TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Guncang Sukabumi, Gempa Garut Dipicu Aktivitas dalam Lempeng Indo-Australia

BMKG menyebut penyebab gempa garut akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia

Penulis
Sabtu 3 Des 2022, 18:29 WIB

Titik lokasi gempa Garut yang terjadi pada Sabtu (3/12/2022) sore. Guncangan gempa terasa hingga Sukabumi. | Foto: BMKG

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) pukul 16.49 WIB. Gempa garut itu terasa hingga daerah lainnya diantaranya Sukabumi.

Dari Twitter BMKG disebutkan gempa berkekuatan 6.4 magnitudo itu berada di koordinat 7.51 derajat lintang selatan, 107.52 derajat Bujur Timur tepatnya 52 km Barat Daya Kabupaten Garut. Gempa berada di kedalaman 118 Km. 

Baca Juga: Rentetan Gempa Dini Hari Guncang Jabar: Sukabumi Hingga Pangandaran

Gempa Garut membuat panik warga di daerah selatan Kabupaten Sukabumi. Hal serupa dirasakan warga di Kota Sukabumi. Bahkan warga berhamburan keluar rumah.

Penyebab Gempa Garut

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,1. Episenter gempa terletak pada koordinat 7,44 derajat lintang selatan 107,51 derajat bujur timur, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Mekar Mukti, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 109 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia (intraslab)," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” katanya.

Baca Juga: Padahal di Sukabumi, Beredar Video Hoaks Angin Puting Beliung Usai Gempa Cianjur


Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Soreang, Kopo, Kalapanunggal, Sumur, Ciamis, Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI. Intensitas III MMI ini getarannya dirasakan nyata dalam rumah terasa getaran seakan akan truk berlalu.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x