Gak Jauh! Tempat Camping Tepi Danau Dikelilingi Hutan Pinus Ini di Sukabumi Lho

Senin 04 Desember 2023, 07:00 WIB
Situ Dewa Dewi Cipiit menjadi salah satu tempat camping di Sukabumi yang menyajikan suasana tenang dengan udara sejuk menyegarkan (Sumber : SU/Dede)

Situ Dewa Dewi Cipiit menjadi salah satu tempat camping di Sukabumi yang menyajikan suasana tenang dengan udara sejuk menyegarkan (Sumber : SU/Dede)

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk kamu yang sedang mencari tempat camping, Sukabumi memiliki banyak sekali lokasi camping unik dan nyaman yang bisa dijadikan tujuan saat libur tiba.

Salah satu tempat camping di Sukabumi yang bisa jadi pilihan adalah Situ Dewa Dewi Cipiit. Destinasi wisata ini sudah cukup terkenal di Sukabumi, dimana terdapat sebuah danau yang dikelilingi oleh hutan pinus cukup lebat.

Hal tersebut menjadikan lokasi ini memiliki suasana menenangkan dengan udara sejuk menyegarkan, jadi cocok banget jadi tempat melepas penat.

Nah, penasaran dengan tempat camping di Sukabumi satu ini, dan apa saja yang ada di Situ Dewa Dewi Cipiit? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Tempat Camping di Sukabumi Ini Bisa Basah-basahan Main di Sungai, Yuk Kepoin!

Alamat Situ Dewa Dewi Cipiit

Situ Dewa Dewi CipiitSitu Dewa Dewi Cipiit

Situ Dewa Dewi Cipiit berlokasi di Kampung Rawaseel, Dewa Tanjungsari, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Danau ini bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Pusat Kota Sukabumi. Untuk menuju lokasi ini, jika dari pusat Kota Sukabumi, kamu bisa menuju jalan Palabuhan II, untuk selanjutnya menuju Pasar Pangleseran.

Setibanya di Pasar Pangleseran, belok kiri ke jalan raya Cibatu-Cikembar. Kemudian, sekitar lima menit perjalanan dari Pasar, belok kiri menuju jalan Desa Tanjungsari.

Dari sana, teruskan perjalanan menyusuri jalan hingga menuju kampung Rawaseel. Atau bisa juga menggunakan bantuan peta digital dengan mengetikan kata “Situ Dewa Dewi Cipiit” di kolom pencarian.

Baca Juga: Turun dari Kereta Cepat Bisa Langsung Healing, Ini 5 Wisata Dekat Stasiun Padalarang

Harga Tiket Situ Dewa Dewi Cipiit

Destinasi wisata ini cukup terjangkau, harga tiket masuk (HTM) nya sendiri yaitu hanya Rp 5000 per orang (belum termasuk parkir). Untuk biaya parkir yaitu sebesar Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil).

Kemudian untuk tiket camping sendiri yaitu sebesar Rp 15.000 per orang. Pengunjung bebas memilih lokasi camping yang tersedia di area Situ Cipiit.

Karena keindahannya, lokasi ini juga kerap dijadikan lokasi photoshoot seperti prewedding dengan harga sebesar Rp 500.000.

Baca Juga: Ternyata di Cianjur, Camping di Padang Rumput Luas yang Dikelilingi Pohon Pinus

Fasilitas Situ Dewa Dewi Cipiit

Situ Dewa Dewi CipiitSitu Dewa Dewi Cipiit

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, tempat camping di Sukabumi ini telah dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari tempat parkir luas, toilet umum, mushola besar, gazebo, warung-warung, tempat charger gadget dan sewa alat camping seperti tenda, selimut, bantal dan sebagainya.

Kemudian, jika camping di sini, pengunjung bebas membuat api unggun dengan mengumpulkan kayu-kayu dari pepohonan sekitar danau yang berserakan.

Jika biasanya kayu-kayu ini harus beli, di sini kayu tersebut boleh digunakan gratis. Tapi tetap harus memperhatikan keamanan ya supaya tidak terjadi kebakaran.

Baca Juga: Seru Banget! di Bandung Ada Tempat Camping di Pulau Tengah Danau, Cek Lokasinya!

Daya Tarik Situ Dewa Dewi Cipiit

Tempat camping ini memiliki area cukup luas berupa pepohonan pinus yang di tengah-tengahnya terdapat danau cantik. Namun, danau tersebut debit airnya menyusut saat musim kemarau tiba, jadi jangan heran jika ukuran danau jadi mengecil.

Camping di tempat ini kita bisa merasakan suasana tenang karena jauh dari keramaian kota, serta memiliki udara sejuk dan segar, apalagi saat turun hujan, seringkali turun kabut tipis yang membuat suasana semakin syahdu.

Daya tarik lain yaitu serunya menikmati hangatnya api unggun saat malam. Namun, kamu harus rajin mengumpulkan kayu bakar jika ingin menikmati hal tersebut.

Tak hanya itu, harga makanan dan minuman di tempat ini juga sama dengan warung-warung di perkampungan, tidak mahal seperti di tempat-tempat wisata pada umumnya. Jadi, kita tingga belanja saja di sini dan tidak perlu repot membawanya dari rumah.

Itulah ulasan mengenai Situ Dewa Dewi Cipiit yang menjadi salah satu tempat camping di Sukabumi untuk libur akhir pekan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)