4 Hari Bebersih Pantai Loji, Kodim 0622 dan Pemkab Sukabumi Juga Ajak Pandawara

Selasa 03 Oktober 2023, 22:33 WIB
Pesisir pantai Cibutun Loji Sukabumi menjadi 'lautan' sampah. Aksi clean up dalam rangka HUT TNI ke 78 akan berlangsung mulai 4 Oktober 2023. (Sumber : SU/Ilyas)

Pesisir pantai Cibutun Loji Sukabumi menjadi 'lautan' sampah. Aksi clean up dalam rangka HUT TNI ke 78 akan berlangsung mulai 4 Oktober 2023. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Pembersihan Pantai Cibutun Loji dan Talanca di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, yang dipenuhi hamparan sampah menjadi agenda dalam rangkaian HUT TNI ke-78. Dalam momen tersebut, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dan Pemkab Sukabumi mengajak semua elemen masyarakat termasuk Pandawara Grup untuk ikut terlibat.

Hal itu disampaikan Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo. Menurutnya, karya bakti TNI dengan aksi clean up di Pesisir Loji tersebut akan dilaksanakan pada 4-7 Oktober 2023.

Berdasarkan Rapat Koordinasi yang digelar pada Senin 2 Oktober 2023 kemarin, Anjar menyebut estimasi prajurit yang akan dikerahkan kurang lebih 300 hingga 350 orang. Jumlah tersebut masih akan dibantu oleh unsur Polri dan masyarakat yang dikoordinasikan sejumlah perangkat daerah Pemkab Sukabumi.

Baca Juga: 4 Hari dari 4 Oktober, Bebersih Pantai Loji Sukabumi Jadi Rangkaian HUT TNI ke 78

"Kemudian dari sekolah, karang taruna dan sebagainya insyaallah siap bergabung," ujar Anjar kepada sukabumiupdate.com melalui sambungan telpon, Selasa (3/10/2023).

Tak hanya itu, lanjut Anjar, Pandawara Grup pun ikut diundang dalam aksi bersih-bersih pantai yang termasuk di wilayah Desa Sangrawayang dan Loji tersebut.

"Untuk Pandawara sendiri kemarin saya coba hubungi, jadi mau mengajak koordinasi, untuk melaksanakan aksi bersih bersih bersama. Kan mereka kemarin bilang akan melaksanakan bersih sendiri tanggal 6 dan 7 (Oktober) cuman saya sampaikan kemarin dengan pertimbangan-pertimbangan sehingga kita majukan tanggal 4 dengan harapan waktu lebih banyak biar maksimal," ungkapnya.

Anjar menjelaskan dalam aksi bersih-bersih pantai tersebut tidak hanya dengan alat manual saja namun menggunakan alat berat.

"Untuk alat berat sendiri yang dari sementara ada lima yang terkonfirmasi, kemudian ada tambahan lagi dari PT GMB, rencana insyallah ada enam (alat berat). Nah tadi kita sudah coba mulai kerja hari ini satu alat saja dengan BC 75 (backhoe ukuran kecil) lumayan lah udah terbuka, makanya sasaran kita gunung gunung sampah itu kita dorong," kata Anjar.

Baca Juga: Respons Pandawara usai Video Ajakan Clean Up Pantai Loji Sukabumi Tuai Polemik

Adapun terkait kendalanya, kata Anjar, yaitu hanya terkait teknis dalam pengangkutan sampah ke truk saja. "Karena jalan masuk ke pantai sempit, makanya kita atur agar sampah di pantai itu bisa di angkut," tandasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri mengatakan, dalam kegiatan ini tentu pemkab dan Kodim mengundang Pandawara Grup.

"Untuk bergabung karena mereka yang awalnya punya ide dan gagasan," kata pria yang akrab disapa Bima itu kepada sukabumiupdate.com via pesan WhatsApp.

Bima menyebut, momentum bersih bersih pantai ini sekaligus memperingati HUT TNI ke-78. Sehingga semua elemen akan melaksanakan bersih-bersih pantai dari 4-7 Oktober 2023 mendatang.

"Besok jam 7 pagi dimulainya, dipimpin pak Dandim karena sebagai momentum HUT TNI," jelasnya.

Bima berharap, acara ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Nantinya peserta aksi bukan hanya unsur TNI, Polri, Pemda, sejumlah organisasi kemasyarakatan, komunitas dan penggiat lingkungan melainkan hingga pelajar dan masyarakat turut serta.

Petugas gabungan juga, lanjut Bima, telah melakukan peninjauan ke lokasi kegiatan di Pantai Cibutun-Talanca. Hasilnya dari pantauan, untuk memaksimalkan kegiatan bersih bersih pantai sejumlah sarana prasarana kebersihan akan di terjunkan termasuk alat berat

"Kalau dilihat dari kondisi pantai sekarang ini harus menerjunkan alat berat dan truk pengangkut sampah. Selain itu sarana prasarana kebersihan lainnya seperti garpu sampah, Cangkul, dan trash bag," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Juni 2024, 15:30 WIB

11 Aturan Makan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Dengan mengikuti aturan makan ini, penderita kolesterol tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Makanan Sehat. Simak Aturan Makan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Bantu Jaga Kesehatan Jantung (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Sukabumi18 Juni 2024, 15:08 WIB

Traffic Light Roboh Belum Ditangani, Bahayakan Pengendara di Palabuhanratu Sukabumi

Lampu lalu lintas di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tidak berfungsi.
Kondisi traffic light di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juni 2024, 15:05 WIB

Dijuluki Timnas Pusat di Euro 2024, Kisah Pesepak Bola Sukabumi Jadi Kapten Belanda

Salah satu pesepak bola Belanda zaman dulu ternyata berasal dari Sukabumi.
Timnas Belanda di Euro 2024. | Foto: Instagram/@oranje_indonesia
Inspirasi18 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)
Science18 Juni 2024, 14:13 WIB

Waspada Ombak hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan, BMKG Buka Datanya

Pola angin menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter.
Kondisi perahu nelayan yang rusak diterjang ombak tinggi di perairan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 14:00 WIB

2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Ngô Trọng An).
DPRD Kab. Sukabumi18 Juni 2024, 13:40 WIB

Kurban Sapi 500 Kg, Anggota DPRD Sukabumi: Idul Adha Bermakna Keikhlasan Berjuang

Andri menyebut Idul Adha ini adalah momen untuk mengambil hikmah.
Hewan kurban anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana pada Senin, 17 Juni 2024 di Kampung Ciloa, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 13:30 WIB

10 Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Dengan mengikuti aturan makan karbohidrat yang sehat, penderita diabetes dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap aman dan mengurangi risiko komplikasi.
Ilustrasi. Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman (Sumber : Freepik/@jcomp)