Gempa Garut, BNPB: 4 Rumah dan 1 Sekolah Rusak, Seorang Terluka

Sabtu 03 Desember 2022, 21:53 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. Pusdalops BNPB menyatakan 4 rumah dan 1 sekolah rusak akibat gempa Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) sore. | Foto: SU/Riza

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. Pusdalops BNPB menyatakan 4 rumah dan 1 sekolah rusak akibat gempa Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) sore. | Foto: SU/Riza

SUKABUMIUPDATE.com - Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB menyatakan 4 rumah dan 1 sekolah rusak akibat gempa Garut, Jawa Barat yang mengguncang pada Sabtu (3/12/2022) sore.

Gempa berkekuatan 6.4 magnitudo yang kemudian dimutakhirkan oleh BMKG menjadi 6.1 magnitudo mengguncang pada pukul 16.49 WIB.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan gempa itu dirasakan cukup kuat selama 4-5 detik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Guncang Sukabumi, Gempa Garut Dipicu Aktivitas dalam Lempeng Indo-Australia

Suharyanto yang saat ini masih berada di posko darurat bencana gempa Cianjur turut merasakan gempa Garut. “Dirasakan cukup kuat selama 4-5 detik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung,” jelas Suharyanto.

Selain 4 rumah rusak dan 1 unit sekolah juga mengalami kerusakan, ada satu warga Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke Puskesmas terdekat.

“Untuk sementara yang diterima adalah 4 unit rumah rusak di Kabupaten Garut dan 1 unit sekolah, SDN Jatiwanti 1 juga rusak. Ada satu korban mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke puskesmas setempat,” kata Suharyanto.

Baca Juga: Gempa Garut, Guncangannya Menjalar sampai Sukabumi

Menyikapi adanya gempa Garut, Suharyanto akan segera mengirimkan tim untuk membantu pendampingan daerah dan kaji cepat serta kebutuhan lain yang diperlukan.

Sementara itu, perkembangan informasi darurat terkait gempa bumi Garut akan disampaikan secara berkala.

"Tentunya saya dengan seluruh tim dan BPBD ini segera akan mengumpulkan informasi dan dan keterangan lebih lanjut. dan setiap perkembangan informasi yang diperoleh akan diinformasikan kepada masyarakat,” kata Suharyanto.

Belum Ada Gempa Susulan

Berdasarkan perkembangan yang dihimpun selang dua jam usai guncangan gempa bumi, belum ada laporan terkait gempa bumi susulan yang dirasakan dan berdampak signifikan. Akan tetapi, Suharyanto tetap meminta warga agar tetap tenang dan waspada serta hati-hati.

Baca Juga: BMKG Soal Gempa Garut yang Dirasakan hingga Sukabumi

“Belum ada gempa susulan. Menyikapi gempa bumi yang tadi terjadi, sekali lagi. Tetap tenang, waspada, tetapi tidak perlu menghentikan aktivitas sehari-hari,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dengan melihat kedalaman gempabumi menurut data BMKG, Suharyanto berharap bahwa guncangannya tidak terlalu merusak dan tidak terlalu banyak menyebabkan jatuh korban jiwa.

"Menurut BMKG, gempa ini cukup dalam. Berdasarkan pengalaman gempa sebelumnya, dengan kedalaman di atas 60 kilometer, apalagi ini di atas 100 kilometer, ini dampak kerusakannya diharapkan tidak terlalu merusak,” pungkas Suharyanto.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan19 Juli 2024, 17:09 WIB

BPR Cibadak Sukabumi Sosialisasikan Tabungan Tapak di Perumdam TJM

Dorong peningkatan penerimaan pajak kendaraan, BPR Cibadak Sukabumi sosialisasikan Tabungan Tapak di Perumdam TJM Cibadak.
Kepala cabang Perumda BPR Cibadak, Wendi Nurdiandi memaparkan materi soal program TAPAK di Perumdam TJM, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat19 Juli 2024, 16:57 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf Uang di Lingkup Amil Zakat dan Nazhir Wakaf se-Kota Bogor

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor.
Kemenag Kota Bogor menyelenggarakan acara pembinaan Amil dan Nazhir se-Kota Bogor. | Foto: Istimewa
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)