4 Hari Bebersih Pantai Loji, Kodim 0622 dan Pemkab Sukabumi Juga Ajak Pandawara

Selasa 03 Oktober 2023, 22:33 WIB
Pesisir pantai Cibutun Loji Sukabumi menjadi 'lautan' sampah. Aksi clean up dalam rangka HUT TNI ke 78 akan berlangsung mulai 4 Oktober 2023. (Sumber : SU/Ilyas)

Pesisir pantai Cibutun Loji Sukabumi menjadi 'lautan' sampah. Aksi clean up dalam rangka HUT TNI ke 78 akan berlangsung mulai 4 Oktober 2023. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Pembersihan Pantai Cibutun Loji dan Talanca di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, yang dipenuhi hamparan sampah menjadi agenda dalam rangkaian HUT TNI ke-78. Dalam momen tersebut, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dan Pemkab Sukabumi mengajak semua elemen masyarakat termasuk Pandawara Grup untuk ikut terlibat.

Hal itu disampaikan Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo. Menurutnya, karya bakti TNI dengan aksi clean up di Pesisir Loji tersebut akan dilaksanakan pada 4-7 Oktober 2023.

Berdasarkan Rapat Koordinasi yang digelar pada Senin 2 Oktober 2023 kemarin, Anjar menyebut estimasi prajurit yang akan dikerahkan kurang lebih 300 hingga 350 orang. Jumlah tersebut masih akan dibantu oleh unsur Polri dan masyarakat yang dikoordinasikan sejumlah perangkat daerah Pemkab Sukabumi.

Baca Juga: 4 Hari dari 4 Oktober, Bebersih Pantai Loji Sukabumi Jadi Rangkaian HUT TNI ke 78

"Kemudian dari sekolah, karang taruna dan sebagainya insyaallah siap bergabung," ujar Anjar kepada sukabumiupdate.com melalui sambungan telpon, Selasa (3/10/2023).

Tak hanya itu, lanjut Anjar, Pandawara Grup pun ikut diundang dalam aksi bersih-bersih pantai yang termasuk di wilayah Desa Sangrawayang dan Loji tersebut.

"Untuk Pandawara sendiri kemarin saya coba hubungi, jadi mau mengajak koordinasi, untuk melaksanakan aksi bersih bersih bersama. Kan mereka kemarin bilang akan melaksanakan bersih sendiri tanggal 6 dan 7 (Oktober) cuman saya sampaikan kemarin dengan pertimbangan-pertimbangan sehingga kita majukan tanggal 4 dengan harapan waktu lebih banyak biar maksimal," ungkapnya.

Anjar menjelaskan dalam aksi bersih-bersih pantai tersebut tidak hanya dengan alat manual saja namun menggunakan alat berat.

"Untuk alat berat sendiri yang dari sementara ada lima yang terkonfirmasi, kemudian ada tambahan lagi dari PT GMB, rencana insyallah ada enam (alat berat). Nah tadi kita sudah coba mulai kerja hari ini satu alat saja dengan BC 75 (backhoe ukuran kecil) lumayan lah udah terbuka, makanya sasaran kita gunung gunung sampah itu kita dorong," kata Anjar.

Baca Juga: Respons Pandawara usai Video Ajakan Clean Up Pantai Loji Sukabumi Tuai Polemik

Adapun terkait kendalanya, kata Anjar, yaitu hanya terkait teknis dalam pengangkutan sampah ke truk saja. "Karena jalan masuk ke pantai sempit, makanya kita atur agar sampah di pantai itu bisa di angkut," tandasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri mengatakan, dalam kegiatan ini tentu pemkab dan Kodim mengundang Pandawara Grup.

"Untuk bergabung karena mereka yang awalnya punya ide dan gagasan," kata pria yang akrab disapa Bima itu kepada sukabumiupdate.com via pesan WhatsApp.

Bima menyebut, momentum bersih bersih pantai ini sekaligus memperingati HUT TNI ke-78. Sehingga semua elemen akan melaksanakan bersih-bersih pantai dari 4-7 Oktober 2023 mendatang.

"Besok jam 7 pagi dimulainya, dipimpin pak Dandim karena sebagai momentum HUT TNI," jelasnya.

Bima berharap, acara ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Nantinya peserta aksi bukan hanya unsur TNI, Polri, Pemda, sejumlah organisasi kemasyarakatan, komunitas dan penggiat lingkungan melainkan hingga pelajar dan masyarakat turut serta.

Petugas gabungan juga, lanjut Bima, telah melakukan peninjauan ke lokasi kegiatan di Pantai Cibutun-Talanca. Hasilnya dari pantauan, untuk memaksimalkan kegiatan bersih bersih pantai sejumlah sarana prasarana kebersihan akan di terjunkan termasuk alat berat

"Kalau dilihat dari kondisi pantai sekarang ini harus menerjunkan alat berat dan truk pengangkut sampah. Selain itu sarana prasarana kebersihan lainnya seperti garpu sampah, Cangkul, dan trash bag," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 13:31 WIB

5 Sikap Sederhana yang Membuat Anda Semakin Berwibawa di Mayarakat, Ini Rahasianya!

Sikap yang dilakukan orang bisa menjadi alasan orang lain memandangnya berwibawa, sehingga rasa hormat dan keseganan itu nyata adanya.
Ilustrasi. Sikap yang membuat orang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Ono Kosuki
Life28 April 2024, 13:30 WIB

Menghabiskan Waktu Bersama, Terapkan 6 Cara Kecil Ini Agar Anak Merasa Istimewa

Ada cara sederhana namun ampuh untuk memastikan semua anak Anda merasa istimewa.
Ilustrasi. Cara membuat anak merasa istimewa. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 13:25 WIB

Larang Nobar Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, MNC Group Umumkan Aturannya

Pegang hak siar, MNC Group tegaskan larangan nobar kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Pelanggar diancam penjara dan denda.
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : pssi.org)
Life28 April 2024, 13:00 WIB

Apa Itu Baperan? Berikut 8 Cara Menghilangkan Sifat Tersebut!

Siapa yang tak pernah merasakan kebaperan? Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami perasaan yang terlalu sensitif atau mudah tersinggung terhadap hal-hal kecil.
Ilustrasi. Anak baperan. Sumber : pixabay/adjusty22
Science28 April 2024, 12:45 WIB

Sukabumi Skala IV-V MMI, Dampak Gempa M6.2 Laut Garut Wilayah Selatan Jawa Barat

Menurut BMKG, ukuran gempa mengacu pada skala Mercalli yang merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.
Gempa M6,2 Laut Garut di Wilayah Selatan Jawa Barat pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 12:00 WIB

10 Tips Jitu Meredakan Emosi Agar Makin Sabar dan Terkendali

Artikel ini akan membahas beberapa strategi praktis untuk mengelola dan meredam emosi yang sedang memuncak, sehingga kita dapat tetap tenang dan terkendali dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.
Ilustrasi. Lonjakan Emosi. Sumber : pixabay/noone09
Life28 April 2024, 11:43 WIB

Tobat Sebelum Terlambat, 6 Tanda Hati Kamu Masih Kotor Menurut Islam!

Orang yang berhati kotor biasanya lantaran masih menyimpan penyakit hati. Ini merupakan tanda dari level manusia.
Ilustrasi. Tanda orang yang berhati kotor. | Sumber foto : Pexels/SHVETS production
Sukabumi Memilih28 April 2024, 11:30 WIB

Penjaringan Bacabup Sukabumi dari Golkar Masih Berlangsung, Deklarasi Asjap Dinilai Terlalu Dini

Deklarasi Asep Japar atau Asjap sebagai calon Bupati Sukabumi oleh Golkar Kabupaten Sukabumi dinilai terlalu dini.
Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa
Life28 April 2024, 11:30 WIB

Coba Terapkan, Ini 6 Hal yang Dapat Dilakukan Agar Anak Lebih Mandiri

Mengajari anak tentang kemandirian adalah kuncinya. Meskipun itu tidak mudah. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membantu si kecil menjadi lebih mandiri.
Ilustrasi. Tips membuat anak lebih mandiri. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)