Deretan Misteri Gunung Gede Pangrango, Hulu Wano na Pakuan

Kamis 11 Mei 2023, 18:45 WIB
Gunung Gede Pangrango menjadi salah satu gunung di Jawa Barat yang diselimuti banyak kisah misteri | Foto: gunungbagging.com

Gunung Gede Pangrango menjadi salah satu gunung di Jawa Barat yang diselimuti banyak kisah misteri | Foto: gunungbagging.com

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat setelah gunung Ciremai. Gunung Gede juga menjadi salah satu yang menjadi favorit para pendaki, selain karena memiliki jalur pendakian terbilang cukup mudah juga karena terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah.

Gede Pangrango merupakan dua gunung berbeda yang berada dalam satu kawasan gunung Gede memiliki ketinggian 2958 mdpl sementara Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3019 mdpl.

Hal ini juga yang menjadikan banyak pendaki memilih gunung ini karena bisa mendaki dua puncak gunung sekaligus.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Bunga Edelweis, Pertama Kali Ditemukan di Lereng Gunung Gede!

Namun, di balik keindahan gunung Gede Pangrango, seperti gunung lain di Indonesia gunung ini juga menyimpan sederet mitos yang menambah daya tariknya.

Menurut beberapa sumber, gunung api aktif ini bahkan telah tercatat dalam naskah kuno Sunda “Bujangga Manik”. dalam naskah tersebut gunung ini disebut sebagai “Hulu wano na Pakuan” yang berarti tempat tertinggi di Pakuan.

Bujangga manik sendiri merupakan pendeta yang berasal dari tanah Sunda dan memutuskan melakukan perjalanan mengunjungi tempat-tempat suci di Pulau Jawa yang diperkirakan hal itu terjadi pada akhir abad ke-15.

Baca Juga: Di Bawah Gunung Gede Pangrango, Kecamatan Sukabumi Tata Wisata untuk Pikat Turis

Menurut mitos yang beredar, Gunung ini dijaga oleh Eyang Jaya Kusuma. Selain itu, ada pula sosok yang menjadi penjaga kawasan Gede Pangrango yakni Eyang Jayarahmatan dan Mbah Kadog yang mendiami dua buah batu besar yang berada di kawasan Kebun Raya Cibodas.

Tak hanya itu, mitos lain yang banyak dipercaya di gunung ini yaitu adanya sebuah batu yang menyerupai pelana kuda yang terletak di sebelah timur alun-alun Suryakencana. Ya, tempat ini menjadi salah satu ikonik dari Gunung Gede Pangrango.

Di alun-alun Suryakencana terdapat batu besar mirip pelana kuda yang dipercaya sebagai patilasan Eyang Suryakencana putra Eyang Wiratanudatar yang merupakan pendiri Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Tempat Camping di Cianjur, Cocok Nikmati Dinginnya Udara Kaki Gunung Gede Pangrango

Mitos lain yang tak kalah populer yaitu tentang adanya suara langkah kaki kuda di sekitar alun-alun Suryakencana. Suara derap kaki kuda itu kerap didengar oleh warga lokal maupun para pendaki Gunung Gede Pangrango.

Alun-alun Suryakencana sendiri menjadi tempat yang disakralkan di gunung ini. Pasalnya di hutan sekitar alun-alun yang terkenal dengan keindahannya diketahui ada situs kuburan kuno yang dipercaya sebagai tempat bersemayam Prabu Siliwangi.

Kemudian, mitos lainnya yaitu di sekitar air terjun tepatnya di curug Cibeureum. Dimana di tengah-tengah air terjun ini ada petilasan makam Eyang Hajimintarsah yang konon katanya merupakan perwujudan seorang pertapa sakti.

Baca Juga: Kijang Terekam di Gunung Gede Pangrango, Pertanda Macan Tutul Masih Ada?

Itulah deretan mitos yang menyelimuti gunung Gede Pangrango dan masih dipercaya hingga saat ini. Kisah-kisah seputar gunung Gede itu terus menyebar dari mulut ke mulut, generasi ke generasi.

Terlepas dari mitos itu semua, Gunung Gede Pangrango merupakan tempat yang harus kita jaga kelestariannya.

Selain agar dapat dinikmati generasi yang akan datang juga untuk menjaga semua spesies langka baik hewan maupun tumbuhan yang ada di Gunung Gede Pangrango.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist
Sehat24 April 2024, 20:22 WIB

2 Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil, Simak Juga Cara Diagnosisnya Berikut Ini

Nyeri punggung bawah dan nyeri panggul adalah masalah paling umum yang terjadi selama kehamilan. jika Anda sedang hamil dan mengalami gejala-gejala ini, Anda tidak sendirian.
Ilustrasi penyebab sakit punggung ibu hamil. (Sumber : pexels.com/@Helena Lopes)
Arena24 April 2024, 20:17 WIB

10 Atlet Madrasah di Surade Terpilih Wakili Sukabumi ke Popwilda Jabar 2024

Sepuluh pelajar MAN 3 Sukabumi terpilih menjadi atlet yang mewakili Kabupaten Sukabumi pada Popwilda Jabar 2024. Berikut daftar namanya
Atlet bola voli putri MAN 3 Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:00 WIB

Usir Rasa Sakitnya Jauh-Jauh! 5 Rahasia Sederhana untuk Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya.
Ilustrasi minum air putih - Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya. | (Sumber : Freepik.com)