TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Proses Lahirnya Gunung Merapi, Salah Satu Gunung Api Paling Aktif di Dunia

Gunung Merapi yang berlokasi di Jawa Tengah menjadi salah satu gunung paling aktif di Dunia

Penulis
Kamis 1 Des 2022, 20:45 WIB

(Ilustrasi) Gunung Merapi yang berlokasi di Jawa Tengah menjadi salah satu gunung paling aktif di Dunia | Foto: Istimewa via Wikimedia Commons

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Merapi menjadi salah satu dari sekian banyaknya gunung api aktif yang ada di Indonesia.

Gunung yang berada provinsi Jawa Tengah ini dinyatakan sebagai gunung berapi paling aktif di dunia.
Melansir dari Tempo.co, baru-baru ini Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi telah mengeluarkan lava sebanyak 13 kali sejak pengamatan 18 hingga 24 November 2022.

Umumnya setiap gunung terbentuk dari serangkaian kejadian geologis yang meliputi tabrakan lempeng bumi, melibatkan gempa bumi, hingga desakan magma ke permukaan bumi. lantas, bagaimana sejarah terbentuknya Gunung Merapi?

Baca Juga: Pengaruh Gempa Cianjur pada Aktivitas Vulkanik Gunung Gede Pangrango, Ini Kata BMKG

Dikutip dari publikasi Sejarah Erupsi Gunung Merapi Dan Dampaknya Terhadap Kawasan Borobudur, hasil penelitian stratigrafi menunjukkan sejarah terbentuknya Gunung Merapi sangat kompleks.

Sebuah penelitian pada tahun 2000 menyatakan, Gunung ini terbentuk dalam empat periode yaitu, Pra Merapi, Merapi Tua, Merapi Pertengahan, dan Merapi Baru.

Periode Pra Merapi

Periode Pra Merapi terjadi kurang lebih sekitar 400.000 tahun yang lalu. Periode ini menyisakan Gunung Bibi dengan magma andesit-basaltik berumur kurang lebih 700.000 tahun yang terletak 2,5 kilometer di lereng timur Merapi termasuk Kabupaten Boyolali. Batuan dari Gunung Bibi bersifat andesit-basaltik namun tidak mengandung orthopyroxen.

Baca Juga: 6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango, Cocok Untuk Kamu si Jiwa Petualang

Periode Merapi Tua

Periode Merapi Tua terjadi antara 60.000 sampai 80.000 tahun yang lalu. Pada masa ini, Gunung Merapi mulai mengerucut meski belum sempurna.

Ekstrusi awalnya berupa lava basaltik yang membentuk Gunung Turgo dan Plawangan berumur sekitar 40.000 tahun. Produk aktivitasnya terdiri dari batuan dengan komposisi andesit basaltik dari awan panas, breksiasi lava, dan aliran lahar.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x