Bapena PPNI, Kota Sukabumi Kini Punya Perawat Penanggulangan Bencana

Selasa 24 Januari 2023, 12:45 WIB
Wali Kota Achmad Fahmi dalam rakerda 1 /2023 PPNI Kota Sukabumi, yang resmi membentuk regu perawat penanggulangan bencana (Sumber: dokpim)

Wali Kota Achmad Fahmi dalam rakerda 1 /2023 PPNI Kota Sukabumi, yang resmi membentuk regu perawat penanggulangan bencana (Sumber: dokpim)

SUKABUMIUPDATE.com - Elemen penanggulangan bencana di Kota Sukabumi bertambah. PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kota Sukabumi resmi membentuk badan penanggulangan bencana (Bapena).

Perawat tanggap bencana ini akan berkolaborasi dengan elemen penanggulangan kebencanaan lainnya seperti BPBD dan PMI. Perawat Bapena ini resmi dibentuk dalam Rapat Kerja Daerah 1 Tahun 2023 PPNI Kota Sukabumi, di Hotel Santika, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (24/1/2023).

Dalam Sambutannya, Ketua DPD PPNI Kota Sukabumi, Irawan Danismaya menyampaikan Rapat Kerja Daerah ini adalah amanah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi, dengan tema sinergi dan kolaborasi, kita akan menguatkan kolaborasi.

Baca Juga: PPNI Sayangkan Keputusan Pemerintah Potong Insentif Nakes Saat Pandemi

Irawan mengatakan kejadian gempa di Cianjur dengan banyak korban luka dan jiwa menjadi pembelajaran penting untuk semua. Dari sini PPNI Kota Sukabumi membentuk Badan Penanggulangan Bencana, agar dapat ikut serta dalam mitigasi dan tanggap darurat, secepatnya menolong korban bencana alam.

“Kami PPNI membentuk Bapena sebagai respon dari kejadian gempa cianjur. Bapena adalah regu perawatan yang akan diterjunkan ke lokasi bencana di 10 hari pertama. Tugas utama menangani korban selamat, yang cedera. Bapena akan melakukan kegiatan pra bencana, intra bencana, dan pasca bencana,” beber Irawan.

Dalam kesempatan ini regu Bapena PPNI Kota Sukabumi resmi dilantik. Selain itu juga diadakan mendeklarasikan kerjasama antara Bapena PPNI Kota Sukabumi dengan BPBD, dan PMI, untuk selalu bergerak bersama saat bencana datang.

Baca Juga: Sebulan 47 Nakes di Kota Sukabumi Positif, PPNI: Diongkosi Masuk Kamar Covid-19 Kalau Mau Tahu

Selain soal pembentukan Bapena PPNI Kota Sukabumi, dalam kesempatan itu Irawan Danismaya juga membahas isu kesejahteraan bagi para para perawat Kota Sukabumi. Organisasi yang berdiri secara resmi sejak 17 Maret 1974 ini memiliki visi dan misi yaitu Kuat, Bermartabat, dan Sejahtera. PPNI Kota Sukabumi ini menjadi wadah perawat-perawat di Kota Sukabumi untuk mengasah diri agar selalu bisa memberikan pelayan terbaik untuk masyarakat.

Deklarasi kolorasi penanganan bencana bersama antara Bapena PPNI Kota Sukabumi, PMI dan BPBD Kota Sukabumi,Deklarasi kolorasi penanganan bencana bersama antara Bapena PPNI Kota Sukabumi, PMI dan BPBD Kota Sukabumi,

“Kita Kuat karena kita loba (banyak), ada 2117 perawat tahun ini. Bermartabat karena disegani akan prestasi dalam memberikan manfaat bagi warga Kota Sukabumi, Lalau sejahtera, dimana kita harus memberikan pelayanan terbaik bagi anggota.” Kata Irawan kepada sukabumiUpdate.com disela acara tersebut.

Selain pimpinan dan seluruh anggota. rapat kerja daerah 1 tahun 2023 PPNI Kota Sukabumi ini turut dihadiri Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, serta para pimpinan rumah sakit di Kota Sukabumi, kepala dinas kesehatan, pimpinan perguruan tinggi di Kota Sukabumi, dan perwakilan dari mitra-mitra PPNI Kota Sukabumi, seperti Koperasi Karyawan, PT Farmasi.

Baca Juga: PPNI: 67 Perawat di Sukabumi Positif Corona Selama Pandemi, 2 Meninggal

Walikota Achmad Fahmi dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga terhadap pembentukan Badan Penanggulangan Bencana PPNI Kota Sukabumi. Ia juga mengapresiasi kinerja para perawat di Kota Sukabumi yang senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Reporter: Saddam (Magang)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)
Sukabumi08 Mei 2024, 19:37 WIB

Mau Jadi Duta Baca Kabupaten Sukabumi 2024, Cek Syaratnya di Sini

Pendaftaran Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 dibuka, berikut kriteria dan syaratnya.
Finalis Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2023. (Sumber : Istimewa)
Gadget08 Mei 2024, 19:30 WIB

Sering Dapat Telepon dari Nomor Tidak Dikenal? Begini Cara Blokirnya di HP Android atau iPhone

Anda dapat memblokir nomor tidak dikenal secara otomatis atau manual di Android dan iPhone.
Ilustrasi - Anda dapat memblokir nomor tidak dikenal secara otomatis atau manual di Android dan iPhone. (Sumber : Freepik.com/@vecstock).
Life08 Mei 2024, 19:15 WIB

7 Langkah yang Bisa Dilakukan Orang Tua Untuk Menghindari Memanjakan Anak

Membesarkan anak yang tidak manja berarti kita menikmati kebersamaan dengan mereka dengan lebih sedikit konflik dan lebih banyak kesenangan.
Ilustrasi menghindari memanjakan anak (Sumber : pexels.com/ @PolesieToys)
Sehat08 Mei 2024, 19:00 WIB

Mengenal Apa Itu Penyakit Jantung: 5 Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Penyakit jantung tidak boleh dianggap sepele, karena sangat mengancam jiwa.
Ilustrasi seseorang terkenan serangan jantung - Penyakit jantung tidak boleh dianggap sepele, karena sangat mengancam jiwa.. (Sumber : Freepik/jcomp)
Jawa Barat08 Mei 2024, 18:45 WIB

Jamin PPDB Jabar 2024 Bersifat Terbuka dan Adil, Pj Gubernur: Tak Ada ‘Titip Titipan’

Pendaftaran PPDB Jabar 2024 tahap 1 dimulai tanggal 3 Juni 2024. Pemprov Jabar deklarasikan bersih, berkualitas, dan berintegritas.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin berbincang dengan pelajar saat acara Kick Off Penerimaan PPDB 2024 (Sumber : Biro Adpim Pemprov Jabar)
Sukabumi08 Mei 2024, 18:23 WIB

Keluarga Akui Tidak Tahu Ibu Pembuang Bayi di Sukabumi Hamil Sepulang dari Dubai

Bayi laki-laki baru dilahirkan yang ditemukan warga telah resmi diserahkan kepada pihak keluarga dari ibu sang bayi oleh pihak Puskesmas dan Forkopimcam Gunungguruh Kabupaten Sukabumi
Penyerahan bayi ke pihak keluarga di Puskesmas Gunungguruh Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life08 Mei 2024, 18:15 WIB

Bunda Perlu Tahu, 7 Tips Mengajari Balita Tata Cara Makan yang Baik

Ingatkan balita bahwa tata krama makan yang baik, seperti tata krama pada umumnya, seperti bersikap hormat dan menunjukkan rasa terima kasih atas suatu makanan
Ilustrasi tata cara makan yang baik pada balita (Sumber : pexels.com/@AlexGreen)