Perbedaan Kecemasan Situasional dan Kronis Yang Jarang Orang Ketahui

Kamis 30 November 2023, 11:45 WIB
Ilustrasi. Perbedaan kecemasan situasional dan kecemasan kronis | Sumber : Freepik / @DCStudio

Ilustrasi. Perbedaan kecemasan situasional dan kecemasan kronis | Sumber : Freepik / @DCStudio

SUKABUMIUPDATE.com - Kecemasan merupakan respon normal terhadap stres, dan hal ini tidak selalu berdampak buruk. Akan tetapi, jika gejalanya menjadi tidak terkendali atau berlebihan sehingga mempengaruhi kualitas hidup, hal ini merupakan indikasi gangguan kecemasan.

Kecemasan situasional adalah kekhawatiran atau ketakutan sementara yang dipicu oleh situasi atau peristiwa tertentu. Jenis kecemasan ini biasanya berumur pendek dan hilang setelah situasi tersebut berlalu.

Sebaliknya, melansir pathwayscounselingsvcs.com, kecemasan kronis adalah kondisi jangka panjang di mana seseorang terus-menerus mengalami kekhawatiran dan ketakutan. Kecemasan kronis dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dan mungkin memerlukan pengobatan berkelanjutan untuk mengatasinya.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Wanita yang Menyukai Kita, Memperhatikan Penampilan

Kecemasan situasional terjadi karena alasan yang diketahui. Ketika Anda menderita kecemasan jenis ini, peristiwa stres dalam hidup akan memicu rasa gugup.

Apa Perbedaan Kecemasan Situasional dan Kecemasan Kronis?

Kecemasan kronis dapat berasal dari peristiwa traumatis yang sedang berlangsung. Namun, hal ini mungkin juga muncul karena Anda telah belajar bereaksi dengan rasa takut terhadap peristiwa yang membuat stres, bahkan peristiwa kecil sekalipun.

Meskipun kecemasan situasional adalah hal yang logis, stres kronis tidak selalu rasional atau logis sama sekali.

Anda bisa merasa cemas atas kejadian yang paling sederhana. Misalnya, lupa mengirimkan surat yang tidak mendesak, atau mengunjungi tempat umum, dapat meningkatkan kecemasan. Atau mungkin khawatir untuk menelepon, membatalkan janji, atau berbicara dengan seseorang yang sudah lama tidak Anda temui.

Karena tidak bisa merasionalkan kecemasan, mungkin merasa itu tidak masuk akal dan marah pada diri sendiri. Namun, melawan diri sendiri dan melawan kecemasan akan memperburuk keadaan.

Seperti halnya kecemasan situasional, kecemasan kronis memerlukan lebih banyak perawatan diri.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Laki-laki yang Menyukai Kita, Suka Memberi Perhatian

Kecemasan kronis bisa jadi disebabkan oleh cobaan berat di masa kanak-kanak, atau mungkin timbul karena peristiwa lain yang mengejutkan seperti kecelakaan mobil, penyakit serius, atau kekerasan. Pada saat kejadian yang membuat stres itu terjadi, Anda mengira berada dalam bahaya.

Kecemasan sejak masa kanak-kanak belum tentu berasal dari apa yang Anda bayangkan sebagai peristiwa monumental. Ketika masih kecil, bahkan kejadian kecil pun memiliki kekuatan untuk membuat khawatir dan mungkin menjadi dasar kecemasan Anda.

Misalnya, melihat orang tua mengalami masa-masa stres atau merasa terintimidasi di kelas di sekolah mungkin meninggalkan bekas pada jiwa. Kecemasan mungkin muncul entah dari mana, namun kenyataannya tidak demikian.

Cara Mengelola Kecemasan Kronis

Kami menyatakan bahwa kecemasan adalah reaksi normal terhadap peristiwa stres. Namun ketika rasa cemas menjadi berlebihan, hal ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan membuat Anda sulit untuk beraktivitas.

Baca Juga: Ariel Tatum hingga Happy Salma ke Selabintana Sukabumi, Catat Waktunya!

Perasaan yang meluap-luap ini bisa menjadi masalah kronis yang mengganggu segala aktivitas. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa mekanisme untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan adalah dengan melatih pernapasan dalam. Saat kita cemas, nafas kita cenderung menjadi pendek dan cepat, sehingga membuat kita semakin merasa cemas.

Pernapasan dalam dapat membantu memperlambat pernapasan dan menenangkan sistem saraf kita.

Mekanisme lain untuk mengatasi kecemasan adalah dengan menantang pikiran negatif. Pikiran kita dapat mempunyai dampak yang kuat terhadap perasaan kita.

Saat kita cemas, biasanya pikiran kita menjadi terdistorsi dan negatif. Kita dapat mulai memutus siklus kecemasan dan mengurangi intensitasnya dengan menantang pikiran-pikiran ini.

Olahraga teratur juga dapat membantu Anda mengatasi kecemasan kronis. Saat cemas, hormon stres seperti kortisol dan adrenalin dapat menyerang otak kita.

Olahraga dapat membantu melawan efek hormon-hormon ini dan mengurangi kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan mood kita dan membuat kita merasa lebih rileks.

Terakhir, Anda mungkin ingin mencari dukungan kesehatan mental. Jika Anda mengalami kecemasan kronis, mungkin ada gunanya mencari dukungan dari ahli kesehatan mental. Seorang konselor, terapis, atau ahli kesehatan mental lainnya dapat memberi Anda alat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengatasi kecemasan Anda.

Mulai Mengelola Kecemasan Situasional dan Kronis

Penting untuk melihat penyebab kecemasan daripada hanya mencoba menghentikan gejalanya. Jika tidak, nanti akan muncul lagi. Anda mungkin ingin bekerja sama dengan terapis untuk mengungkap akar kecemasan, atau mungkin ada gunanya membuat catatan harian dan mencatat perasaan.

Baca Juga: Ekspresi Senang Tapi Aslinya Iri dengan Kita, Begini 10 Ciri-Cirinya!

Terkadang, menuliskan emosi secara hitam-putih dapat membantu mendapatkan wawasan dan mengungkap trauma masa lalu yang menjadi akar kegelisahan. Setelah memproses peristiwa pemicu awal melalui terapi bicara dan menulis, kemungkinan besar kecemasan akan menurun.

Ketika menghadapi situasi yang mengakibatkan rasa cemas, yang mungkin berarti Anda memaafkan seseorang atau melepaskan rasa sakit, maka tidak ada lagi alasan bagi tubuh dan pikiran untuk menghasilkan sinyal stres.

Misalnya, apakah kecemasan Anda bersifat situasional atau kronis, itu adalah isyarat untuk mengambil tindakan.

Jika kecemasan kronis, yang terbaik adalah mencari akar permasalahannya, dan memproses peristiwa yang menyebabkan reaksi antara melawan lari. Anda akan senang telah mengambil langkah menuju perubahan positif, dan sebagai hasilnya kehidupan akan membaik secara keseluruhan.

Sumber : pathwayscounselingsvcs.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 20:39 WIB

Serentak, KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi Resmi Lantik PPK Untuk Pilkada 2024

Jelang Pilkada 2024, sebanyak 35 PPK di Kota Sukabumi dan 235 PPK di Kabupaten Sukabumi dilantik serentak.
Suasana pelantikan PPK Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat16 Mei 2024, 20:30 WIB

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari Saat Terjadi Serangan Asam Urat

Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Perusahaan Pers Bisa Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres

Dengan mengimplementasikan beberapa strategi ini, Updaters dapat membangun sikap yang lebih cuek terhadap beban hidup dan mengelola stres dengan lebih efektif.
Ilustrasi. Bersikap Dingin. Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)
Sukabumi16 Mei 2024, 18:54 WIB

Bahagianya Petani Simpenan Sukabumi Dapat Bantuan Tandon Air, Setahun Jadi Bisa 2 Kali Panen

Gandeng TNI, PLTU Palabuhanratu bangun tandon air bagi petani di Simpenan Sukabumi.
Tandon air yang berlokasi di kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat16 Mei 2024, 18:30 WIB

8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke jika tidak ditangani. Namun, Anda dapat juga mengelolanya dengan lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikan kolesterol.
Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)
Sehat16 Mei 2024, 18:15 WIB

Apa Hubungan Diabetes & Darah Tinggi? Ini 3 Penyakit yang Disebabkannya

Salah satu penyakit yang menyumbang banyak angka kematian adalah diabetes dan darah tinggi. Sebab, kedua penyakit ini berkesinambungan satu sama lain sehingga perlu perhatian khusus agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi
Waspada dengan komplikasi antara diabetes dan tekanan darah tinggi, kesehatan bisa buruk. (Sumber : freepik.com/@pikselmentah.com)