Silahturahmi di Bojongkokosan Sukabumi, Kata Mereka Tentang Ustadz Abdul Somad

Sabtu 22 Oktober 2022, 18:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Road Show Ustadz Abdul Somad di Sukabumi dimulai dari Bojongkokosan. Di desa yang menjadi tapak sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ini, UAS (Ustadz Abdul Somad) mendapat sambutan dari ribuan massa yang menghadiri acara di Lapang  Bola Babakan Peundeuy, Kecamatan Parungkuda, Sabtu 22 Oktober 2022.

Momen ini spesial karena bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2022, sekaligus dalam rangka HUT Desa  Bojongkokosan yang ke 40. Kepala Desa Bojongkokosan, Dini Rahmawati menuturkan bahwa kedatangan UAS ini benar-benar mewujudkan harapan sebagai desa bersinar. 

"Maknanya secara harafiah, Desa Bersinar itu memantulkan cahaya kebaikan untuk semuanya. Bertepatan dengan hari santri yang sudah ditakdirkan, dijadwalkan oleh Ustad Abdul Somad sendiri, bisa hadir disini bertepatan dengan Hari Santri, ini rencana beliau untuk Bojongkokosan," ungkap Dini Rahmawati kepada sukabumiupdate.com, usai acara tersebut.

Menurut Dini, tak banyak kata yang bisa menggambarkan sosok Ustad Abdul Somad. "Hampir tak punya banyak kata yang dapat melukiskan tentang keilmuannya. Tawadhu/rendah hati, "mungkin hampir semua orang sepakat dengan asumsi saya, sulit untuk melukiskan keilmuan beliau. Jelasnya beliau adalah guru saya dan guru kita semua yang tentunya senantiasa menebar kebaikan dan senantiasa memberikan ilmu kepada kita semua," ungkapnya.

Kades Bojongkokosan ini kemudian bercerita bahwa 1 tahun yang lalu, ia pernah ditolong oleh UAS secara langsung. Dimana saat itu Dini menegaskan ia tengah mendapatkan masalah.

"Saya masih ingat pesan beliau 1 tahun yang lalu, ke rumah saya dan saya menyimpan fotonya. Ketika itu sewaktu diuji dan mendapat hantaman, saya bercerita kepada beliau yang akhirnya beliau berucap, apa yang saya rasakan Insyaallah akan jadi kebaikan, bagi saya itu adalah suntikan semangat untuk terus berjuang, "ujar Dini.

Hal tak jauh berbeda juga diungkapkan oleh Kurniawan (40 tahun) ketua pelaksana dari silahturahmi akbar Bojongkokosan ini. Menurut dia, ketika UAS datang, panitia sebagai orang yang kedatangan tamu yang berilmu, harus menjamu sebaik mungkin.

"Dari awal bertemu Ustad Abdul Somad  saya melihatnya sebagai orang yang tawadhu dan luar biasa keilmuannya. Beliau mengajarkan kita selalu bagaimana bahwa dalam konteks berdakwah ini tidak berpikir tentang hal yang lain, tetapi terus berdakwah, "ujarnya.

Senada dengan Kurniawan, M burhanudin (46 tahun) panitia lokal di lapangan dan anggota BPD Bojongkokosan menegaskan Ustad Abdul Somad terlihat penuh energi kebaikan.

"Sangat bersyukur Desa Bojongkokosan bisa mendatangkan beliau, melihat Ustad Abdul Somad, dengan bersholawat, mengaji dan mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang berkakhlak," bebernya.

Dwi Pradika (27 tahun) warga Cicurug yang datang ke acara tersebut mengaku berupa hadir untuk melihat langsung ustadz Abdul Somad, walaupun siangnya dia harus masuk kerja di pabrik. 

Menurut Dwi, UAS adalah penceramah yang cerdas, ramah, sederhana, memiliki sifat tawadhu yang tinggi. "Ceramah yang disampaikannya mudah dicerna, sehingga mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat yang melihatnya, dengan penyampaian yang tegas serta lantang."

UAS juga dinilai punya gerak tubuh yang menghormati semua yang hadir diacara tersebut. "Berpakaian rapih, berdiri tegap, menunjukkan ekspresi wajah dan gerakan tangan sampai dengan pandangan menghadap ke seluruh jamaah."

Andi Sujai ketua RW Pondok Cidahu Permai yang juga hadir di acara Silaturahmi Akbar HUT Desa Bojongkokosan ke 40 ini juga mengaku baru pertama melihat secara langsung Ustadz Abdul Somad.

"Jujur saya sempat beberapa kali meneteskan air mata, karena benar benar yang namanya dzikir dihayati itu luar biasa, sangat tersentuh," ungkap Andi yang mengaku baru merasakan kegiatan religi yang menyentuh, baik saat ceramah Ustad Abdul Somad maupun Ustad Abdul Syukur.

"Saya memberikan apresiasi juga kepada Ibu Kades Bojongkokosan, Dini Rahmawati, sukses untuk Bojongkokosan, sangat luar biasa sekali dalam HUT Bojongkokosan yang ke 40, bisa mendatangkan para tokoh agama, jarang sekali ada di Sukabumi, selamat untuk Ibu Kades Bojongkokosan dan panitianya, Alhamdulillah berjalan sangat lancar," pungkasnya.

Reporter: Ibnu/Magang

tags: Ustadz Abdul Somad,UAS,Bojongkokosan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update