Tak Terimbas Kekeringan, Ini Penampakan Hijau Sawah di Cimanggu Sukabumi

Rabu 20 September 2023, 20:26 WIB
Tak terpengaruh kemarau, inilah potret hijau persawahan di Kampung Tipar, Desa Sukamanah, Cimanggu, Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Tak terpengaruh kemarau, inilah potret hijau persawahan di Kampung Tipar, Desa Sukamanah, Cimanggu, Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Dampak dari kemarau panjang, beberapa wilayah di Pajampangan mengalami kesulitan air. Jangankan untuk pertanian, bahkan untuk kebutuhan rumah tangga; cuci, mandi dan lainnya sangat sulit.

Namun tidak semua wilayah di Pajampangan mengalami kekeringan. Seperti di Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi. Para petani di tempat ini, saat ini sedang menunggu panen tanam ketiga, bahkan sudah ada yang mulai panen. 

Kepala Desa Sukamanah, Rahmat Kurnia mengatakan para petani disini, sangat terbantu dengan adanya irigasi dari program P3A, dengan menyambungkan ke Daerah Irigasi (DI) Ciawitali, Sungai Ciawitali. 

Baca Juga: Bertemu Keluarga KH A Sanusi di Sukabumi, Anies Bicara Dulu Tumbangkan Penjajah

"Dengan adanya irigasi P3A, lahan persawahan bisa ditanam sampai tiga kali, dengan persediaan air cukup, kendati saat ini musim kemarau," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (20/9/2023).

Rahmat menjelaskan, lahan persawahan yang masih produktif disaat musim kemarau berada di Kampung Tipar, Kampung Cimidua, Kampung Cibeber Girang, dan Kampung Surupan. Bahkan, tutur Rahmat, di Kampung Surupan sudah panen dua minggu yang lalu sekitar 50 hektar. Di Kampung Tipar dengan luas 50 hektar padi masih berusia dua bulan, serta di Kampung Cibeber Girang luas 50 hektar. "Di Kampung Cidua, petani  baru menanam lagi sekitar 30 hektar," imbuhnya.

Menurut Rahmat, Irigasi Ciawitali mampu memenuhi kebutuhan air untuk mengairi pesawahan hingga panen nanti. Apalagi menurutnya, Kelompok Tani Sukahati dengan ketuanya Ridwan, sangat proaktif, untuk membagi air di beberapa kampung yang sedang menanam padi.

Baca Juga: Intip Harta Kekayaan Kusmana Hartadji, Pj Wali Kota Sukabumi yang Baru Dilantik

Rahmat mengakui ada dua kedusunan yang memang tidak bisa menanam padi akibat terdampak kekeringan. Yaitu Dusun III Cibengang, dan Dusun IV Cipanengah. "Kalau persedian air untuk kebutuhan mandi, nyuci, dan lain lain, masih cukup. Hanya tidak bisa bercocok tanam saja," tuturnya.

Kepala UPTD Pertanian Jampangkulon, Yaya Kuswaya menambahkan, bahwa di daerah tersebut diatas memang sangat produktif. Menurut pemantauannya, bahkan ada satu kawasan persawahan yang bisa panen hingga 4 kali dalam setahun. "Di wilayah Desa Sukamanah, bahkan ada yang 3 kali hingga 4 kali panen dalam setahun," tandasnya.  

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat24 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Cara Menurunkan Tekanan Darah dengan Cepat Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah!

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika angka tekanan darah secara konsisten berkisar antara 140 atau lebih tinggi untuk sistolik atau 90 atau lebih tinggi untuk diastolik.
Ilustrasi. Cara menurunkan tekanan darah segera tanpa obat. (Sumber : Freepik.com)
Science24 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juni 2024, Cek Langit di Awal Pekan

Prediksi cuaca hari ini Senin 24 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - PPrediksi cuaca hari ini Senin 24 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi23 Juni 2024, 23:12 WIB

Ini Kronologi dan Fakta Video Viral Motor Terbakar di Simpang Cikidang Sukabumi

Sebuah video memperlihatkan sepeda motor terbakar di dekat TMC Simpang Cikidang, tepi jalan raya Nasional Sukabumi-Bogor, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, tersebar luas di aplikasi perpesanan.
Pemilik motor yang terbakar di TMC Simpang Cikidang Sukabumi | Foto : Ist
Life23 Juni 2024, 22:00 WIB

Simak! Ini 10 Tanda Kelelahan Pada Anak Berbakat yang Perlu Orang Tua Ketahui

Tanda kelelahan pada anak berbakat dapat dideteksi melalui beberapa poin dibawah ini.
Ilustrasi. Tanda kelelahan pada anak berbakat. Foto: Pexels.com/@Karolina Kaboompics
Inspirasi23 Juni 2024, 21:28 WIB

5 Langkah Mudah Memulai Bisnis dari Rumah

Artikel ini yang dilansir dari dimudahin.com akan memberikan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti untuk memulai bisnis dari rumah. Yuk, kita mulai!
Ilustrasi -  Memulai bisnis dari rumah adalah impian banyak orang (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)
Sukabumi23 Juni 2024, 21:14 WIB

Tamu Undangan Heboh, Kotak Uang Hajatan Diserbu Tawon di Ciemas Sukabumi

Video amatir yang berhasil direkam menunjukkan momen ketika sejumlah besar lebah madu menyergap kotak uang, lebah-lebah tersebut masuk ke dalamnya seolah-olah itu adalah sarang alami mereka.
Kotak uang hajat di serbu ribuan lebah madu di Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film23 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Pilihan Film Indonesia Juli 2024 dan Jadwal Tayangnya, Ada Romeo Ingkar Janji!

Berikut rekomendasi film Indonesia yang tayang Juli 2024 untuk Updaters!
Poster Film Romeo Ingkar Janji yang akan tayang Juli 2024. Foto: Instagram/@romeoingkarjanji
Life23 Juni 2024, 20:00 WIB

Mengenal Burnout Serta 7 Cara Mengatasi Kelelahan Pada Anak Berbakat

Burnout sering dikaitkan dengan kelelahan mental yang disebabkan oleh tekanan banyaknya pekerjaan. Burnout juga dapat dialami oleh anak berbakat.
Ilustrasi. Cara mengatasi kelelahan pada anak berbakat. Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Sukabumi Memilih23 Juni 2024, 19:58 WIB

Bakal Sengit, Menanti Adu Kesaktian Tiga Kandidat di Pilkada Kota Sukabumi

Dengan munculnya tiga kandidat yang memiliki latar belakang dan kekuatan yang berbeda-beda, Pilkada Kota Sukabumi 2024 diprediksi akan menjadi arena pertarungan sengit.
3 Bakal Calon Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, Achmad Fahmi, Ayep Zaki | Foto : Colase Sukabumi Update
Life23 Juni 2024, 18:05 WIB

Ingin Dicintai Karena Allah? Ini 8 Doa untuk Membuka Aura Wajah yang Bisa Dibaca!

Doa aura wajah bisa dibaca setiap selesai sholat dan ketika hendak tidur. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua.
Ilustrasi - Ilustrasi - Ingin Dicintai Karena Allah? Ini Doa Pembuka Aura Wajah yang Bisa Dibaca! (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)