kesulitan dalam membangun hati nurani yang benar serta dapat dengan jelas belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Ilustrasi ketika seorang anak berani berbohong kepada orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sukabumi Memilih17 Mei 2024, 14:07 WIB

5 Dari 10 PPK Bermasalah Kembali Dilantik, Ini Alibi KPU Kota Sukabumi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024. Kamis (16/5/2024).
Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno saat diwawancarai soal PPK bermasalah kembali dilantik | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 Mei 2024, 14:00 WIB

6 Langkah Membuat Teh Rosemary di Rumah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Teh rosemary menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol.
Ilustrasi - Teh rosemary menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Jawa Barat17 Mei 2024, 13:51 WIB

Hotman Paris Sebut BAP Vina Cirebon Berubah Soal 3 DPO, Mabes Polri Turun Tangan

dugaan ini dilatari fakta meski sudah 8 tahun berlalu, tiga pelaku pembunuhan Vina Cirebon dan Eki belum juga tertangkap
Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, resmi menjadi  kuasa hukum keluarga Vina Dewi Arsita alias Vina Cirebon, kasus pembunuhannya yang 8 tahun ‘terlupakan’. (Sumber: youtube kapanlagi.com)