Ini 5 Jenis MPASI untuk Bayi 6 Bulan Pertama, Pulses Salah Satunya?

Selasa 12 Maret 2024, 10:31 WIB
Ilustrasi MPASI untuk bayi 6 bulan pertama. | Foto: Freepik

Ilustrasi MPASI untuk bayi 6 bulan pertama. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Sekitar usia 6 bulan, kebutuhan bayi akan energi dan nutrisi mulai melebihi yang disediakan oleh ASI, dan makanan pendamping ASI diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bayi pada usia ini juga secara perkembangan sudah siap menerima makanan lain. Transisi ini disebut sebagai pemberian makanan pendamping ASI.

Jika makanan pendamping ASI tidak diperkenalkan sekitar usia 6 bulan, atau jika diberikan secara tidak tepat, maka pertumbuhan bayi bisa terhambat. Untuk memastikan kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi, makanan pendamping ASI harus:

Tepat waktu : Artinya diberikan ketika kebutuhan energi dan nutrisi melebihi apa yang dapat disediakan melalui ASI eksklusif.

Memadai : Artinya makanan tersebut menyediakan cukup energi, protein, dan zat gizi mikro untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Aman : Makanan pendamping ASI disimpan dan disajikan secara higienis, dan diberi makan dengan tangan yang bersih, menggunakan peralatan yang bersih dan bukan botol dan dot.

Diberi makan dengan benar : Artinya makanan tersebut diberikan secara konsisten dengan sinyal nafsu makan dan rasa kenyang pada anak, serta frekuensi makan dan pemberian makanan yang sesuai dengan usianya.

Baca Juga: Berikut Nutrisi yang Dibutuhkan Bayi 6 Bulan Pertama, Yuk Bunda Perhatikan

Pengasuh maupun orang tua harus memberikan perhatian aktif dalam pemberian makanan pada bayi dengan tanggap terhadap tanda-tanda lapar yang ditunjukkan dan juga mendorong anak untuk makan.

Selain ASI atau susu formula , berikut adalah makanan padat yang dapat Anda masukkan ke dalam menu makanan bayi di setiap tahap perkembangan, atau jika bayi Anda sudah siap. Namun ingat, Anda boleh memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda pada 6 bulan pertama.

Sejak usia enam bulan, bayi sudah bisa mulai makan banyak makanan berbeda. Bayi akan mendapat manfaat jika Anda mencoba membiasakannya dengan berbagai rasa dan tekstur lebih cepat.

Dengan memberinya beragam makanan , Anda akan membantunya mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkannya untuk tumbuh juga memulainya dengan kebiasaan makan sehat yang bertahan seumur hidup.

Dilansir dari laman resmi babycentre, berikut beberapa jenis makanan untuk bayi 6 bulan pertama:

1. Sayuran

Berikan bayi berbagai macam sayuran segera setelah Anda mulai menyapih. Memulai makanan bayi dengan sayur-sayuran sejak dini mungkin berarti ia terus makan dan menikmatinya ketika ia sudah besar.

Sayuran menambah warna, tekstur, dan variasi pada makanan bayi, membantu membuat makanan pertama menjadi menyenangkan. Mereka juga tinggi vitamin, mineral, dan serat. Sayuran membantu pertumbuhan dan perkembangan yang sehat , dan dapat membantu melindungi terhadap beberapa penyakit dalam jangka panjang.

Beberapa sayuran, seperti kangkung, kubis brussel, dan selada air, memang kaya akan kebaikan namun memiliki rasa yang kuat sehingga si kecil mungkin perlu belajar untuk menyukainya. Jangan mencoba membujuk untuk memakannya jika dia tidak menerimanya pada awalnya.

Cobalah menggoda bayi dengan sayuran yang rasanya lebih lembut juga, seperti ubi. Bayi secara alami tertarik pada rasa manis, jadi Anda mungkin lebih beruntung dengan sayuran ini. Namun, tetaplah menawarkan lebih banyak makanan pahit. Dengan begitu, bayi Anda secara bertahap akan belajar menyukai berbagai macam rasa yang berbeda .

Jika si kecil lebih menyukai makanan ringan daripada makanan yang dihaluskan atau halus, biarkan ia melanjutkannya. Dia mungkin menyukai perasaan bisa mengendalikan makanannya daripada disuapi dengan sendok. Cobalah memberinya kacang hijau matang, kuntum brokoli kukus, atau wortel setengah matang.

2. Ikan

Anda dapat memberi bayi ikan yang dihaluskan atau dipipihkan sejak usia enam bulan dan seterusnya. Ikan sangat baik untuk bayi karena mengandung sumber protein, vitamin, dan mineral. Asam lemak omega-3 pada ikan berminyak, seperti salmon segar dan mackerel, baik untuk kesehatan jantung bayi dan juga dapat mendukung perkembangan otaknya.

Saat Anda memberi bayi ikan apa pun, pastikan ikan tersebut matang sepenuhnya. Selalu periksa ikan dengan hati-hati dan buang semua tulangnya.

Ikan berminyak, seperti makarel, salmon, dan sarden, baik untuk bayi Anda. Namun makanan tersebut mungkin mengandung merkuri dalam jumlah rendah dan bahan kimia lainnya, yang dapat menumpuk di dalam tubuh seiring berjalannya waktu. Jadi sebaiknya batasi menjadi satu atau dua porsi per minggu.

Tuna juga mengandung merkuri yang tinggi, jadi sebaiknya batasi juga. Sekali lagi, targetkan satu atau dua porsi per minggu.

3. Unggas dan Daging Merah

Daging merupakan sumber protein yang sangat baik dan sumber nutrisi yang baik juga seperti zat besi dan seng. Daging merah juga mengandung vitamin D. Saat bayi berusia enam bulan, simpanan zat besi yang dikumpulkan saat Anda hamil mulai habis. Jadi, penting untuk memasukkan sumber zat besi lain ke dalam makanannya.

Anda dapat memberikan unggas atau daging kepada bayi segera setelah ia berusia enam bulan. Meskipun Anda mungkin tidak menganggap daging sebagai makanan penyapih, unggas atau daging yang lunak atau dicincang adalah makanan yang baik untuk bayi.

Selalu berhati-hati saat memasak daging dengan matang, sampai sarinya jernih, dan buang semua tulangnya.

4. Pulses

Mungkin diantara para Ibu dirumah belum mengetahui dan masih asing apa itu pulses ? Pulses sendiri merupakan jenis kacang-kacangan yang dipanen untuk dimanfaatkan biji keringnya. Contoh pulses adalah :

kacang panggang, kacang runner, kacang buncis, kacang merah, kacang mentega (kacang Lima), haricots, kacang cannellini, kacang flageolet, kacang pinto dan kacang borlotti

buncis (hummus)

kacang polong

kacang polong bermata hitam

Makanan ini merupakan sumber protein dan zat besi yang baik. Nutrisi ini sangat penting jika bayi menjalani pola makan vegetarian atau vegan, karena ia mungkin kesulitan mendapatkan cukup nutrisi ini dari sumber lain.

Kacang kedelai (tahu) bukanlah makanan pokok, tetapi juga merupakan sumber protein dan zat besi yang baik.

5. Susu

Ketika pertama kali memperkenalkan makanan padat, bayi Anda akan makan dalam jumlah yang sangat sedikit, mungkin hanya beberapa sendok teh atau potongan kecil makanan sehari. Ia masih mendapatkan sebagian besar nutrisinya dari ASI atau susu formula. Jadi tetap berikan ia ASI secara rutin, atau sekitar 500 ml susu formula sehari, sebagai minuman utamanya hingga ia berusia satu tahun.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat17 Mei 2024, 00:31 WIB

Gelar Workshop, Dewan Pers Bekali Jurnalis Peliputan Pilkada 2024 di Jawa Barat

Puluhan jurnalis dari berbagai media di Jawa Barat mengikuti pelatihan peliputan Pilkada 2024 di salah satu hotel di Bandung, Kamis, (17/5/2024).
Dewan Pers menggelar workshop peliputan Pilkada 2024 untuk media se Jawa Barat | Foto : Syams
Sukabumi16 Mei 2024, 23:37 WIB

Berwajah Lugu, Bupati Sukabumi Heran Rahmat Bisa Tega Bunuh Ibu Kandung Secara Sadis

Bupati Sukabumi Marwan Hamami sudah meminta adanya pendampingan psikologis Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rahmat alias R alias Herang (25 tahun) tersangka kasus pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber : istimewa/warganet)
Sukabumi16 Mei 2024, 22:23 WIB

Kebakaran Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi, Api Muncul dari Ruang Oven

Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi terbakar. Penyebab kebakaran diduga berasal dari ruang oven.
Petugas Damkar saat berupaya memadamkan api yang membakar ruang oven di Pabrik Palet Kayu yang berada di Parungkuda Sukabumi, Kamis (16/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 21:41 WIB

Komitmen Bangun Kota Sukabumi, Ayep Zaki Serahkan Formulir Pilwalkot ke Gerindra

Ayep Zaki resmi daftar Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi.
Ayep Zaki serahkan berkas formulir pendaftaran Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan, Berhenti Sekarang Juga!

Begadang atau kurang tidur yang kronis dapat memiliki dampak yang berkepanjangan terhadap kesehatan.
Ilustrasi. Overthinking di Malam Hari. Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan . Sumber: Freepik/pressfoto
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 20:39 WIB

Serentak, KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi Resmi Lantik PPK Untuk Pilkada 2024

Jelang Pilkada 2024, sebanyak 35 PPK di Kota Sukabumi dan 235 PPK di Kabupaten Sukabumi dilantik serentak.
Suasana pelantikan PPK Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat16 Mei 2024, 20:30 WIB

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari Saat Terjadi Serangan Asam Urat

Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)