6 Cerita Misteri Gunung Salak, Mitos Kerajaan Gaib Hingga Kerap Telan Korban Jiwa

Sabtu 13 Mei 2023, 14:00 WIB
6 Cerita Misteri Gunung Salak, Mitos Kerajaan Gaib Hingga Kerap Telan Korban Jiwa. | (Sumber : Pras131.)

6 Cerita Misteri Gunung Salak, Mitos Kerajaan Gaib Hingga Kerap Telan Korban Jiwa. | (Sumber : Pras131.)

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Salak terletak di wilayah antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling angker di di Tanah Sunda.

Gunung Salak memiliki ketinggian puncak 2.211 meter di atas permukaan laut dan gunung ini kerap menjadi favorit pendakian. Gunung ini terlihat gagah dan indah apabila terlihat dari kejauhan.

Kendati begitu, gunung Salak ternyata menyimpan cerita misteri yang berkembang di tengah masyarakat dan pendaki. Cerita misteri itu beragam mulai dari kerajaan gaib, ritual hingga sering memakan korban jiwa.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Bagi yang penasaran lebih jauh, berikut ulasan cerita misteri Gunung Salak yang dirangkum dari berbagai sumber.

Misteri Gunung Salak

1. Kerajaan gaib Pajajaran

Gunung Salak ada erat kaitannya dengan kerajaan gaib Pajajaran. Kerajaan Pajajaran sendiri merupakan kerajaan yang berada di tatar Sunda. Kerajaan Pajajaran berdiri sekitar 1030 Masehi.

Banyak masyarakat Sunda percaya, jika arwah dari raja, ratu, prajurit serta masyarakat kerajaan Pajajaran, bersemayam di gunung Salak. Hal itu tak lepas dari cerita masyarakat yang kerap kali melihat wujud orang-orang tengah bertugas dengan seragam khas jaman kerajaan.

Baca Juga: Review Film Sewu Dino, Kisah Gadis Muda Terjebak Praktik Santet 1.000 Hari

Selain itu, sebagian masyarakat juga percaya jika arwah dari Prabu Siliwangi yang dikenal sebagai sosok raja di kerajaan Pajajaran masih ada di sekitar Gunung Salak.

2. Kecelakan Pesawat Sukhoi Superjet 100

Belum lupa dalam ingatan ketika kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di sekitar Gunung Salak pada 2012 silam. Kecelakaan pesawat itu menelan korban jiwa hingga 45 orang.

Kejadian itu kemudian memunculkan cerita mistis dibalik keangkeran gunung Salak. Banyak orang-orang yang mengaitkan dengan kerajaan gaib gunung Salak.

Baca Juga: 5 Tips Agar Pasangan Tetap Mencintaimu Meski Sudah Berhubungan Lama

Gunung Salak sendiri memang dikenal oleh semua orang sebagai salah satu gunung terangker di Jawa Barat. Gunung Salak juga tidak sembarangan bisa dilewati diatasnya.

Konon, jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 disebabkan oleh ulah makhluk astral penunggu Gunung Salak.

3. Ritual Mistis Lempar Minyak

Cerita mistis ini datang dari kisah penambang emas ilegal di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Para penambang ini memiliki ritual khusus sebelum menggali lubang tambang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laundry Pakaian di Kota Sukabumi, Cocok Untuk yang Males Nyuci!

Ritual mistisnya, dimana para penambang akan melemparkan minyak wangi jenis apel jin yang telah diberi ajian oleh dukun. Ketika minyak wangi apel jin itu jatuh dilempar dan jatuh, maka disitulah lokasi yang mengandung kadar emas.

4. Pantangan Gunung Salak

Di gunung Salak ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar bagi siapapun. Pantangan ini adalah dilarang memetik bunga anggrek dan tidak boleh mengatakan buah salak.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko HP di Sukabumi yang Terpercaya, Lengkap dengan Alamatnya!

Sebab, kata salak bertolak belakang dengan nama salak yang digunakan dari bahasa Sansekerta yaitu ‘Salaka’ atau berarti ‘Perak’. Dengan kata lain, Gunung Salak memiliki artu Gunung Perak.

5. Suara Gamelan

Cerita mistis gunung Salak selanjutnya adalah misteri suara gamelan. Di gunung Salak terdapat suara gamelan yang terdengar jika mendaki ke arah puncak. Kesaksian itu diceritakan oleh para pendaki yang mendengar suara gamelan ketika mendaki gunung Salak.

Baca Juga: Kenali 4 Tipe Kepribadian Introvert, Kamu Mirip yang Mana?

Tak sedikit juga para pendaki yang terhipnotis dan mengikuti suara gamelan tersebut. Bahkan, menurut cerita ada beberapa pendaki yang mengikuti suara gamelan itu dan hilang tanpa jejak sampai sekarang.

6 Sering Memakan Korban Jiwa

Gunung Salak memang gunung yang indah namun sangat misterius. Gunung ini kerap kali memakan korban jiwa di kalangan pendaki. Ada beberapa spot yang sering menelan korban jiwa yaitu Kawah Ratu dan Curug Seribu.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Orang yang Bakal Sukses di Masa Depan, Kamu Termasuk?

Kedua lokasi itu seringkali membuat pendaki tersesat dan hilang arah dan akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Kisah mistis itu kemudian memunculkan anggapan jika dua tempat itu mengambil nyawa tumbal.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi