1 Tempat 4 Curug, Destinasi Wisata di Bogor Ini Bisa Jadi Pilihan Berakhir Pekan

Selasa 28 November 2023, 17:15 WIB
Curug Panjang menjadi salah satu destinasi wisata di Bogor yang bisa dijadikan tujuan berlibur di akhir pekan nanti (Sumber : Instagram/@curug_panjang)

Curug Panjang menjadi salah satu destinasi wisata di Bogor yang bisa dijadikan tujuan berlibur di akhir pekan nanti (Sumber : Instagram/@curug_panjang)

SUKABUMIUPDATE.com - Berlibur dengan bermain menikmati air terjun memang menyenangkan, selain bisa melepaskan stres juga bisa membuat badan lebih bugar karena kita akan aktif bergerak saat menuju air terjun.

Di daerah Bogor Jawa Barat, terdapat satu destinasi wisata air terjun yang memiliki beberapa curug dalam satu lokasi yang sama yaitu destinasi wisata Curug Panjang.

Nah , jika belum tahu dengan destinasi wisata satu ini, atau tertarik berkunjung saat libur nanti, simak dulu ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Mumpung Musim Hujan, Kebun Teh di Pangalengan Ini Suasana Kabutnya Bikin Betah

Fasilitas Curug Panjang Bogor

Destinasi Curug Panjang ini dikelola oleh Perum Perhutani dan Kelompok Tani Hutan Wisata. Selain air menikmati air terjun, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di area curug seperti area parkir, tempat berkemah, tempat kumpul keluarga, gazebo, warung-warung, penyewaan perlengkapan kemah dan sebagainya.

Alamat Curug Panjang Bogor

Curug Panjang BogorCurug Panjang Bogor

Curug Panjang berlokasi di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya sendiri berada di lereng gunung Paseban.

Baca Juga: Seru! Wisata di Bandung Ini Bisa Rafting di Aliran Citarum Purba, Berani Coba?

Dan aliran air yang mengalir ke air terjun ini tak lain berasal dari sungai Paseban, dan membentuk sekitar empat buah air terjun secara berurutan yaitu Curug Cibulao, Curug Panjang, Curug Barong dan Curug Bunder.

Di lokasi air terjun ini juga terdapat kolam alami dengan air berwarna biru kehijau-hijauan akibat dipenuhi bebatuan dan rumput hijau. Kolam alami ini bisa digunakan untuk berenang, namun pengunjung harus ekstra hati-hati mengingat kolam ini sangat dalam.

Rute Menuju Curug Panjang

Untuk menuju curug panjang, pengunjung bisa menuju Puncak. Setelah tiba di Megamendung, disebelah Masjid Jami Nurul Huda terdapat pertigaan.

Baca Juga: Bikin Takjub! Desa di Sukabumi Ini Punya View Cantik Serasa di Negeri Dongeng

Setelah itu, arahkan kendaraan menuju Unilever Learning Centre, kemudian belok ke sebelah kiri hingga melewati Pusdik Reskrim Polri. Kemudian belok ke sebelah kanan dan akan di pintu masuk Curug Panjang.

Harga Tiket Curug Panjang

Untuk menikmati curug panjang, pengunjung perlu membayar harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp 15.000 (wisatawan lokal) dan Rp 150.000 (turis asing). Harga tersebut belum termasuk parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil).

Pengunjung juga bisa camping di lokasi ini dengan biaya sebesar Rp 35.000 per tenda (wisatawan lokal) dan Rp 100.000 per tenda (turis asing).

Baca Juga: Telaga Saat Puncak, Wisata Alam Bogor dengan View Bak Lukisan

Kemudian untuk yang ingin menjadikan wisata Curug Panjang sebagai tempat photoshoot termasuk prewedding, dikenakan biaya sebesar Rp 500.000.

Jadi, itulah ulasan mengenai destinasi wisata Curug Panjang di Bogor yang bisa dijadikan tujuan liburan akhir pekan selanjutnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi23 Oktober 2024, 22:10 WIB

Banggar DPRD Sukabumi dan Pemda Sepakati RAPBD 2025, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025.
Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi sepakati RAPBD 2025 | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi23 Oktober 2024, 21:49 WIB

Kecewa, 16 Anggota Walk Out Saat Paripurna Pembentukan AKD DPRD Kota Sukabumi

Sebanyak 16 Anggota DPRD Kota Sukabumi dikabarkan tak kembali saat jeda istirahat sidang paripurna membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) di ruang sidang Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) malam.
Rapat paripurna pembahasan AKD di Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) | Foto : Dok. Sekwan
Inspirasi23 Oktober 2024, 20:53 WIB

Jejak Inspiratif, Sosok Wamen Pendidikan Dr. Fajar Dimata Guru dan Kakak Kelas di YASTI Sukabumi

Kemunculan nama Fajar Riza Ulhaq di jajaran Kabinet Merah Putih menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru dan kakak kelasnya semasa sekolah tingkat menengah di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, Dr. Fajar merupakan alumni MTs YASTI
Dr. Fajar Riza Ulhaq, Wamen Pendidikan RI 2024-2029 (kiri), Haerudin (Guru MTs Yasti Cisaat Sukabumi) | Foto : Sukabumiupdate.com
Musik23 Oktober 2024, 20:00 WIB

Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan

Festival musik yang akan mendatangkan musisi dari K-Hip Hop dan K-R&B yakni NEVAEVA! Festival 2024 secara resmi mengumumkan batal diselenggarakan.
Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan (Sumber : Instagram/@nevaeva_indonesia)
Jawa Barat23 Oktober 2024, 19:58 WIB

Anggota DPRD Jabar Haji Aka Minta Negara Cari Solusi untuk Masalah Gurandil di Sukabumi

Hal ini lebih khusus disampaikan kepada Dinas ESDM Jabar.
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yusuf Maulana mengikuti rapat kerja dengan mitra kerja Komisi IV di kantor BAPENDA Kabupaten Garut pada Selasa, 22 Oktober 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi23 Oktober 2024, 19:29 WIB

Hilang Kendali di Tikungan Lalu Tabrak Warung, Pemotor Tewas di Simpenan Sukabumi

Mereka diduga kehilangan kendali sehingga terjatuh ke sebelah kiri jalan.
Lokasi kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa
Food & Travel23 Oktober 2024, 19:00 WIB

5 Makanan Khas Kota Tangerang yang Unik dan Menggugah Selera

Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba.
Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba. (Sumber : Instagram/@laksatangerangcikimhua/@sumsum_pisangmas).
Entertainment23 Oktober 2024, 18:30 WIB

NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap

Kabar bahagia datang dari NCT DREAM yang akan comeback dengan merilis album terbaru bertajuk DREAMSCAPE pada 11 November 2024. Renjun akan berpartisipasi usai hiatus.
NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap (Sumber : Instagram/@nct_dream)
Life23 Oktober 2024, 18:00 WIB

Kumpulan Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki dan Perempuan, Yuk Amalkan

Berdoa meminta jodoh terbaik merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba kepada Allah SWT.
Meminta jodoh yang terbaik adalah bentuk usaha untuk mendapatkan pasangan hidup yang bisa membimbing kita dalam menjalankan ibadah dan meraih ridho Allah. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi23 Oktober 2024, 17:53 WIB

Satu Tewas! Pemotor Satria Kecelakaan Tunggal di Jalan Simpenan Sukabumi

Kecelakaan melibatkan pengendara dan penumpang sepeda motor Satria F 150.
Sepeda motor Satria F 150 yang kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa