Kisah Nyi Roro Kidul Penguasa Pantai Selatan Jawa Dalam Legenda Palabuhanratu

Rabu 05 Juni 2024, 12:45 WIB
Ilustrasi - Kisah Nyi Roro Kidul Penguasa Pantai Selatan Jawa Dalam Legenda di Pelabuhan Ratu (Sumber : Instagram/@yande_zetia)

Ilustrasi - Kisah Nyi Roro Kidul Penguasa Pantai Selatan Jawa Dalam Legenda di Pelabuhan Ratu (Sumber : Instagram/@yande_zetia)

SUKABUMIUPDATE.com - Pelabuhan Ratu atau juga ditulis Palabuhanratu dikenal memiliki pantai begitu indah serta kisah legenda yang melekat, hingga menjadikannya tempat wisata populer tidak hanya bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, tapi juga untuk mereka yang tertarik dengan cerita rakyat serta mitologinya.

Salah satu legenda paling terkenal di Pelabuhan Ratu adalah Nyi Roro Kidul atau dikenal juga sebagai Ratu Pantai Selatan. Cerita rakyat mengenai sosok berpakaian warna hijau paling terkenal di Indonesia, khususnya di wilayah Pulau Jawa.

Menurut legenda, Nyi Roro Kidul adalah sosok spiritual yang menguasai lautan selatan Jawa. Sosoknya sering digambarkan sebagai wanita cantik dengan memakai pakaian berwarna hijau, sekaligus menjadi simbol dari kekuasaan dan misteri laut selatan.

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

Dia dipercaya sebagai penguasa gaib yang menghuni kedalaman Samudra Hindia, di mana ia memimpin sebuah kerajaan megah dan penuh dengan kekayaan meski tidak terlihat oleh mata manusia biasa.

Legenda Nyi Roro Kidul ini bermula dari kisah tragis seorang putri yang dikutuk karena nasib atau kesalahan tidak disengaja. Dalam beberapa versi cerita, putri tersebut adalah anggota keluarga kerajaan dengan kecantikan tak tertandingi, namun ia menderita nasib buruk karena kutukan yang dijatuhkan kepadanya.

Menurut cerita lain, kutukan itu timbul karena putri tersebut menolak cinta seorang pangeran atau karena kesalahan yang dilakukan oleh orang lain, hingga kemudian membawa malapetaka pada dirinya. Akhirnya, kutukan tersebut mengubahnya menjadi makhluk gaib dan mengusirnya ke laut, tempat di mana dia kemudian berubah menjadi Nyi Roro Kidul yaitu penguasa lautan.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setelah menjadi ratu laut selatan, Nyi Roro Kidul dikatakan memiliki hubungan erat dengan para raja dan pemimpin di Jawa. Dia sering kali dianggap sebagai pelindung serta pemberi nasihat kepada mereka.

Para raja Jawa, khususnya dari keraton Yogyakarta dan Surakarta memiliki tradisi khusus dengan mengirimkan persembahan serta melakukan upacara ritual untuk menghormatinya, sekaligus berharap mendapat perlindungan dan keberkahan dari sang Ratu.

Ritual ini mencerminkan kepercayaan bahwa Nyi Roro Kidul memiliki pengaruh atas kejadian-kejadian alam yang terjadi, seperti ombak besar serta memiliki kekuatan untuk keselamatan para nelayan ketika berlaut.

Dalam kaitan dengan wisata, Pelabuhan Ratu merupakan sebuah kota kecil di pesisir selatan Jawa Barat, yaitu Sukabumi dengan menawarkan keindahan alam pantainya sekaligus menjadi pusat dari kepercayaan serta pemujaan terhadap Nyi Roro Kidul.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

Legenda ini sangat berpengaruh di kalangan masyarakat lokal sampai banyak hotel di sekitar pantai selatan Jawa, khususnya di Pelabuhan Ratu menawarkan kamar khusus yang disediakan serta dihias secara khusus untuk Nyi Roro Kidul, lengkap dengan perlengkapan serba hijau. Sayangnya, kamar-kamar ini tidak boleh ditempati oleh tamu biasa sebagai bentuk penghormatan dan supaya tidak mengganggu sang Ratu.

Bahkan, ada satu kamar di sebuah hotel dibuat diperuntukkan khusus bagi Nyi Roro Kidul. Dimana kamar tersebut selalu dijaga dan dipelihara dengan baik. Bahkan, warna hijau memenuhi setiap sudut ruangan serta wangi bunga sedap malam begitu khas di kamar hotel itu sebagai bentuk penghormatan bila sang Ratu ingin datang.

Karena cerita legenda itu pula banyak yang percaya bahwa mengenakan pakaian hijau di pantai Pelabuhan Ratu bisa mengundang nasib buruk atau bahkan menarik perhatian Nyi Roro Kidul, sehingga ditarik untuk masuk ke dalam laut.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Legenda Pelabuhan Ratu dengan cerita Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan Jawa memang sudah terkenal meski sosoknya belum pernah terlihat dan hanya ada di dalam bentuk lukisan. Walau, ia sering digambarkan memakai pakaian hijau dan bersemayam di Samudra Hindia.

Meski begitu, sosok spiritual yang menguasai lautan selatan ini tetap dianggap sebagai ratu ghaib dengan memiliki kekuatan besar, sehingga bisa membantu kemakmuran masyarakat di sekitar pantai dan selalu berhasil menarik perhatian wisatawan yang ingin melihat rupanya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI
Sehat25 Juni 2024, 18:45 WIB

Asam Lambung Kambuh? Coba 9 Cara Meredakan Refluks Asam Ini di Rumah

Ketika asam lambung naik, maka perut kita akan terasa tidak nyaman. Bisa jadi kembung, mulas, bahkan hingga mual, dan muntah ketika refluks asam naik ke tenggorokan.
Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan di rumah untuk meredakan asam lambung (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Life25 Juni 2024, 18:15 WIB

7 Kriteria Mendiagnosis Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak dan Pengobatannya

Gangguan keterikatan reaktif (RAD) merupakan suatu kondisi mental yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan anak.
Ilustrasi cara mendiagnosis dan mengobati RAD pada anak (Sumber : Pexels.com/@HARSH KUSHWAHA)