Menikmati Curug Cirajeg, Pesona Air Terjun Berundak di Purabaya Sukabumi

Rabu 30 November 2022, 17:53 WIB
Curug Cirajeg di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Curug Cirajeg di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Aliran Sungai Cirajeg di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, memiliki potensi wisata alam yang cukup menarik. Ada air terjun unik dengan panorama memesona yaitu Curug Cirajeg.

Dengan ketinggian tebing mencapai kurang lebih 30 meter, Curug Cirajeg memiliki tujuh tingkatan atau berundak sehingga air sungai dalam debit kecil terlihat indah mengalir menyusuri satu per satu undak-undakan curug tersebut.

"Curug ini ada di tengah hamparan sawah, dikelilingi perbukitan dan perkebunan, airnya masih jernih dan sejuk. Bagi yang ingin mandi di bawah kucuran air, ada batu besar yang dapat dijadikan pijakan. Kolamnya juga tidak begitu dalam sehingga aman untuk berendam atau berenang," kata Camat Purabaya Mulyadi kepada sukabumiupdate.com, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Pesona Hamparan Hijaunya Sawah dan Curug Awang di Geopark Ciletuh Sukabumi

Mulyadi mengatakan untuk tiba di Curug Cirajeg, pengunjung dapat menempuh rute Kota Sukabumi-Sagaranten melewati Kecamatan Purabaya. Patokan awalnya adalah simpang tiga Ciakar, lalu masuk ke arah Kampung Limbangan.

"Setelah sampai di Kampung Limbangan selanjutnya jalan kaki sekitar 20 menit melintasi perkebunan dan sawah warga," ujar dia.

"Akses jalannya ada aspal, juga bebatuan. Namun saat menuju curug, harus jalan kaki. Tidak sulit menemukan objek wisata ini karena hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari kantor Kecamatan Purabaya. Menuju lokasi dapat ditempuh kendaraan roda empat, tapi jika ingin sampai hingga dekat curug, harus menggunakan sepeda motor," kata Mulyadi.

Baca Juga: Curug Cihideung di Desa Sindangraja Sukabumi, Satu Tempat Dua Air Terjun

Menurut Mulyadi, dulu di kawasan Curug Cirajeg ada tempat beristirahat berupa gazebo dan tempat selfie. Tetapi, kondisi saat ini sudah rusak. "Komunikasi dengan Dinas Pariwisata sudah dilakukan. Semoga ada respons baik untuk penataan," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini pengunjung bisa berwisata ke Curug Cirajeg tanpa dipungut biaya alias gratis tanpa tarif.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Juni 2024, 16:30 WIB

Konsumsi Banyak Serat, Ini 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

Mengingat kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, dan sering pergi ke toilet.
Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih20 Juni 2024, 16:21 WIB

Kabar Artis Asal Sukabumi di Bursa Pilkada 2024, Ada Omesh, Bobby, hingga Faank

Beberapa public figure atau artis kelahiran Sukabumi menjadi sorotan seiring dengan semakin dekatnya pembukaan pendaftaran Pilkada serentak tahun 2024 di Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Artis asal Sukabumi maju Pilkada Sukabumi, Bobby Maulana, Ananda Omesh, dan Faank alias Farhan Zainal Muttaqin | Foto : Istimewa
Sehat20 Juni 2024, 16:15 WIB

3 Penyebab Penderita Diabetes Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Alasannya

penderita diabetes sering mengalami meningkatnya frekuensi buang air kecil alias kencing di malam hari. Berikut sebab yang memicu hal demikian terjadi
Ilustrasi Beberapa penyebab kenapa penderita diabetes kerap buang air kecil pada saat malam hari (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:14 WIB

Perlu Uji Endotoksin, Hasil Audit KIPI Bayi di Sukabumi Meninggal Setelah Imunisasi

Kusmana menyatakan pihak keluarga ingin kepastian terkait penyebab kematian.
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti Zoom meeting dengan Komite Nasional KIPI pada Kamis (20/6/2024), membahas kasus bayi meninggal setelah imunisasi. | Foto: Pixabay
Nasional20 Juni 2024, 16:11 WIB

Dari Gunung Putri ke Villa di Sukaraja Sukabumi, Sindikat Uang Palsu Miliaran Rupiah

tersangka YS atau yang akrab disapa Ustad yang diketahui berasal dari Sukabumi berperan mencari lokasi baru yaitu sebuah bangunan villa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Pada akhir tahun 2023, Polisi menemukan lembaran uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu di salah satu vila di Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Science20 Juni 2024, 16:00 WIB

9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek.
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi20 Juni 2024, 15:49 WIB

Pria Ini Ditangkap karena Nekat Tabrak Mobil Istrinya di Cibeureum Sukabumi

Polisi mengamankan tiga mobil dan beberapa senjata tajam.
Mobil yang terlibat kejadian di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Selasa, 18 Juni 2024. | Foto: Instagram/@polres_sukabumikota
Sehat20 Juni 2024, 15:45 WIB

Inilah 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Asam Urat Saat Tidur Malam Hari

Saat tidur malam hari, kebanyakan penderita asam urat akan merasakan nyeri asam urat kambuh dan menyiksa sehingga mengganggu jam istirahat mereka.
Ilustrasi Ketahui penyebab dan cara mengatasi nyeri asam urat kambuh saat tidur malam hari (Sumber : Freepik.com/@krakenimages.com)
Food & Travel20 Juni 2024, 15:30 WIB

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi

Kedelai tanpa pemanis cenderung paling kecil kemungkinannya untuk meningkatkan gula darah, karena kadar gula yang lebih rendah dan kadar protein yang lebih tin
Ilustrasi. Awas Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi! (Sumber : Pixabay/Stanias)
Sukabumi20 Juni 2024, 15:23 WIB

Korban Tawuran Pelajar? Remaja Kena Sabetan Celurit di Pabuaran Sukabumi

Korban yang saat ini dirawat di Puskesmas Pabuaran adalah satu orang.
Luka pada kepala remaja yang saat ini ditangani di Puskesmas Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa