8 Ciri-Ciri Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang Sehat, Selalu Bahagia

Selasa 06 Juni 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi - 8 Ciri-Ciri Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang Sehat, Selalu Bahagia. | (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - 8 Ciri-Ciri Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang Sehat, Selalu Bahagia. | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki hubungan yang bahagia adalah impian banyak pasangan. Meskipun berbeda karakteristik, tapi jika hubungan itu sehat akan bikin pasangan merasa betah dan nyaman.

Hubungan yang sehat rata-rata jarang ada masalah yang terjadi. Biasanya mereka yang memiliki hubungan yang sehat, tahu mana yang baik dan buruk untuk masa depan asmaranya.

Nah, penasaran bagaimanakah ciri-ciri hubungan yang sehat? Simak artikel di bawah ini yang dikutip via Akurat.co.

1. Percaya Satu Sama Lain

Kepercayaan merupakan kunci utama dari setiap hubungan yang sehat. Kemampuan seseorang untuk bisa mempercayai orang lain dipengaruhi oleh gaya keterikatan secara keseluruhan.

Hubungan yang di awal kehidupan membantu membentuk ekspektasi yang Anda miliki untuk hubungan di masa mendatang.

Jika hubungan masa lalu aman, stabil, dan saling percaya, kemungkinan besar anda juga akan mempercayai pasangan di masa depan. Namun, jika hubungan masa lalu anda tidak stabil dan tidak dapat diandalkan, bisa saja anda diuji dengan masalah kepercayaan di masa mendatang.

Baca Juga: Begini Cara Bu Siti Berbagi Jatah dengan 2 Suami Mudanya, Tetap Harmonis

Membangun kepercayaan membutuhkan pengungkapan diri dengan berbagi hal-hal tentang diri sendiri. Seiring berjalannya waktu, peluang untuk menguji dan mengevaluasi kepercayaan akan muncul. Saat kepercayaan tumbuh, maka hubungan menjadi sumber kenyamanan dan keamanan yang besar.

2. Terbuka dan Jujur

Anda harus bisa menjadi diri sendiri dalam hubungan yang sehat, meskipun semua pasangan memiliki tingkat keterbukaan dan pengungkapan diri yang berbeda-beda. Anda tidak boleh menyembunyikan diri sendiri atau mengubahnya.

Bersikap terbuka dan jujur ​​satu sama lain tidak hanya membantu merasa lebih terhubung sebagai pasangan tetapi juga membantu menumbuhkan kepercayaan. Di awal hubungan, Anda mungkin menahan diri dan lebih berhati-hati mengungkapkan sesuatu serta bertindak.

Baca Juga: Inilah 5 Dampak Buruk Poliandri Seperti Kisah Bu Siti Bagi Pelakunya

Seiring dengan berjalanya waktu, saat keintiman suatu hubungan meningkat, pasangan mulai mengungkapkan lebih banyak pemikiran, pendapat, kepercayaan, minat dan ingatan satu sama lain.

3. Menghormati Pasangan

Dalam hubungan yang sehat, tidak ada yang merendahkan atau meremehkan satu sama lain. Hal ini menentukan banyak hal tentang bagaimana masing-masing pasangan akan bertindak.

Jika menghormati pasangan maka anda tidak akan pernah menggoda orang lain serta memiliki hubungan spesial dengan orang lain secara diam-diam dan tidak pantas.

Baca Juga: Cerita Pemilik Warung di Sukabumi, Ketiban Berkah dengan Keberadaan Tol Bocimi

Selain itu, anda juga akan melakukan hal yang membuatnya bahagia dan menghindari untuk menyakiti perasaannya. Rasa hormat yang ada dalam hubungan juga peduli, rela melakukan yang terbaik untuk hubungan secara keseluruhan.

4. Komunikasi yang Utama

Hubungan yang sehat membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Dengan komunikasi yang baik, maka tidak akan terjadi kesalahpahaman terhadap pasangan.

Kunci komunikasi yang baik yaitu komunikasi yang memiliki timbal balik dari kedua pasangan.

Tidak hanya melalui ucapan, tetapi komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti memuji pasangan, menatap wajah dan memberikan sentuhan.

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

5. Kebebasan

Seseorang pasti memiliki kehidupannya sendiri, tidak harus selalu bersama dengan anda. Dia membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, melakukan hal yang disukai.

Privasi bukan berarti anda dan pasangan dapat dengan mudah berbohong. Namun, waktu sendiri merupakan bentuk penghargaan kepada pasangan melakukan hal yang mereka sukai untuk menjalani hubungan percintaan yang sehat.

Baca Juga: 7 Amalan Pembuka Pintu Rezeki, Yuk Lakukan Setiap Hari

Anda harus mendukung hobi, hubungan pasangan dengan teman, keluarga dan rekan kerja lainnya. Dengan begitu, pasangan anda juga akan memperlakukan hal yang sama.

6. Support System

Saling mendukung atau menjadi support system terbaik untuk pasangan juga harus dilakukan demi hubungan yang sehat. Memberikan dukungan untuk pasangan bisa membuat merasa nyaman dan lebih terbuka dengan anda.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Kehadiran support system juga memberi banyak manfaat dalam hidup. Seseorang yang menjadi penguat diri dalam keadaan apapun terutama saat terpuruk. Ketika sedang sedih, terpuruk atau bahagia sekalipun, support system merupakan orang yang pertama tahu tentang keadaan yang sedang dialami.

7. Saling Pengertian

Tidak hanya saling menerima, menghargai dan menghormati, suatu hubungan yang sehat juga membutuhkan sikap saling mengerti atau memahami satu sama lain. Jika dalam hubungan sikap yang satu ini tidak lagi ada, maka anda atau pasangan merasa paling tersakiti, bahkan tidak pernah dihargai lagi.

Dari perasaan yang tidak enak itu, muncullah keegoisan dari masing-masing pasangan yang nantinya akan menimbulkan masalah baru. Oleh sebab itu, saling mengerti sangat penting untuk membangun fondasi hubungan yang sedang dijalani.

8. Tidak Saling Insecure

Insecure adalah perasaan tidak sesuai, ragu atau tidak mampu karena kurang percaya diri. Perasaan itu dapat menyebabkan Anda meragukan kemampuan, naluri dan hubungan anda, sehingga sulit percaya pada diri sendiri dan orang lain.

Rasa insecure yang timbul di dalam diri akan menciptakan suasana tidak aman seperti cemburu tanpa alasan, kebutuhan untuk mengendalikan orang lain, posesif dan selalu mencari validasi dan kepastian. Keadaan seperti itu biasa mengakhiri stabilitas suatu hubungan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Siomay Enak di Sukabumi, Rasanya Maknyus

Dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan aman dalam diri mereka sendiri dan memercayai pasangan sehingga tidak pernah khawatir atau takut pasangan akan selingkuh.

Jika anda sudah yakin dan mencintai pasangan, maka buanglah rasa ini jauh-jauh karena bisa menimbulkan banyak masalah lain dalam suatu hubungan.

Beberapa hubungan yang tidak sehat bisa menjadi sehat jika masalahnya diselesaikan. Jadi jangan menyerah di tengah jalan jika anda merasa sedang dalam hubungan yang tidak sehat. Selesaikan masalah yang ada dengan sikap sabar dan komunikasi yang baik. Semoga bermanfaat.

Sumber: Akurat.co

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer