Naik Rp 86 Ribu, UMK 2024 Kota Sukabumi Diusulkan Jadi Rp 2.834.398

Jumat 24 November 2023, 10:15 WIB
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menandatangani rekomendasi usulan UMK 2024 di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi, Kamis, 23 November 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menandatangani rekomendasi usulan UMK 2024 di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi, Kamis, 23 November 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pertemuan Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dengan Dewan Pengupahan berlangsung di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi, Kamis, 23 November 2023. Penghitungan Upah Minimum Kota (UMK) Kota Sukabumi oleh Dewan Pengupahan sebagai rekomendasi telah ditandatangani oleh Kusmana.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi Abdul Rachman sekaligus Ketua Dewan Pengupahan Kota (Depeko) menyebut UMK 2024 naik 3,15 persen dari tahun sebelumnya. Pada 2024, UMK Kota Sukabumi naik kurang lebih Rp 86.624, sehingga UMK 2024 diusulkan sebesar Rp 2.834.398, naik dari tahun sebelumnya yang senilai Rp 2.747.774.

“Penentuan UMK tahun 2024 ini didasarkan pada rapat Dewan Pengupahan Kota, para pengusaha, serikat pekerja, dan melibatkan BPS. Penghitungannya sendiri didasarkan pada beberapa indikator seperti angka inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan konstanta alpha,” ujar Abdul Rachman, dikutip dari website KDP Kota Sukabumi.

Kota Sukabumi setelah dihitung oleh Depeko dan Badan Pusat Statistik (BPS), berada pada kuadran III, artinya ada pada angka 0,1- 0.15. Berdasarkan hitungan tersebut, tambah Abdul Rachman, muncul angka objektif kenaikan UMK sebesar 3,15 persen.

Baca Juga: Rp 2,8 Juta, Prediksi UMK Kota Sukabumi Tahun 2024 Berdasarkan Rumus Baru

“Kenaikan ini bentuk apresiasi kepada pekerja yang sudah lama bekerja. Di sisi lain, memiliki dampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi. Mudah-mudahan kenaikan ini mendorong peningkatan kesejahteraan pekerja karena mereka akan mendapat upah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan pendidikan,” ujar dia.

Kusmana Hartadji memberikan apresiasi terhadap Depeko atas kinerjanya dalam menentukan UMK Kota Sukabumi tahun 2024. “Kenaikan UMK sangat berharga, terutama bagi pekerja, pengusaha, dan pemerintah. Apresiasi saya sampaikan untuk Depeko karena telah mewujudkan kondusifitas dalam menentukan UMK 2024,” kata Kusmana.

Kesepakatan pengusaha, serikat pekerja, dan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam menentukan UMK 2024 sebagai rekomendasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dipandang oleh Kusmana sebagai keberhasilan. “Alhamdulillah untuk Kota Sukabumi atas dukungan Depeko dan Dinas Tenaga Kerja, UMK 2024 telah ditentukan. Saya berharap dengan kenaikan 3,15 persen akan mendukung iklim investasi di daerah dan kenaikan ini mudah-mudahan dapat segera direalisasikan,” ujarnya.

Kusmana berharap setelah UMK 2024 ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)