Serem, Bisa Belusukan ke Hutan! 10 Wisata Malam di Jawa Barat Suguhkan Hal Lain

Sabtu 25 November 2023, 20:00 WIB
Wisata malam di Jawa Barat ini bisa memberikan pengalaman berlibur yang berbeda bagi wisatawan (Sumber : Istimewa via piknikasik.com)

Wisata malam di Jawa Barat ini bisa memberikan pengalaman berlibur yang berbeda bagi wisatawan (Sumber : Istimewa via piknikasik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Jawa Barat memang menjadi salah satu surga wisata di Indonesia. Banyak sekali tempat-tempat unik yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam hingga buatan.

Selain itu, selain cocok dikunjungi saat siang hari, beberapa wisata di Jawa Barat juga ada yang lebih cocok dikunjungi pada waktu malam. Pasalnya, keindahan tempat wisata ini akan lebih menarik saat langit gelap.

Nah, penasaran lokasi wisata Jawa Barat mana saja yang sangat cocok dikunjungi saat malam dan seperti apa sensasinya? Berikut daftar 10 wisata malam di Jawa Barat seperti dikutip dari laman disparbud.jabarprov.go.id.

Baca Juga: Bikin Takjub! Desa di Sukabumi Ini Punya View Cantik Serasa di Negeri Dongeng

1. Hutan Pinus Cikole Lembang

Hutan MyCeliaHutan MyCelia

Penasaran bagaimana rasanya malam-malam pergi dan berkeliling di hutan? jika ia kamu berarti harus berkunjung ke salah satu wisata di daerah Lembang ini.

Karena di Lembang ada hutan pinus yang bisa dikunjungi saat malam. Tapi jangan salah, wisata hutan di Cikole Kabupaten Bandung Barat ini tidak semenyeramkan yang dibayangkan lho. Pengunjung justru akan merasakan pengalaman seolah-olah sedang berada di sebuah negeri dongeng.

Liburan dengan pengalaman berbeda itu bisa didapatkan dengan mengunjungi Hutan MyCelia di Wisata Terminal Grafika Cikole. Di sana, terdapat beragam lampu hias yang dipasangkan di pohon-pohon sehingga menimbulkan keindahan untuk dinikmati para pengunjung.

Baca Juga: Seru! Wisata di Bandung Ini Bisa Rafting di Aliran Citarum Purba, Berani Coba?

2. Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika Bandung

Nah, kalau yang ini cocok buat kamu yang suka menikmati suasana kota saat malam hari. Menghabiskan waktu malam di Jalan Braga dan Jalan Asia Arika Kota Bandung bisa menjadi hal menyenangkan.

Di lokasi wisata Jawa Barat ini kamu bisa menemukan berbagai jenis tempat nongkrong. Mulai dari coffee shop, mall, bar, hingga Gedung Pusat Kebudayaan bisa kalian temui di sepanjang Jalan Braga.

Tak jauh dari sana, keramaian juga tersaji di Jalan Asia Afrika. Dari depan Gedung Merdeka hingga Alun-Alun Kota Bandung, banyak wisatawan tumpah ruah untuk berswafoto, berburu kuliner, serta bercengkrama dengan para cosplayer yang berdandan menyerupai tokoh kartun, superhero, hingga hantu-hantu nusantara.

Baca Juga: Kulineran di Cirebon? Cobain Kerupuk Melarat Ikon Wisata Kuliner Setempat

3. Taman Safari

Jika kamu biasanya ke Taman Safari waktu siang, coba sesekali berkunjung waktu malam untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda.

Saat malam kamu bisa menyaksikan langsung kehidupan satwa seperti gajah, harimau, beruang, orang utan, dan lain-lain ketika malam tiba. Wisatawan akan dibawa berkeliling menggunakan mobil khusus dengan dipandu guide berpengalaman.

Tak hanya melihat satwa, wisatawan juga bisa menikmati berbagai wahana permainan. Selain itu ada pertunjukan khusus seperti akrobatik serta permainan cahaya (light dance).

Baca Juga: Telaga Saat Puncak, Wisata Alam Bogor dengan View Bak Lukisan

4. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Berbagai daya tarik bisa ditemukan di sini, baik siang atau malam hari.

Aktivitas Pantai Pangandaran di malam hari tak kalah ramai dengan siang hari. Biasanya ketika malam tiba, para wisatawan berburu kuliner hidangan laut dan menikmatinya di pinggir pantai.

Tak cuma itu, wisatawan juga bisa sekadar cari angin dengan meyewa sepeda atau odong-odong. Bahkan beberapa penginapan juga menawarkan atraksi hiburan sendiri yang tidak kalah menarik.

Baca Juga: Healing Time! Wisata di Majalengka Ini Bisa Camping Sambil Main Air Sungai

5. Kampung Sabin

Kampung SabinKampung Sabin

Kampung Sabin merupakan sebuah destinasi rumah makan yang menyajikan konsep ala Bali. Pengunjung yang datang seakan sedang menikmati suasana persawahan khas Ubud di Pulau Dewata.

Destinasi ini berada di Kawasan Kota Baru Keandra, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Lokasinya hanya berjarak sekitar kurang lebih lima kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Kampung Sabin beroperasi hingga pukul 21.00 WIB. Ini tentunya jadi salah satu pilihan tepat untuk menikmati liburan malam hari di kawasan Cirebon.

Baca Juga: Airnya Bening Seperti Kaca, Wisata Danau Ini Jaraknya Kurang dari 2 Jam dari Bandung

6. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Purwakarta. Di sini masyarakat bisa menyaksikan keindahan air mancur yang dipadukan warna warni gemerlap cahaya lampu.

Tak hanya masyarakat Purwakarta, keberadaan air mancur setinggi enam meter tersebut juga memikat perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Para pengunjung akan semakin dibuat betah karena terdapat beragam jajanan kuliner yang menggugah selera.

Pertunjukkan air mancur sendiri dimulai pada pukul 19.30 sampai 20.30. Pertunjukan hanya dilakukan sekali dalam seminggu yaitu setiap Sabtu malam.

Baca Juga: Naik Kereta Cepat Whoosh Bisa Healing Gratis di 6 Wisata Ini, Yuk Cek!

7. Bukit Enjoy

Kabupaten Majalengka dikenal dengan keindahan alamnya. Salah satunya bisa kalian temukan ketika mengunjungi Bukit Enjoy di Kecamatan Leuwimunding.

Bukit Enjoy menawarkan wisata alam yang dipadukan dengan spot foto estetik. Di siang hari terdapat wahana permainan untuk keluarga. Sedangkan di malam hari, kalian bisa menikmati suasana perbukitan dan lampu-lampu gemerlap.

Pengunjung juga bisa berkemah untuk menikmati suasana sejuk khas daerah perbukitan. Bukit Enjoy sendiri menjadi titik keberangkatan awal wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Sanghyang Dora.

Baca Juga: 3,5 Jam dari Sukabumi, Ini 6 Rekomendasi Wisata di Bandung untuk Liburan!

8. Darajat Pass

Derajat PassDerajat Pass

Darajat Pass merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Kabupaten Garut. Tempat wisata keluarga ini menawarkan pemandian air panas, waterpark, restoran, outbound, dan penginapan dengan nuansa pegunungan yang asri.

Jika ingin berkunjung, alamatnya berada di Jalan Darajat Km. 14, Kampung Bedeng, Desa Karyamekar Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Pengunjung tak perlu khawatir sebab Darajat Pass selalu buka selama 24 jam.

Bagi yang tidak ingin berenang, ada wahana lain yang bisa dinikmati. Wisatawan dapat mencoba bermain Kuda Tunggang, Motor ATV, Trampoline, Flying Fox, Scooter, Kereta Mini, Edugame Excavator, Team Building, Fun Game, dan Paintball.

Baca Juga: 6 Danau Terkenal di Jawa Barat, Cocok Jadi Lokasi Healing Obati Stres

9. Sari Ater

Jika di Garut ada Darajat Pass, maka di Subang terdapat Pemandian Air Panas Sari Ater yang juga beroperasi 24 jam. Destinasi yang dikenal dengan nama Sari Ater Hot Spring Resort ini berada di kaki Gunung Tangkuban Parahu sehingga diselimuti suasana sejuk khas dataran tinggi.

Para wisatawan dapat menikmati sumber mata air panas yang berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu. Dengan luas area 30 hektare, Sari Ater Hot Spring Resort banyak memberikan fasilitas bagi para wisatawan yang dapat dinikmati pada siang ataupun malam hari.

Baca Juga: 5 Tempat Glamping di Bogor Harga Dibawah 1 Jutaan, Kantong Aman Stres Hilang

10. Sukageuri View

Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kuningan. Lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai sehingga menjamin kesegaran dan kesejukan bagi para wisatawan.

Sukageuri View beroperasi 24 jam. Artinya kalian bisa berkunjung ke sini pada malam hari untuk sekedar berfoto atau menikmati dinginnya udara malam hari khas pegunungan.

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id/Bagusthira Evan Pratama

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 16:30 WIB

Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

Serangan asam urat yang kambuh terkadang sangat menyiksa para penderitanya.
Ilustrasi - Serangan asam urat yang kambuh terkadang sangat menyiksa para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).
Life14 Mei 2024, 16:15 WIB

Merasa Bosan, 12 Alasan Bayi Tidak Berhenti Menangis yang Patut Bunda Ketahui

Hampir tidak ada yang lebih menyedihkan daripada saat bayi menangis terutama jika Anda tidak yakin mengapa ia menangis dan semua upaya untuk menenangkannya sepertinya tidak berhasil.
bayi menangis sepanjang hari akan membuat orang sekitar khawatir (Sumber : pexels.com/@LeonardoLiz)
Sukabumi14 Mei 2024, 16:01 WIB

Wabup: Angka Prevalensi Stunting di Kabupaten Sukabumi Turun Signifikan

Secara nasional berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, Kabupaten Sukabumi mengalami penurunan prevalensi stunting dari 41,35% pada tahun 2018 menjadi 27% tahun 2023 atau turun sekitar 14,35%.
Wakil Bupati Iyos Somantri Exit Meeting Hasil Audit Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Sukabumi | Foto : Dokpim
Food & Travel14 Mei 2024, 16:00 WIB

Cocok untuk Healing dan Melepas Penat, 4 Rekomendasi Wisata Air di Bogor

wisata air sangat cocok untuk liburan healing dan melepas penat.
The Jungle Water Adventure - wisata air sangat cocok untuk liburan healing dan melepas penat. (Sumber : junglebogor.com).
Life14 Mei 2024, 15:45 WIB

Jangan Sepelekan,6 Adab Ditraktir Orang yang Wajib Diketahui dan Diterapkan

Saat ditraktir makan oleh seseorang, maka penting untuk mengedepankan adab . hal ini yang mungkin jarang diketahui banyak orang selama ini
Adab ditraktir makan oleh orang lain yang perlu diketahui dan diterapkan (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life14 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Tanda Kegagalan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Kecil, Yuk Ketahui!

Orang tua yang gagal dalam mendidik anak pada umumnya bisa dilihat dari perkembangan anak saat sudah dewasa nanti
Bukti kegagalan orang tua dalam mendidik anak (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Sukabumi14 Mei 2024, 15:18 WIB

16 Siswa SD Keracunan, Dinkes Kabupaten Sukabumi Pantau Peredaran Jajanan Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi tanggapi serius kasus 16 siswa SDN I Cidadap di Jalan Goalpara, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi yang alami keracunan jajanan. Senin (13/5/2024).
Dinas Kesehatan Sukabumi pantau peredaran jajanan anak yang berbahaya| Foto : Asep Awaludin
Sehat14 Mei 2024, 15:15 WIB

7 Obat Tradisional Dipercaya Turunkan Kolesterol dan Baik Untuk Jantung

Selain melakukan pengobatan secara medis, ada beberapa obat tradisional yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan baik bagi kesehatan jantung. Bahkan beberapa di antaranya sudah digunakan sejak dahulu
bawang putih adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi dan baik untuk jantung. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Inspirasi14 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sukabumi14 Mei 2024, 14:59 WIB

Sodorkan Uang ke Paman, Anak di Sukabumi Minta Dibunuh Setelah Habisi Ibunya

Rahmat meminta dibunuh oleh Pahrudin setelah membunuh ibunya sendiri.
Kondisi rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04 Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa