Sinopsis Film Buya Hamka: Kisah Sastrawan, Ulama sekaligus Pahlawan Indonesia

Selasa 18 April 2023, 16:00 WIB
Adegan di Film Buya Hamka | Laudya Cynthia Bella dan Vino G Bastian (Sumber : Instagram/@buya_hamka_official)

Adegan di Film Buya Hamka | Laudya Cynthia Bella dan Vino G Bastian (Sumber : Instagram/@buya_hamka_official)

SUKABUMIUPDATE.com - Film Buya Hamka karya rumah produksi Falcon Pictures dan Starvision akan resmi dirilis besok pada Rabu (19/4/2023). Film Sejarah ini berhasil menjadi sorotan tak hanya bagi kalangan moviegoers tetapi juga tokoh berpengaruh Indonesia, salah satunya Jurnalis tanah air, Najwa Shihab.

Ya, Najwa Shihab terhipnotis dan kagum dengan sosok Buya Hamka yang menolak Poligami. Secara singkat, Sinopsis Film Buya Hamka mengangkat kisah tentang salah satu tokoh penting dalam perkembangan Islam di Indonesia, tentang perjuangan hidup seorang Haji Abdul Malik Karim Amrullah.

Buya Hamka sendiri adalah sosok ulama besar, sastrawan dan Politikus Indonesia yang sudah mendapat gelar Pahlawan Nasional. Bahkan, dengan kefasihan dakwahnya, Buya Hamka sudah diakui didalam negeri maupun luar negeri.

Sinopsis Film Buya Hamka: Kisah Perjalanan Sang Ulama Besar

Film Buya Hamka mengisahkan kehidupan Buya Hamka sejak masa kanak-kanak, remaja, hingga berkeluarga. Pria kelahiran 17 Februari 1908 ini telah melewati berbagai fase kehidupan.

Baca Juga: 3 Link Live Streaming CCTV Lalu Lintas, Ada Sukabumi Utara-Palabuhanratu

Buya Hamka merupakan seorang ulama, filsuf, dan sastrawan Indonesia yang berprofesi sebagai wartawan, pengajar, dan penulis dan berhasil menciptakan novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

Film biografi ini akan berfokus pada penyampaian dakwah, pandangan pluralisme, serta pentingnya menjaga keutuhan bangsa semasa hidupnya Buya Hamka. Bukan hanya itu, film ini akan menjelaskan segala pencapaian membanggakan yang berhasil diraihnya selama menjadi sosok paling disegani oleh masyarakat Indonesia.

Fakta Menarik dari Film Buya Hamka

7 Fakta Menarik Film Buya Hamka, Disebut Film Termahal Hingga Bertabur Bintang. |Fakta Menarik Film Buya Hamka

1. Proses Produksi Film Buya Hamka Selama 9 Tahun

Buya Hamka memiliki nama lengkap Haji Abdul Malik Karim Amrullah yakni tokoh ulama, sastrawan, dan politikus yang menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama (MUI) pertama. Ide cerita film biografi ini muncul sejak 2014, saat produser Starvision bernama Chand Parwez bertemu dengan mantan Ketua MUI bernama Din Syamsuddin.

Sejak saat itu, proses produksi film Buya Hamka dimulai dan naskahnya ditulis oleh Alim Sudio dan Cassandra Massardi, namun prosesnya mengalami kendala karena seringkali mengalami perubahan. Hingga akhirnya, membutuhkan waktu tiga tahun untuk memperkuat alur cerita dan konsep sebelum memulai casting.

2. Pemain Film Buya Hamka Bertabur Bintang Populer

Film biografi Buya Hamka diperankan oleh bintang populer dan berbakat seperti Vino G. Bastian, Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Rey Bong, Mawar Eva, Reza Rahadian, Mathias Muchus, Roy Sungkono, Cok Simbara, Yoriko Angeline, Marthino Lio, Wafda Lubis, dan Anjasmara.

3. Vino G. Bastian Berusaha Keras untuk Mendalami Karakter Buya Hamka

Vino G. Bastian awalnya adalah seorang model yang melakukan debut aktor dalam film 30 Hari Mencari Cinta pada 2004. Aktor populer ini sudah beberapa kali berperan dalam film biografi.

Baca Juga: 7 Titik Ini Diprediksi Macet Saat Mudik Lebaran 2023, Ada Sukabumi!

Sebab itu pula, ia memahami dan berusaha untuk mendalami karakter agar tidak mengurangi atau melebihkan kalimat yang diucapkan oleh Buya Hamka. Apalagi, Buya Hamka merupakan tokoh yang sangat disegani hingga Vino G Bastian berusaha untuk tetap hati-hati mengucapkan setiap dialognya.

4. Laudya Cynthia Bella Mengaku Terkendala Bahasa Daerah

Laudya Cynthia Bella berperan sebagai Siti Raham yakni istri dari Buya Hamka. Laudya mengaku jika ia cukup kesulitan untuk menggunakan bahasa daerah sebagai percakapan sehari-hari.

Apalagi reading naskah hanya diberikan waktu singkat, yakni sekitar 20 hari. Sebab itulah, Laudya Cynthia Bella belum memperbanyak riset untuk mendalami karakternya, namun ia tetap berusaha semaksimal mungkin menampilkan yang terbaik dalam film Buya Hamka ini.

5. Durasi Film 7 Jam

Film Buya Hamka secara total memiliki durasi hingga 7 jam. Nantinya film ini akan dibagi menjadi 3 bagian. Hal itu dikarenakan kisah perjalanan hidup seorang Buya Hamka sangat panjang.

Oleh karena itu, film ini membutuhkan durasi waktu 7 jam gara pesan dari kisah Buya Hamka dapat tersampaikan kepada masyarakat.

6. Disebut Sebagai Film Indonesia Termahal

Disebutkan, jika proses produksi film Buya Hamka membutuhkan waktu yang lama dan butuh biaya produksi yang tidak sedikit. Pasalnya, untuk membangun suasana saat kehidupan Buya Hamka dulu, membutuhkan set bangunan yang dananya sangat besar.

7. Ada Adegan Buya Hamka menolak Poligami

Meski baru sehari lagi dirilis resmi, tetapi ada beberapa orang sudah menyaksikan film tersebut secara khusus, salah satunya adalah Najwa Shihab. Najwa Shihab mengaku terkesan dengan bagian di mana Buya Hamka menolak untuk berpoligami.

Selain karismanya, Buya Hamka juga dikenal sebagai sosok yang setia dengan istri, Siti Raham. Memang, Buya memiliki dua istri namun, pernikahan keduanya dilaksanakan setahun setelah Siti Raham meninggal.

Baca Juga: Daftar 17 Nomor Penting Mudik Lebaran 2023, Hubungi saat Darurat!

Dalam Film Buya Hamka, salah satu yang cukup menjadi sorotan penonton adalah tentang bagaimana Buya menyikapi soal Poligami. Diceritakan, saat menjalani masa-masa awalnya berumah tangga, Buya pernah ditawari Poligami.

Keluhuran budi, kewibawaan dan luasnya ilmu Buya Hamka membuat seseorang menawarkan anak gadisnya bernama Ola untuk dinikahi sebagai istri kedua. Namun, Buya menolak tawaran tersebut dengan sopan.

Meski Ola sempat menyitir surat an-Nisa ayat 3, Buya menegaskan bahwa surat itu ada lanjutannya. Untuk melakukan Poligami, syaratnya harus adil dan Buya Hamka takut tidak bisa berbuat adil.

Sumber: Tempo.co | Nur Qomariyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel26 Februari 2024, 19:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi
Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi (Sumber : via kereta-api.info)