3 Kelebihan Anak Autis Yang Super Luar Biasa

Senin 30 Oktober 2023, 23:15 WIB
Anak autis yang memiliki kecerdasan luar biasa | Foto : Freepik

Anak autis yang memiliki kecerdasan luar biasa | Foto : Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Autis merupakan sebua spektrum yang menggambarkan berbagai jenis gangguan pada perkembangan otak. Gejala umum yang dapat terlihat yaitu sulit berkonsentrasi, kesulitan berinteraksi secara sosial, kesulitan mengungkapkan perasaan atau keinginan.

Anak-anak dengan gangguan spektrum autis diketahui memiliki kekuatan dan kemampuan yang unik, dan penting untuk memahami keterampilan unik tersebut. Meskipun autis terkadang menjadi sebuah tantangan, hal ini tidak membuat mereka kurang mampu dibandingkan anak-anak lain.

Misalnya Dr Temple Grandin, yang menemukan Hug Machine , sebuah alat stimulasi tekanan dalam untuk orang yang hipersensitif. Pada usia tiga tahun, dia didiagnosis menderita autisme nonverbal. Orang tuanya mengirimnya ke sekolah swasta tanpa persetujuan dokter agar dia ditempatkan di rumah sakit jiwa. Motivasi ekstrinsik tersebut berperan penting dalam peningkatan kecerdasan dan kesuksesannya sebagai ilmuwan.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa Kritisi Kinerja DPRD Kota Sukabumi

Selain Dr Temple Grandin, Albert Einstein yang mengidap autisme juga diketahui merupakan seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20.

Oleh karena itu, mengenali kekuatan autis adalah kunci untuk menerobos hambatan dan mewujudkan potensi penuhnya. Dengan strategi dukungan perilaku positif , seperti yang disediakan oleh layanan dukungan disabilitas NDIS , anak autis dapat berkembang dan menunjukkan kelebihannya.

Setiap anak memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Namun pada anak autis hal ini sedikit berbeda. Karena mereka memiliki kejujuran yang brutal dan kesetiaan yang teguh. Anak autis juga memiliki selera humor yang alami dan dapat mencairkan suasana. Berikut beberapa kelebihan menonjol yang dimiliki anak autisme:

Baca Juga: 3 Dusun di Sidamulya Ciemas Sukabumi Kekeringan, Warga Antri di Sumber Mata Air

1. Konsentrasi yang Tidak Tertandingi

Salah satu ciri terbaik anak autis adalah kemampuan fokusnya yang luar biasa. Mereka bahkan dapat mempelajari mata pelajaran yang rumit, terutama yang berkaitan dengan minat khusus mereka. Berkat konsentrasi mereka yang luar biasa, anak-anak ini seringkali menjadi ahli di bidang pilihan mereka.

Makaa dari itu, tidak jarang anak autis unggul dalam bidang seni, musik, matematika, dan teknologi. Perhatikan Sir Isaac Newton,Albert Einstein, Amadeus Mozart, Elon Musk, dan Nikola Tesla, yang masing-masing termasuk dalam Spektrum Autisme, dan semuanya meninggalkan jejaknya dalam sejarah.

2. Memori Sempurna

Anak autis mempunyai ingatan yang jelas, seperti mengingat fakta atau peristiwa yang telah dilupakan orang lain. Mereka juga memiliki 'keterampilan sempalan', atau kemampuan tetap yang tingkatnya sangat tinggi. Misalnya, seorang anak mungkin dapat membaca seluruh episode acara TV tanpa memahami ceritanya.

Keterampilan ini dapat membantu meningkatkan kinerja akademik dan efisiensi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Meskipun hanya 10% dari penderita autis yang memiliki keterampilan cerdas, sifat-sifat tersebut tetap mengesankan.

Baca Juga: Lahan Bambu Seluas 1 Hektare di Gunungguruh Sukabumi Terbakar

3. Peduli Dengan Detail

Anak autis sering kali memperhatikan hal-hal yang tidak diperhatikan orang lain karena mereka seorang pemerhati detail-detail kecil. Karena kemampuan visualnya yang luar biasa, mereka dapat dengan mudah mengenali pola yang tidak dapat dikenali oleh orang lain. Misalnya, dia dapat menemukan objek tersembunyi dalam puzzle dalam hitungan detik. Atau mereka dapat menunjukkan sesuatu yang tidak pernah diketahui keberadaannya.

4. Lebih Mengandalkan Logika Daripada Emosi

Daripada mengandalkan emosi, anak autis akan mengedepankan alasan yang logis dalam segala aspek. Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh King’s College London menemukan fakta bahwa anak yang dengan spektrum autis cenderung lebih mengandalkan logika daripada emosi saat mengambil keputusan.

Maka dari itu, daripada mengandalkan amarah, rasa takut, atau bahagia yang meluap-luap, anak autis lebih memilih untuk mempertimbangkan alasan-alasan yang logis dan objektif dalam membuat keputusan penting.

Baca Juga: 2,5 Ton Sampah Diangkut dari Gunung Gede, Ada Kondom hingga Celana Dalam

Itulah beberapa kelebihan luar biasa yang dimiliki anak autis. Dengan memiliki beberapa kelebihan tersebut, anak autis akan memiliki kecerdasan diluar nalar, bahkan mencapai level genius.

Sumber : Hellosehat

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Langkah Mudah, Ini Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil

Berikut Sembilan Langkah Mudah untuk Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil. Yuk, Coba!
Jeruk peras memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang kaya, terutama vitamin C. (Sumber : Pexels/pixabay)
Sukabumi04 Mei 2024, 06:28 WIB

KAI akan Tutup Perlintasan Liar TKP Pasutri Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi

Lokasi kejadian pasutri tertabrak KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi merupakan perlintasan sebidang liar.
Lokasi kejadian pasutri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Science04 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Mei 2024, Cek Dulu Langit Sebelum Berakhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 4 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 4 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)