Susuri Sungai Cimandiri, Pemkab Investigasi Sumber Sampah Pantai Loji Sukabumi

Sabtu 07 Oktober 2023, 14:13 WIB
Pemkab Sukabumi dan Forkopimda terjun langsung menyusuri Sungai Cimandiri dalam rangka memastikan sumber sampah Pantai Loji Cibutun | Foto : Ilyas Supendi

Pemkab Sukabumi dan Forkopimda terjun langsung menyusuri Sungai Cimandiri dalam rangka memastikan sumber sampah Pantai Loji Cibutun | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi lakukan penyusuran sungai Cimandiri, guna mengetahui penyebab terjadinya penumpukan sampah di pesisir Pantai Loji, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Sabtu (7/10/2023).

"Kami jajaran forkopimda ingin mengetahui kondisi dari muara sungai Cimandiri ini, karena ada di beberapa sungai-sungai yang ada di Kabupaten Sukabumi muaranya ke sini, hampir 75% ada di sini," ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang turun langsung turut menyusuri sungai. 

Marwan mengatakan, setelah dilakukan penyusuran sungai di Cimandiri pihaknya tidak menemukan adanya permasalahan yang sedang viral bahwa terdapat tumpukan sampah kain.

Baca Juga: Cerita Lengkap Heboh Perempuan di Ujunggenteng Sukabumi Melahirkan Tanpa Hamil

"Kita telusuri, dan kalau dilihat secara hamparan yang kita lihat semua clear, tidak ada persoalan-persoalan seperti yang viral sampah yang terjadi di Cibutun dengan tumpukan sampah garmen atau sampah bekas kain itu. Jadi di sini hanya terlihat sampah sampah warga yang sifatnya insedentil atau masif," jelas Marwan.

Marwan menjelaskan, pihknya menghimbau kepada masyarakat yang berada di sepanjang Sungai Cimandiri agar tidak menbuang sampah ke sungai. Kata Marwan, dengan adanya permasalahan sampah yang berada di Pantai Loji tidak ada permasalahan dengan kehadirannya PLTU Palabuhanratu.

"Untuk masyarakat supaya tidak lagi membuang ke sungai untuk sama-sama kita memelihara alam dan terutama juga sungai Cimandiri ini, jadi jangan sampai nanti masyarakat atau umum mempersalahkan juga termasuk ke PLTU, karena akibat dari adanya PLTU terjadi seperti ini," ucap Marwan.

Baca Juga: Kenali 8 Penyebab dan Cara Mengatasi HP yang Sering Cepat Panas

Marwan menegaskan bahwa sampah yang berada di pantai Loji tersebut bukan berasal dari Sungai Cimandiri melainkan dari laut.

"Ini sampah dari laut, bukan dugaan lagi, dari mana lagi, karena debit yang ada di sungai ini kita cermati dan juga di hulunya yaitu tidak terindikasi ada buangan-buangan yang seperti didapatkan sampah di Cibutun," jelas Marwan.

"Kemudian juga teman-teman di sekitar kita dan yang selama ini juga hidupnya di laut juga, kalau sedang bekerja dilaut kalau melihat ada yang buang-buang karung atau apa agar melaporkan," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede mengatakan, pihaknya tengah mendalami penyebab terjadinya timbunan sampah yang didominasi oleh sampah kain di Pantai Cibutun.

"Pengecekan yang dilakukan hari ini menjadi bahan kami untuk melakukan langkah berikutnya untuk dilakukan investigasi," singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)