10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental Demi Meraih Ketenangan Jiwa

Rabu 04 Oktober 2023, 20:45 WIB
Ilustrasi - ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. (Sumber : unplash/@Anthony Tran).

Ilustrasi - ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. (Sumber : unplash/@Anthony Tran).

SUKABUMIUPDATE.com - Kesehatan mental adalah kondisi dimana kesejahteraan psikologis yang memungkinkan seseorang untuk menyadari potensinya, mengatasi tekanan kehidupan, bekerja secara produktif, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kehidupannya.

Menjaga kesehatan mental tentunya adalah tanggung jawab masing-masing individu. Sebab, diri sendiri memiliki peran penting dalam merawat dan menjalani hidup yang bahagia dan produktif.

Ada banyak cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental, antara lain seperti berikut ini.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan mental. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh dan pikiran Anda untuk beristirahat dan pulih dari stres dan tekanan sehari-hari.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur setiap malam. Namun, kebutuhan tidur setiap orang bisa berbeda-beda. Jika Anda merasa lelah di siang hari atau sulit untuk berkonsentrasi, mungkin Anda membutuhkan lebih banyak waktu tidur.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga dapat menghasilkan hormon endorfin, yang memiliki efek antidepresan dan meningkatkan suasana hati. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Baca Juga: 10 Ciri Kesehatan Mental Seseorang Alami Kekacauan, Kamu Juga Mengalaminya?

Selain itu, olahraga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan melepaskan hormon kortisol. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan mental. Orang dewasa disarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, setidaknya 5 hari dalam seminggu.

3. Makan Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat dapat membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik dan memberikan energi yang Anda butuhkan. Makanan yang sehat juga bisa memberikan tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan mental.

Ada beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi seperti buah, sayuran, biji-bijian, ikan, ayam, dan kacang-kacangan. Protein tanpa lemak dapat membantu Anda merasa kenyang dan energik.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

4. Hubungi Orang-orang yang Anda Cintai

Menghubungi orang-orang yang Anda cintai adalah cara penting untuk menjaga kesehatan mental. Hubungan sosial yang sehat dapat memberikan dukungan dan kenyamanan, yang dapat membantu Anda mengatasi stres dan tantangan.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menghubungi orang-orang yang Anda cintai, cobalah untuk memulai dengan hal-hal kecil, seperti mengirim pesan atau menelepon mereka. Anda juga dapat mencoba bergabung dengan kelompok atau komunitas yang mendukung orang-orang dengan masalah kesehatan mental.

5. Belajar Mengelola Stres

Belajar mengelola stres adalah cara penting untuk menjaga kesehatan mental. Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, pikiran negatif hingga gangguan konsentrasi.

Baca Juga: 12 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Ada banyak cara untuk mengelola stres, seperti latihan relaksasi, meditasi, dan yoga. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengelola stres, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional.

6. Bersikaplah Positif

bersikap positif adalah cara penting untuk menjaga kesehatan mental. Pikiran positif dapat membantu Anda merasa lebih baik secara fisik dan mental. Berpikir positif juga dapat membantu Anda mengatasi tantangan dan meningkatkan suasana hati.

Jika Anda merasa kesulitan untuk bersikap positif, cobalah untuk memulai dengan hal-hal kecil, seperti tersenyum di pagi hari atau menuliskan hal-hal yang Anda syukuri. Anda juga dapat mencoba bergabung dengan kelompok atau komunitas yang mendukung orang-orang dengan masalah kesehatan mental.

Baca Juga: 11 Ciri Pasangan Mulai Menyerah dan Lelah Menjalani Hubungan Bersamamu

7. Bersikaplah Realistis

Jangan memaksakan diri untuk mencapai sesuatu yang tidak realistis. Bersikap realistis adalah cara penting untuk menjaga kesehatan mental. Memiliki harapan yang tidak realistis dapat menyebabkan kekecewaan, frustasi, dan stres.

Jika Anda merasa kesulitan untuk bersikap realistis, cobalah untuk membicarakannya dengan orang yang Anda percayai. Mereka dapat membantu Anda melihat situasi dengan lebih objektif.

8. Belajar Untuk Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Belajar untuk menerima diri sendiri apa adanya adalah cara penting untuk menjaga kesehatan mental. Menerima diri sendiri berarti mengakui dan menghargai semua aspek diri Anda, baik yang positif maupun yang negatif.

Baca Juga: 13 Ciri Seseorang Terkena Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Mengalaminya?

Jika Anda merasa kesulitan untuk menerima diri sendiri, cobalah untuk membicarakannya dengan orang yang Anda percayai. Mereka dapat membantu Anda melihat diri Anda dari sudut pandang yang berbeda.

9. Jangan Takut Untuk Meminta Bantuan

Jangan takut untuk meminta bantuan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan jika Anda merasa kesulitan untuk mengatasi masalah kesehatan mental.

10. Berdamai dengan Diri Sendiri

Berdamai dengan diri sendiri adalah langkah penting dalam merawat kesehatan mental. Ini mencakup menerima diri Anda apa adanya, mengatasi perasaan negatif tentang diri sendiri, dan mengembangkan rasa harga diri yang positif.

Baca Juga: 12 Dampak Buruk Kesehatan Mental anak yang Sering Dimarahi, Bunda Harus Tahu!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).
Sukabumi13 Mei 2024, 21:14 WIB

Menderita Hidrosefalus, Bayi Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan

Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menderita penyakit Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk pengobatan.
Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Ciracap Sukabumi menderita penyakit  Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk berobat | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 21:12 WIB

Tindaklanjuti SE Pj Gubernur Jabar, Disdik Sukabumi Perketat Izin Study Tour Sekolah

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi resmi terbitkan surat himbauan terkait study tour. Berikut isinya
Ilustrasi study tour naik bus. | Sumber Foto: Pixabay
Sehat13 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Kurkumin hingga Kulit Jeruk

Inilah Jenis-jenis Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Mulai Dari Kurkumin hingga Kulit Jeruk.
Ilustrasi. Radang Sendi | Ketahui Sederet Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi (Sumber : Freepik/@freepik)