Seru! Wisata di Bandung Ini Bisa Rafting di Aliran Citarum Purba, Berani Coba?

Sabtu 25 November 2023, 11:00 WIB
Wisata Sanghyang Kenit di Bandung menyediakan aktivitas rafting di aliran sungai Citarum purba yang akan memberikan pengalaman berbeda pada pengunjung (Sumber : Instagram/@sang_hyang_kenit)

Wisata Sanghyang Kenit di Bandung menyediakan aktivitas rafting di aliran sungai Citarum purba yang akan memberikan pengalaman berbeda pada pengunjung (Sumber : Instagram/@sang_hyang_kenit)

SUKABUMIUPDATE.com - Bandung selalu saja memiliki tempat wisata unik yang bisa dijadikan destinasi berlibur akhir pekan, dan salah satu kegiatan wisata menarik di Bandung yaitu berkunjung dan melihat indahnya aliran sungai Citarum Purba.

Ya, wisata tersebut adalah Sanghyang Kenit. Di sini kita bisa melihat bagaimana bebatuan eksotis, dinding tebing, dan goa-goa alami yang menjadi daya tarik utama wisatawan untuk memuaskan hasrat berfoto pada spot terbaik.

Melansir dari laman citarumharum.jabarprov.go.id, Sanghyang Kenit merupakan bagian dari Sungai Citarum Purba. Daerah aliran sungai (DAS) ini berhulu di daerah Situ Cisanti, Kabupaten Bandung dan alirannya kemudian bermuara di Waduk Cirata.

Baca Juga: Telaga Saat Puncak, Wisata Alam Bogor dengan View Bak Lukisan

Nama Sanghyang Kenit sendiri diambil dari kata 'sang' yang memiliki makna untuk menghargai para leluhur. Sedangkan kata “Hyang” berasal dari kata Bahasa Sunda yang memiliki arti menyepi atau semedi.

Kemudian kata “Kenit” merujuk pada jenis domba berwarna hitam yang memiliki sabuk warna putih melingkar.

Karena itu, wisata Bandung ini tak hanya menyuguhkan keindahan alam saja tapi juga terdapat unsur edukasi sejarah di dalamnya.

Lokasi wisata Sanghyang Kenit

Sanghyang Kenit beralamat di Kampung Cisameng, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca Juga: Healing Time! Wisata di Majalengka Ini Bisa Camping Sambil Main Air Sungai

Tempat wisata ini bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari gerbang tol Padalarang. Untuk menuju lokasi ini akses jalan sudah lumayan baik, kendaraan seperti mobil dan motor sudah bisa sampai ke lokasi parkir tanpa perlu bersusah payah.

Harga Tiket Wisata Bandung Sanghyang Kenit

Destinasi wisata Bandung Sanghyang KenitDestinasi wisata Bandung Sanghyang Kenit

Objek wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang, kemudian tiket parkir Rp 2.000 (motor) dan Rp 5.000 (mobil).

Baca Juga: 3,5 Jam dari Sukabumi, Ini 6 Rekomendasi Wisata di Bandung untuk Liburan!

Aktivitas di Sanghyang Kenit

Selain menikmati keindahan alam berupa aliran sungai dan dinding bebatuan eksotis, di tempat wisata ini juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti rafting (arung jeram) menyusuri aliran sungai Citarum Purba ini.

Biaya untuk arung jeram sendiri yaitu sebesar Rp 150.000. Atau jika kamu cukup bernyali bisa mencoba body rafting dengan harga yang sama.

Ada juga aktivitas susur goa untuk yang ingin melihat keindahan stalakmit dan stalaktit goa di lokasi ini. Harga susur goa sendiri masih sama seperti arung jeram dan body rafting. Semua aktivitas tersebut tentunya akan didampingi oleh pemandu berpengalaman untuk menjaga keamanan pengunjung.

Baca Juga: 6 Danau Terkenal di Jawa Barat, Cocok Jadi Lokasi Healing Obati Stres

Atau untuk yang suka camping, di Sanghyang Kenit juga terdapat camping ground dengan biaya sebesar Rp 25.000.

Tak hanya itu, karena keindahannya lokasi ini juga kerap dijadikan lokasi photoshoot utamanya prewedding. Untuk melakukan photoshoot di lokasi ini kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 250.000.

Fasilitas Sanghyang Kenit

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, lokasi wisata Bandung ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti area parkir, tempat duduk yang nyaman di tepi sungai, warung-warung, toilet, penyewaan ban dan pelampung hingga penyewaan alat rafting, dan arung jeram.

Nah, itu dia destinasi wisata Bandung yang menyuguhkan keindahan aliran sungai Citarum Purba. Jadi, kapan akan berkunjung ke Sanghyang Kenit?

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)