Enam Air Terjun di Indonesia yang Memanjakan Mata, Salah Satunya di Sukabumi

Sabtu 30 Oktober 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berkunjung ke air terjun atau Curug merupakan pilihan yang tepat untuk merefresh diri di akhir pekan, setelah berjibaku menjalankan aktifitas sehari-hari, baik pekerjaan maupun sekolah.

Selain terkenal dengan kulinernya, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan alamnya serta tempat wisata yang beragam, salah satunya Curug.

Baca Juga :

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Ingatkan Warga Ancaman Longsor dan Banjir

Ada banyak sekali Curug di Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang dapat kamu kunjungi. Mulai dari yang berukuran pendek, sedang hingga tinggi.

Karena letaknya yang berada di tengah alam, untuk  menikmati indahnya pemandangan air terjun kamu harus melakukan trecking sebanyak beberapa kilo untuk sampai ke tujuan.

Baca Juga :

Beberapa air terjun yang masih tersembunyi di tengah alam memiliki akses jalan yang tidak mudah. Namun tenang saja, karena beberapa tempat wisata air terjun sudah memiliki Tour Guide yang siap memandu perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 6 air terjun di Indonesia yang wajib kamu kunjungi:

1.  Curug Kiara

Curug yang memiliki ketinggian 50 meter ini terletak di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan. Pengunjung akan dibuat takjub selama perjalanan dengan adanya pemandangan yang indah.

Sesampainya di tempat parkir, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang dihiasi dengan persawahan milik warga.

Baca Juga :

Setelah itu kamu harus menaiki tanjakan yang lumayan curam, sehingga kamu harus berhati-hati melangkah dan menggunakan alas kaki yang kuat dan tidak licin.

Lalu kamu akan melewati jalan kecil yang diapit oleh saluran air dan jurang di sebelah kirinya juga turunan yang terbuat dari bebatuan. Jadi kamu harus tetap fokus jangan sampai hal buruk menimpamu.

Kemudian kamu akan melewati jembatan dan menuruni anak tangga yang terbuat dari bambu yang akan membawamu lebih dekat dengan air terjun. Curug Kiara dibuka setiap hari selama 24 jam dan tiket masuk dibagi menjadi dua, yaitu tiket parkir sebesar Rp 10.000 dan tiket masuk curug sebesar Rp 10.000.

Baca Juga :

2. Air Terjun Moramo

Curug yang berada di kawasan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa daerah Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki keindahan yang membuat mata tak mau berkedip.

Untuk sampai ke air terjun, kamu harus berjalan kaki kurang lebih 1,2 km dari tempat parkir. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu akan disuguhi sejuknya alam hutan dan kicauan burung serta semilir angin yang asri.

Sesampainya di lokasi, kamu akan terkagum dengan keindahan dan kesegaran air terjun Moramo yang bertingkat-tingkat. Airnya yang jernih dikelilingi pepohonan yang rindang membuatmu enggan pergi.

Arusnya yang tidak deras, cocok sekali untuk kamu yang suka berenang. Tiket masuk Air Terjun Moramo ini dikenakan tarif sebesar Rp 10.000.

photoCurug Bibijilan di Kabupaten Sukabumi - (Sukabumigetlost)</span

3. Air Terjun Bibijilan

Memanjat tebing ditengah derasnya guyuran air terjun atau Climbing Shower seperti di Air Terjun Kanon, Nanayama Takigawa, cukup berkunjung ke Kabupaten Sukabumi.

Curug Bibijilan berlokasi Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Berada di dalam area wisata Buni Ayu yang merupakan kawasan Gua Kars berusia ratusan tahun yang lalu. Curug ini memiliki ketinggian tebing sekitar kurang lebih 100 meter. 

Airnya bersumber dari perut bumi yang mengalir diantara bebatuan yang mengandung kapur. Air Bibijilan bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki.

Baca Juga :

4. Air Terjun Kapas Biru

Curug yang biasa disebut dengan Coban Kapas Biru merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Karena keindahannya yang memikat, Coban Kapas Biru ini sering kali dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar pulau jawa.

Coban Kapas Biru dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan bahkan Indonesia, karena ketinggiannya yang mencapai sekitar 100 meter lebih. Air terjun ini memiliki dua tingkatan dengan ketinggian yang berbeda, tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 90 meter, sedangkan tingkatan kedua memiliki tinggi sekitar 10 meter.

Letaknya yang diapit oleh tebing ini membuat visualnya begitu indah. Untuk sampai ke lokasi, kamu harus persiapkan fisik yang prima. karena kamu akan melewati anak tangga yang curam dan memiliki lebar yang cukup sempit, sehingga kamu harus bergantian untuk melewatinya dan berhati-hati.

Pengunjung yang datang ke air terjun Kapas Biru tidak dipungut biaya sepeserpun untuk bisa menikmati pemandangan dan kesegaran air terjun ini.

Baca Juga :

5. Air Terjun Penimbungan

Air terjun Penimbungan adalah salah satu air terjun cantik yang berada di Lombok, tepatnya berlokasi di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Aliran air terjun ini berasal dari Segara Anak, yaitu danau yang berada tepat di tengah-tengah jejak letusan Gunung Rinjani.

Air terjun ini biasa dikunjungi oleh para pendaki yang melewati jalur Torean. Untuk sampai ke Air terjun Penimbungan, kamu dapat menempuh kurang lebih dua jam perjalanan dari Dusun Torean yang terletak di ketinggian 1.156 mdpl. Arusnya yang deras dan airnya yang biru, kerap kali mengundang kabut di bawahnya.

Namun, kamu hanya bisa menikmati keindahan air terjun dari atas Lembah Sungai Putih, karena jalur untuk menuju ke bawah air terjun sangat terjal dan berbahaya.

6. Air Terjun Kanto Lampo

Air terjun ini berada di dataran rendah sehingga akses menuju lokasi terbilang cukup mudah, tepatnya di daerah Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Bali.

Air terjun yang dianggap suci oleh adat setempat ini merupakan tempat suci atau beji untuk Mendak Toya Ning (Mencari Air Suci) yang digunakan dalam upacara Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya.

Baca Juga :

Bentuk air terjunnya yang berundak-undak bak terasering, membuat Kanto Lampo Waterfall ini terlihat unik dan indah. Kalau kamu berani, kamu bisa menaiki dan duduk di tebing air terjunnya loh! tapi, pastikan kamu berhati-hati dan alas kakimu tidak licin ya!

Air terjun yang terbentuk akibat luapan air di dalam tanah yang tersumbat ini dibuka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 hingga 17.30 dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Itulah ke lima Air Terjun di Indonesia yang bisa kamu nikmati keindahannya untuk berlibur atau sekedar refreshing. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan alam ya.

KONTRIBUTOR : AURA ALYA KAUTSAR

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi