7 Bangunan Rusak Akibat Ledakan Gas CNG di Sukabumi, Warga Tuntut Ganti Rugi

Rabu 29 November 2023, 17:24 WIB
Warga menunjuk salah satu bangunan yang rusak terdampak ledakan tabung gas CNG di Cibadak Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)

Warga menunjuk salah satu bangunan yang rusak terdampak ledakan tabung gas CNG di Cibadak Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah bangunan di pinggir ruas Jalan Raya Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kampung Lodaya, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dilaporkan rusak terdampak ledakan tabung gas CNG (compressed natural gas). Tabung gas CNG itu meledak saat tengah diangkut sebuah truk pada Senin sore 27 November 2023 lalu.

Diketahui, saat ini aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab ledakan yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan tujuh orang luka-luka tersebut. Adapun pantauan sukabumiupdate.com di lokasi, Rabu (29/11/2023), terpantau ada empat bangunan yang rusak telah dipasangi garis polisi.

Salah seorang warga sekitar, Toni Kamanjaya (47 tahun) mengatakan, total ada tujuh bangunan yang mengalami kerusakan, terdiri dari dua rumah warga dan lima tempat usaha. Mereka yang terdampak kini menuntut rugi kepada pihak perusahaan tabung gas CNG tersebut.

"Akibat ledakan gas CNG, tujuh bangunan di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) mengalami kerusakan, terutama pada jendela, atap, langit-langit plafon, dan dinding. Dua rumah warga dan lima tempat usaha, seperti rumah makan padang, pecel lele, kafe, konter handphone, dan toko baju, menjadi korban," ujar Tony kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: 2 Tabung Terbang dan 1 Masih Dicari, Puslabfor Ikut Periksa Ledakan Gas di Sukabumi

Akibat ledakan tersebut, Jalan Gang Lodaya I sebagai akses maupun alternatif warga atau pengguna roda dua ke wilayah Nagrak harus ditutup sementara dengan menggunakan bangku kursi. Hal itu karena masih adanya serpihan kaca yang belum dibersihkan.

Lebih lanjut Tony menuturkan, dari sejumlah bangunan yang terdampak, kafe menjadi yang paling parah dengan atap yang ambrol dan kaca pecah.

"Namun, rumah makan padang tetap beroperasi, tapi kedai pecel lele, toko baju, dan kafe tutup total karena peralatan rusak parah," jelasnya.

Menurut Tony, warga yang bangunannya terdampak ledakan berharap agar perusahaan gas segera bertanggung jawab dan memberikan ganti rugi, terutama untuk merehabilitasi tempat usaha.

"Mereka menyadari bahwa selain merusak bangunan, ledakan ini juga menghentikan pendapatan mereka selama dua hari. Hingga saat ini, warga tetap menuntut agar pihak perusahaan gas segera memberikan ganti rugi kepada mereka yang terdampak ledakan tabung gas CNG," pungkasnya.

Baca Juga: KNKT Investigasi Insiden Ledakan Gas CNG Maut di Cibadak Sukabumi

Sebelumnya diberitakan, Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri turun tangan ikut memeriksa secara laboratorium terhadap tabung gas CNG yang meledak tersebut.

Pada saat kejadian, total ada 20 tabung CNG yang diangkut truk Isuzu pelat kuning nomor polisi B 9496 SYX dari Citeureup, Kabupaten Bogor, menuju Kabupaten Cianjur. Dua tabung lalu meledak sekira pukul 17.35 WIB saat lalu lintas padat. Sedangkan satu tabung yang hilang diduga akibat terpental jauh saat ini masih dilakukan pencarian oleh pihak kepolisian.

“Pada pagi ini kami sengaja mendatangkan Tim Puslabfor dari Bareskrim Mabes Polri guna melakukan pemeriksaan dalam rangka penyelidikan atas terjadinya peristiwa ledakan tabung gas yang menimbulkan korban jiwa, tentunya kegiatan dari Tim Puslabfor ini sebagai komitmen kami dalam upaya segera mengungkap apa yang menjadi penyebab pasti terjadinya peristiwa ledakan tabung gas yang terjadi di Cibadak,” Kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, Rabu (29/11/2023).

Hingga saat ini, lanjut Maruly, para penyidik Satuan Reskrim Polres Sukabumi telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang saksi serta mengamankan beberapa kendaraan baik roda empat maupun roda dua termasuk 19 tabung gas CNG.

“Semua Aspek kita akan periksa dengan menerapkan pola Scientific Investigation dari mulai Tempat Kejadian Perkara, tabung gas, kendaraan dan outopsi terhadap korban,” tegasnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP Ali Jufri menepis adanya kabar bahwa tabung gas yang meledak tersebut sudah kadaluarsa.

“Setelah dilakukan pemeriksaan didampingi tekhnisi, hasil sementara tidak ada tabung gas yang kadaluarsa, dari 19 jumlah tabung yang dilakukan pemeriksaan ditemukan sebanyak 18 tabung produksi tahun 2021 dan akan expire pada tahun 2036 dan 1 tabung diproduksi tahun 2022 dan akan expire pada tahun 2037,” jelas Ali

Ali Jufri juga menerangkan, selain mengakibatkan 2 korban jiwa dan 7 luka, ledakan tabung gas di Cibadak ini juga menyebabkan kerusakan terhadap beberapa kendaraan, tempat jualan, rumah warga hingga toko yang dekat dengan lokasi ledakan tabung gas.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kapolres, kami segera akan mengungkap kasus ini apalagi saat ini kegiatan penyelidikan kami sudah dibantu tim Puslabfor Mabes Polri,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 17:34 WIB

DPRD Sukabumi Harap PPK Pilkada 2024 Dapat Bekerja dengan Sukses Tanpa Ekses

Usep menjelaskan bahwa kesuksesan PPK adalah kunci dalam menjalankan demokrasi yang baik dan adil untuk memilih pemimpin Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat
Anggota DPRD Usep Wawan berfoto bersama Bupati Sukabumi, Ketua KPU, Forkopimda dan PPK Pilkada 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik17 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Saturn Sza yang Viral di TikTok

Lagu Saturn dari Sza banyak diputar sebagai backsound video galau yang  viral di TikTok hingga Instagram.
SZA, penyanyi yang mempopulerkan lagu Kill Bill | Foto: Instagram/@sza
Sehat17 Mei 2024, 16:00 WIB

5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup.
Ilustrasi - Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 15:45 WIB

5 Manfaat Bermain Pura-pura yang Dapat Mengembangkan Imajinasi Anak-anak

Dari memupuk kreativitas hingga mendorong pertumbuhan sosial dan emosional anak, bermain pura-pura atau permainan imajinatif bermanfaat karena berbagai alasan.
Ilustrasi anak-anak yang sedang memainkan permainan pura-pura (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life17 Mei 2024, 15:15 WIB

9 Manfaat Kesehatan Menyusui Bayi Bagi Ibu, Salah Satunya Menurunkan Resiko Kanker

ASI memiliki berbagai manfaat bagi si kecil. Tetapi, menyusui juga berdampak baik pada Ibunya
manfaat kesehatan memberikan ASI pada Bayi bagi seorang Ibu (Sumber : Pexels.com/@AnnaShvets)
Nasional17 Mei 2024, 15:01 WIB

Ini Harta Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Disindir Hidup Bermewah-mewahan

Ketua KPU Hasyim As'yari disindir anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony soal gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Istimewa
Inspirasi17 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life17 Mei 2024, 14:45 WIB

Dapat Melindungi Dari Penyakit, Berikut 8 Manfaat Luar Biasa ASI Bagi Bayi

Menyusui memiliki berbagai manfaat bagi bayi, salah satunya adalah dapat melindungi si kecil dari penyakit
Ilustrasi manfaat memberikan ASI kepada bayi yang bisa dijauhkan dari penyakit (Sumber : Freepik.com/@bristekjegor)
Sukabumi17 Mei 2024, 14:37 WIB

Rekonstruksi Pembunuhan di Citepus Sukabumi: Ceceu Ditusuk Pisau Ditenggorokan

Satreskrim Polres Sukabumi merekonstruksi kasus pembunuhan Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun), seorang asisten rumah tangga (pembantu). Ceuceu ditemukan tewas bersimbah darah di rumah majikanya, pada Sabtu (4/5/2024) lalu.
Adi (20 tahun), tersangka pembunuhan saat rekonstruksi | Foto : Ilyas Supendi
Life17 Mei 2024, 14:30 WIB

Anak Minum ASI 2 Tahun Penuh: Ini Manfaat Kesehatan, Emosional hingga Ekonomi!

WHO dan UNICEF merekomendasikan menyusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama dan melanjutkan menyusui hingga usia 2 tahun atau lebih, bersama dengan pemberian makanan pendamping ASI.
Ilustrasi. Breastfeeding. Manfaat Minum ASI Selama 2 Tahun Penuh untuk Anak (Sumber : Freepik/@freepik)