Mengawal Transformasi Sistem Pelayanan Kesehatan, Musda VI PPNI Kota Sukabumi

Sabtu 17 Februari 2024, 12:58 WIB
Ketua PPNI Kota Sukabumi Irawan Danismaya bersama Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dalam Musda VI PPNI Kota Sukabumi (Sumber: dokpim pemkot sukabumi)

Ketua PPNI Kota Sukabumi Irawan Danismaya bersama Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dalam Musda VI PPNI Kota Sukabumi (Sumber: dokpim pemkot sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji berharap PPNI sebagai organisasi profesi perawat terus mengawal perbaikan layanan kesehatan untuk rakyat yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta. Organisasi profesi seperti Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menjadi wadah utama untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kesehatan.

Ini diungkap Kusmana saat memberikan sambutan dalam acara seremoni pembukaan Musda (Musyawarah Daerah) VI PPN Kota Sukabumi di Hotel Horison, Sabtu (17/02/2024). “Jadikan musda untuk terus bergerak dan mendorong peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Sukabumi. PPNI sebagai wadah para tenaga kesehatan bertugas untuk memastikan peningkatan kompetensi dan kapasitas anggota (perawat) terus dilakukan secara terus menerus,” tegas Kusmana.

Momentum Musda ini haruslah menjadi ajang untuk berpikir konektif dan integratif antara PPNI dengan pemerintah dan sejawat perawat. "Secara pribadi dan pemerintahan, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pengurus periode sebelumnya. Atas segala dedikasi dan kontribusi maksimalnya selama ini,'' ujar Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

Ia berpesan musda ini haruslah bisa melahirkan pemimpin yang mampu membawa perubahan dan semangat transformasi sistem pelayanan Kesehatan di Kota Sukabumi.
Kusmana mengatakan, dalam menghadapi banyak tantangan sejak tahun 2020 lalu perawatan harus mampu beradaptasi dengan situasi yang sulit dan tidak terprediksi dengan baik dimasa yang akan datang.

Dalam Musda VI kali ini PPNI Kota Sukabumi mengusung tema “Mengoptimalkan Peran AKtif Organisasi PPNI Dalam Mengawal Transformasi Sistem Pelayanan Kesehatan”. Tema yang sejalan dengan perkembangan program pelayanan kesehatan yang tengah dijalankan oleh pemerintah saat ini.

Ketua PPNI Kota Sukabumi periode 2019-2024, Irawan Danismaya kepada awak media usai seremoni pembukaan musda mengungkapkan bahwa saat ini sistem pelayanan kesehatan di Indonesia sedang bertransformasi, dimana pemerintah sedang mengupayakan pemerataan petugas kesehatan termasuk dokter dan perawat, tersebar di semua wilayah, khususnya kawasan terpencil.

Undangan dan peserta Musda VI PPNI Kota Sukabumi, Sabtu (17/02/2024)Undangan dan peserta Musda VI PPNI Kota Sukabumi, Sabtu (17/02/2024)

“Ini menjadi tugas PPNI sebagai organisasi profesi untuk mengawal program desentralisasi tersebut menghasilkan output sesuai tujuannya. Bagaimana memastikan tenaga kesehatan yang ada memiliki kemampuan yang baik serta profesional. Sehingga pelayanan kesehatan di seluruh wilayah juga baik,” bebernya.

Ini seiring dengan semangat baru dalam UU RI nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan. Dimana menurut Irawan terjadi perubahan mendasar khususnya posisi organisasi profesi kesehatan, seperti PPNI. “Dulu di kemenkes sekarang di kemenkumham, sebagai organisasi profesi PPNI harus tetap menjunjung komitmen menjaga dan merawat kompetensi perawat di Indonesia.

Untuk Kota Sukabumi, lanjut Irawan PPNI akan terus memberikan input kepada pemerintah daerah terkait maksimalisasi pelayanan kesehatan kepada warga. Salah satunya program home care yang merupakan cara pelayanan kesehatan yang lahir dari kebutuhan warga Kota Sukabumi.

Baca Juga: DPRD Soroti Soal Kesehatan, Imbas Petugas KPPS Pemilu di Sukabumi Meninggal

Warga di Kota Sukabumi butuh pendampingan kesehatan rutin yang bisa menjangkau keluarga, dan rumah-rumah warga secara langsung. “Program home care adalah kebutuhan yang lahir dari masalah kesehatan warga Kota Sukabumi. Ini menjadi salah satu isu yang akan kembali didorong PPNI kepada pemerintah kota Sukabumi, agar kembali dijalankan dan dikembangkan,” pungkasnya.

PPNI Kota Sukabumi sendiri saat ini punya 2219 anggota yang sudah terverifikasi kapasitas dan kemampuannya. “Semua anggota PPNI Kota ini sudah terserap di banyak fasilitas kesehatan, bahkan di luar Kota Sukabumi. Tiap tahun ada 3 perguruan tinggi yang memproduksi kurang lebih 300 perawat baru, dan itu langsung kita bina untuk peningkatan kapasitas dan kemampuannya,” pungkas Irawan.

Musda VI PPNI Kota Sukabumi ini dihadiri oleh pengurus wilayah Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dan perwakilan dari sejumlah rumah sakit di wilayah Kota Sukabumi, termasuk mahasiswa keperawatan dari sejumlah kampus di Kota Sukabumi.

(adv)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)