Gak Jauh! Tempat Camping Tepi Danau Dikelilingi Hutan Pinus Ini di Sukabumi Lho

Senin 04 Desember 2023, 07:00 WIB
Situ Dewa Dewi Cipiit menjadi salah satu tempat camping di Sukabumi yang menyajikan suasana tenang dengan udara sejuk menyegarkan (Sumber : SU/Dede)

Situ Dewa Dewi Cipiit menjadi salah satu tempat camping di Sukabumi yang menyajikan suasana tenang dengan udara sejuk menyegarkan (Sumber : SU/Dede)

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk kamu yang sedang mencari tempat camping, Sukabumi memiliki banyak sekali lokasi camping unik dan nyaman yang bisa dijadikan tujuan saat libur tiba.

Salah satu tempat camping di Sukabumi yang bisa jadi pilihan adalah Situ Dewa Dewi Cipiit. Destinasi wisata ini sudah cukup terkenal di Sukabumi, dimana terdapat sebuah danau yang dikelilingi oleh hutan pinus cukup lebat.

Hal tersebut menjadikan lokasi ini memiliki suasana menenangkan dengan udara sejuk menyegarkan, jadi cocok banget jadi tempat melepas penat.

Nah, penasaran dengan tempat camping di Sukabumi satu ini, dan apa saja yang ada di Situ Dewa Dewi Cipiit? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Tempat Camping di Sukabumi Ini Bisa Basah-basahan Main di Sungai, Yuk Kepoin!

Alamat Situ Dewa Dewi Cipiit

Situ Dewa Dewi CipiitSitu Dewa Dewi Cipiit

Situ Dewa Dewi Cipiit berlokasi di Kampung Rawaseel, Dewa Tanjungsari, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Danau ini bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Pusat Kota Sukabumi. Untuk menuju lokasi ini, jika dari pusat Kota Sukabumi, kamu bisa menuju jalan Palabuhan II, untuk selanjutnya menuju Pasar Pangleseran.

Setibanya di Pasar Pangleseran, belok kiri ke jalan raya Cibatu-Cikembar. Kemudian, sekitar lima menit perjalanan dari Pasar, belok kiri menuju jalan Desa Tanjungsari.

Dari sana, teruskan perjalanan menyusuri jalan hingga menuju kampung Rawaseel. Atau bisa juga menggunakan bantuan peta digital dengan mengetikan kata “Situ Dewa Dewi Cipiit” di kolom pencarian.

Baca Juga: Turun dari Kereta Cepat Bisa Langsung Healing, Ini 5 Wisata Dekat Stasiun Padalarang

Harga Tiket Situ Dewa Dewi Cipiit

Destinasi wisata ini cukup terjangkau, harga tiket masuk (HTM) nya sendiri yaitu hanya Rp 5000 per orang (belum termasuk parkir). Untuk biaya parkir yaitu sebesar Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil).

Kemudian untuk tiket camping sendiri yaitu sebesar Rp 15.000 per orang. Pengunjung bebas memilih lokasi camping yang tersedia di area Situ Cipiit.

Karena keindahannya, lokasi ini juga kerap dijadikan lokasi photoshoot seperti prewedding dengan harga sebesar Rp 500.000.

Baca Juga: Ternyata di Cianjur, Camping di Padang Rumput Luas yang Dikelilingi Pohon Pinus

Fasilitas Situ Dewa Dewi Cipiit

Situ Dewa Dewi CipiitSitu Dewa Dewi Cipiit

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, tempat camping di Sukabumi ini telah dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari tempat parkir luas, toilet umum, mushola besar, gazebo, warung-warung, tempat charger gadget dan sewa alat camping seperti tenda, selimut, bantal dan sebagainya.

Kemudian, jika camping di sini, pengunjung bebas membuat api unggun dengan mengumpulkan kayu-kayu dari pepohonan sekitar danau yang berserakan.

Jika biasanya kayu-kayu ini harus beli, di sini kayu tersebut boleh digunakan gratis. Tapi tetap harus memperhatikan keamanan ya supaya tidak terjadi kebakaran.

Baca Juga: Seru Banget! di Bandung Ada Tempat Camping di Pulau Tengah Danau, Cek Lokasinya!

Daya Tarik Situ Dewa Dewi Cipiit

Tempat camping ini memiliki area cukup luas berupa pepohonan pinus yang di tengah-tengahnya terdapat danau cantik. Namun, danau tersebut debit airnya menyusut saat musim kemarau tiba, jadi jangan heran jika ukuran danau jadi mengecil.

Camping di tempat ini kita bisa merasakan suasana tenang karena jauh dari keramaian kota, serta memiliki udara sejuk dan segar, apalagi saat turun hujan, seringkali turun kabut tipis yang membuat suasana semakin syahdu.

Daya tarik lain yaitu serunya menikmati hangatnya api unggun saat malam. Namun, kamu harus rajin mengumpulkan kayu bakar jika ingin menikmati hal tersebut.

Tak hanya itu, harga makanan dan minuman di tempat ini juga sama dengan warung-warung di perkampungan, tidak mahal seperti di tempat-tempat wisata pada umumnya. Jadi, kita tingga belanja saja di sini dan tidak perlu repot membawanya dari rumah.

Itulah ulasan mengenai Situ Dewa Dewi Cipiit yang menjadi salah satu tempat camping di Sukabumi untuk libur akhir pekan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)