Perbedaan Kecemasan Situasional dan Kronis Yang Jarang Orang Ketahui

Kamis 30 November 2023, 11:45 WIB
Ilustrasi. Perbedaan kecemasan situasional dan kecemasan kronis | Sumber : Freepik / @DCStudio

Ilustrasi. Perbedaan kecemasan situasional dan kecemasan kronis | Sumber : Freepik / @DCStudio

SUKABUMIUPDATE.com - Kecemasan merupakan respon normal terhadap stres, dan hal ini tidak selalu berdampak buruk. Akan tetapi, jika gejalanya menjadi tidak terkendali atau berlebihan sehingga mempengaruhi kualitas hidup, hal ini merupakan indikasi gangguan kecemasan.

Kecemasan situasional adalah kekhawatiran atau ketakutan sementara yang dipicu oleh situasi atau peristiwa tertentu. Jenis kecemasan ini biasanya berumur pendek dan hilang setelah situasi tersebut berlalu.

Sebaliknya, melansir pathwayscounselingsvcs.com, kecemasan kronis adalah kondisi jangka panjang di mana seseorang terus-menerus mengalami kekhawatiran dan ketakutan. Kecemasan kronis dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dan mungkin memerlukan pengobatan berkelanjutan untuk mengatasinya.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Wanita yang Menyukai Kita, Memperhatikan Penampilan

Kecemasan situasional terjadi karena alasan yang diketahui. Ketika Anda menderita kecemasan jenis ini, peristiwa stres dalam hidup akan memicu rasa gugup.

Apa Perbedaan Kecemasan Situasional dan Kecemasan Kronis?

Kecemasan kronis dapat berasal dari peristiwa traumatis yang sedang berlangsung. Namun, hal ini mungkin juga muncul karena Anda telah belajar bereaksi dengan rasa takut terhadap peristiwa yang membuat stres, bahkan peristiwa kecil sekalipun.

Meskipun kecemasan situasional adalah hal yang logis, stres kronis tidak selalu rasional atau logis sama sekali.

Anda bisa merasa cemas atas kejadian yang paling sederhana. Misalnya, lupa mengirimkan surat yang tidak mendesak, atau mengunjungi tempat umum, dapat meningkatkan kecemasan. Atau mungkin khawatir untuk menelepon, membatalkan janji, atau berbicara dengan seseorang yang sudah lama tidak Anda temui.

Karena tidak bisa merasionalkan kecemasan, mungkin merasa itu tidak masuk akal dan marah pada diri sendiri. Namun, melawan diri sendiri dan melawan kecemasan akan memperburuk keadaan.

Seperti halnya kecemasan situasional, kecemasan kronis memerlukan lebih banyak perawatan diri.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Laki-laki yang Menyukai Kita, Suka Memberi Perhatian

Kecemasan kronis bisa jadi disebabkan oleh cobaan berat di masa kanak-kanak, atau mungkin timbul karena peristiwa lain yang mengejutkan seperti kecelakaan mobil, penyakit serius, atau kekerasan. Pada saat kejadian yang membuat stres itu terjadi, Anda mengira berada dalam bahaya.

Kecemasan sejak masa kanak-kanak belum tentu berasal dari apa yang Anda bayangkan sebagai peristiwa monumental. Ketika masih kecil, bahkan kejadian kecil pun memiliki kekuatan untuk membuat khawatir dan mungkin menjadi dasar kecemasan Anda.

Misalnya, melihat orang tua mengalami masa-masa stres atau merasa terintimidasi di kelas di sekolah mungkin meninggalkan bekas pada jiwa. Kecemasan mungkin muncul entah dari mana, namun kenyataannya tidak demikian.

Cara Mengelola Kecemasan Kronis

Kami menyatakan bahwa kecemasan adalah reaksi normal terhadap peristiwa stres. Namun ketika rasa cemas menjadi berlebihan, hal ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan membuat Anda sulit untuk beraktivitas.

Baca Juga: Ariel Tatum hingga Happy Salma ke Selabintana Sukabumi, Catat Waktunya!

Perasaan yang meluap-luap ini bisa menjadi masalah kronis yang mengganggu segala aktivitas. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa mekanisme untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan adalah dengan melatih pernapasan dalam. Saat kita cemas, nafas kita cenderung menjadi pendek dan cepat, sehingga membuat kita semakin merasa cemas.

Pernapasan dalam dapat membantu memperlambat pernapasan dan menenangkan sistem saraf kita.

Mekanisme lain untuk mengatasi kecemasan adalah dengan menantang pikiran negatif. Pikiran kita dapat mempunyai dampak yang kuat terhadap perasaan kita.

Saat kita cemas, biasanya pikiran kita menjadi terdistorsi dan negatif. Kita dapat mulai memutus siklus kecemasan dan mengurangi intensitasnya dengan menantang pikiran-pikiran ini.

Olahraga teratur juga dapat membantu Anda mengatasi kecemasan kronis. Saat cemas, hormon stres seperti kortisol dan adrenalin dapat menyerang otak kita.

Olahraga dapat membantu melawan efek hormon-hormon ini dan mengurangi kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan mood kita dan membuat kita merasa lebih rileks.

Terakhir, Anda mungkin ingin mencari dukungan kesehatan mental. Jika Anda mengalami kecemasan kronis, mungkin ada gunanya mencari dukungan dari ahli kesehatan mental. Seorang konselor, terapis, atau ahli kesehatan mental lainnya dapat memberi Anda alat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengatasi kecemasan Anda.

Mulai Mengelola Kecemasan Situasional dan Kronis

Penting untuk melihat penyebab kecemasan daripada hanya mencoba menghentikan gejalanya. Jika tidak, nanti akan muncul lagi. Anda mungkin ingin bekerja sama dengan terapis untuk mengungkap akar kecemasan, atau mungkin ada gunanya membuat catatan harian dan mencatat perasaan.

Baca Juga: Ekspresi Senang Tapi Aslinya Iri dengan Kita, Begini 10 Ciri-Cirinya!

Terkadang, menuliskan emosi secara hitam-putih dapat membantu mendapatkan wawasan dan mengungkap trauma masa lalu yang menjadi akar kegelisahan. Setelah memproses peristiwa pemicu awal melalui terapi bicara dan menulis, kemungkinan besar kecemasan akan menurun.

Ketika menghadapi situasi yang mengakibatkan rasa cemas, yang mungkin berarti Anda memaafkan seseorang atau melepaskan rasa sakit, maka tidak ada lagi alasan bagi tubuh dan pikiran untuk menghasilkan sinyal stres.

Misalnya, apakah kecemasan Anda bersifat situasional atau kronis, itu adalah isyarat untuk mengambil tindakan.

Jika kecemasan kronis, yang terbaik adalah mencari akar permasalahannya, dan memproses peristiwa yang menyebabkan reaksi antara melawan lari. Anda akan senang telah mengambil langkah menuju perubahan positif, dan sebagai hasilnya kehidupan akan membaik secara keseluruhan.

Sumber : pathwayscounselingsvcs.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk
Nasional29 Februari 2024, 09:40 WIB

44 Petugas Pemilu Meninggal dan Kecelakaan Kerja Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ketiga ahli waris mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.
Penyerahan santunan kepada keluarga di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada 27 Februari 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi29 Februari 2024, 09:25 WIB

Atlet Muaythai Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Para atlet yang bertanding berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama 1 bulan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi memberikan perlindungan jaminan sosial kepada atlet muaythai yang bertanding di DCS Muaythai Challenge, Minggu (25/2/2024). | Foto: Istimewa
Life29 Februari 2024, 09:15 WIB

29 Februari 2024 Tahun Kabisat: Terjadi 4 Tahun Sekali dan Doodle Katak

Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari.
Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari. (Sumber : Istimewa).
Internasional29 Februari 2024, 09:01 WIB

Hamas Serukan Warga Palestina Ramai-ramai Datangi Masjid Al Aqsa saat Ramadhan

Israel mengatakan akan mengizinkan salat Ramadhan di Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
Hamas menyerukan warga Palestina untuk bergerak ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem pada awal Ramadhan. | Foto: Instagram/@masjid_al_aqsa