5 Situasi Orang Tua Penyebab Inner Child Anak Terluka

Senin 23 Oktober 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Trauma Masa Kecil | Situasi Orang Tua Penyebab Inner Child Anak Terluka (Sumber : pixabay.com/@thankyouforlike)

Ilustrasi. Trauma Masa Kecil | Situasi Orang Tua Penyebab Inner Child Anak Terluka (Sumber : pixabay.com/@thankyouforlike)

SUKABUMIUPDATE.com - Pernyataan "orang tua adalah penyebab inner child anak terluka" sebenarnya memerlukan konteks yang lebih luas untuk dipahami dengan baik. Sebab, dalam teori perkembangan psikologis, "inner child" merujuk pada aspek dalam diri seseorang yang mencerminkan perasaan, kebutuhan, dan pengalaman emosional ketika mereka masih anak-anak.

Istilah inner child, adalah cara untuk menjelaskan bagaimana pengalaman masa kecil dapat memengaruhi emosi, pemikiran, dan perilaku seseorang di masa dewasa. Orang tua memainkan peran penting dalam perkembangan "inner child" seseorang.

Misalnya, bagaimana orang tua merawat, mendidik, dan berinteraksi dengan anak mereka dapat berdampak besar pada kesejahteraan emosional anak tersebut. Berikut beberapa situasi ketika perilaku orang tua dapat mempengaruhi inner child anak, dirangkum dari berbagai sumber:

Alasan Orang Tua Jadi Penyebab Inner Child Anak Terluka

1. Pola Asuh

Orang tua yang memberikan kasih sayang, dukungan emosional, dan perhatian yang konsisten cenderung membantu anak mengembangkan "inner child" yang sehat.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Orang Kecewa Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Sebaliknya, pengabaian, ketidakstabilan dalam hubungan orang tua, atau penelantaran dapat menyebabkan luka pada "inner child.". Situasi ini adalah salah satu alasan orang tua menjadi sumber penyebab inner child anak terluka.

2. Trauma Masa Kecil

Pengalaman trauma, seperti pelecehan, kekerasan, atau perceraian orang tua, dapat meninggalkan luka pada "inner child" anak dan berdampak pada kehidupan mereka di masa dewasa. Trauma masa kecil adalah salah satu situasi orang tua yang menyebabkan inner child anak terluka.

3. Role Model

Cara orang tua berperilaku dan berinteraksi dalam hubungan mereka dapat menjadi model bagi anak tentang bagaimana berinteraksi dengan orang lain dan mengelola emosi. Situasi ini adalah salah satu alasan orang tua menjadi sumber penyebab inner child anak terluka.

4. Ekspektasi dari Orang Tua

Orang tua yang memiliki ekspektasi yang realistis dan mendukung terhadap anak mereka cenderung membantu anak mengembangkan rasa harga diri yang positif, sementara tekanan atau ekspektasi yang tidak realistis dapat menyakiti "inner child.".

Baca Juga: 7 Sikap Orang Tua yang Membuat Anak Benci, Banyak Ekspektasi!

Hati-hati ya ayah bunda, ekspektasi berlebihan adalah salah satu situasi orang tua yang menyebabkan inner child anak terluka.

5. Hubungan keluarga

Dinamika dalam keluarga, seperti persaingan antara saudara kandung atau konflik orang tua, dapat memengaruhi "inner child" anak. Situasi ini adalah salah satu alasan orang tua menjadi sumber penyebab inner child anak terluka.

Dalam banyak kasus, pengalaman masa kecil dapat menyebabkan luka pada "inner child." Namun, penting untuk diingat bahwa pengalaman masa kecil hanya satu faktor dalam pembentukan "inner child" seseorang.

Baca Juga: 11 Tips Hidup Bahagia Meski Banyak yang Tidak Senang dengan Kita

Terapi psikologis, seperti terapi anak, terapi keluarga, atau terapi trauma, dapat membantu individu untuk menjelajahi, memahami, dan menyembuhkan "inner child" mereka.

Selain itu, orang dewasa juga memiliki tanggung jawab untuk merawat dan memahami "inner child" mereka sendiri, dan melibatkan diri dalam perjalanan pribadi untuk pertumbuhan dan pemulihan emosional.

Pemahaman diri, dukungan, dan perawatan adalah langkah penting dalam membantu seseorang menyembuhkan luka-luka yang mungkin berasal dari masa kecil mereka.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini24 Mei 2024, 15:02 WIB

Menggugat Kebijakan PTN BH: Mewujudkan Pendidikan Tinggi Terjangkau bagi Semua?

Kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ramai dibicarakan terutama terjadi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH)
Mulyawan Safwandy Nugraha / Pengamat dan Praktisi Pendidikan Tinggi | Foto : Sukabumiupdate
Inspirasi24 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Helper Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA di Minimarket Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Helper Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA di Minimarket Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 Mei 2024, 14:41 WIB

Tak Mampu Bayar Kontrakan, Kakek Nenek dan Cucu di Sukabumi Huni Bekas Kandang Sapi

Suryana menyebut masyarakat kasihan dengan kondisi Emad dan keluarganya.
Ida (65 tahun) di depan rumah bekas kandang sapi yang dihuninya di Kampung Cimaja RT 14/04 Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi24 Mei 2024, 14:40 WIB

Darurat Sampah di Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi, Ini Kata DLH

Jalan Raya Bagbagan yang menjadi akses utama menuju Geopark Ciletuh tercemari oleh tumpukan sampah berceceran di pinggir jalan, tepatnya di bahu jalan dekat Jembatan Bagbagan.
Kondisi tumpukan sampah di bahu jalan dekat Jembatan Bagbagan, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Mei 2024, 14:30 WIB

Penampilan Menarik, Ini 9 Gaya Hidup yang Membuat Orang Iri dengan Kita

Orang yang melihat bagaimana kita mengelola berbagai aspek kehidupan dengan baik cenderung merasa terinspirasi dan mungkin merasa iri dengan pencapaian dan keseimbangan yang kita miliki.
Ilustrasi. Cantik dan Menutup Aurat, Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers (Sumber : Pexels.com/BaTik)
Sukabumi24 Mei 2024, 14:05 WIB

Pemda Tinggal Bayar, PTPN Soal Lahan Huntap Korban Bencana Alam di Nyalindung Sukabumi

Penyintas pergerakan tanah di Dusun Ciherang belum mendapat kepastian.
Huntap yang sudah terbangun di Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. | Foto : Istimewa
Sehat24 Mei 2024, 14:00 WIB

Demam dan Sakit Punggung Bawah? Hati-hati 5 Gejala Tak Biasa Asam Urat

Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya.
Ilustrasi - Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).
Sehat24 Mei 2024, 13:30 WIB

Ingin Bebas Diabetes? Konsumsi 8 Minuman Sehat Ini Tiap Pagi Hari!

Bagi seseorang yang ingin bebas diabetes tidak hanya dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Ada beberapa minuman sehat yang dapat membantu untuk mengelola darah dan bisa diminum saat pagi hari
Mengonsumsi minuman sehat tiap pagi hari, bisa membuat gula darah terkendali dan bebas diabetes. (Sumber : Freepik.com)
Sehat24 Mei 2024, 13:00 WIB

5 Cara Mengatasi Serangan Asam Urat yang Menyakitkan, Begini Langkahnya

Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar.
Ilustrasi - Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat24 Mei 2024, 12:30 WIB

Alami Diabetes? Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Untuk Kendalikan Gula Darah

Ada beberapa bahan alami yang membantu untuk mengendalikan gula darah bagi seseorang yang mengalami diabestes. Bila dikonsumsi secara rutin bahan-bahan alami dapat mengobati diabetes secara perlahan-lahan
Ilustrasi - Air Biji Ketumbar yang menjadi salah satu bahan alami untuk mengendalikan gula darah (Sumber : Freepik.com)