Cegah Corona, Ahli Gizi Sebut Makanan Ini Bisa Perkuat Imunitas

Minggu 05 April 2020, 03:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Imunitas atau kekebalan tubuh menjadi salah satu senjata yang ampun melawan virus corona baru atau COVID-19. Itu bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. 

Dilansir dari tempo.co, Prof Saptawati Bardosono, Dosen Tetap Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan sejak zaman dahulu makanan dikenal memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh, entah itu dari zat gizi atau zat aktifnya.

“Nutrisi dalam makanan banyak yang bisa menjaga daya tahan tubuh,” kata dia dalam webinar Makanan dan Rempah Indonesia vs COVID-19 yang diadakan Indonesian Gastronomy Community, Sabtu, 4 April 2020.

Ia mengatakan ada beberapa zat gizi dan zat aktif dalam makanan yang disebut Prof Tati membantu memperkuat daya tahan tubuh, berikut di antaranya.

1. Protein

Di tengah pandemi virus corona, jangan lupa mengonsusmi cukup protein untuk mendongkrak sel-sel imun tubuh. “Baik hewani atau nabati, protein akan meningkatkan daya tahan tubuh kita,” kata Prof Tati yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten. 

2. Lemak

Banyak orang memusuhi lemak karena bikin gemuk dan memicu banyak penyakit. Tapi menurut Prof Tati, lemak juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh, seperti asam lemak omega 3 yang banyak terdapat pada ikan dan seafood lain. “Ada juga asam lemak laurat yang banyak terdapat dalam kelapa,” kata dia. 

3. Vitamin

Ada beberapa vitamin yang dikaitkan dengan kekebalan tubuh. Pertama, vitamin A yang akan melindungi mukosa, baik di saluran pernapasan, pencernaan, atau perkemihan sehingga akan mencegah infeksi, termasuk COVID-19

“Ini banyak terkandung pada buah berwarna oranye dan hati,” ujar Prof Tati.

Kedua, vitamin B6 yang berfungsi membantu semua proses dalam tubuh kita untuk meningkatkan imunitas. Sumber utama vitamin ini adalah sayur-sayuran. 

Ketiga, vitamin C yang menurut Prof Tati saat ini vitamin C digunakan untuk terapi COVID-19. “Yang sekarang digadang paling tinggi vitamin C-nya adalah jambu biji. Vitain C akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh kita. Kita butuh sedikit tapi dalam kondisi (wabah) virus, butuh banyak,” ujar dia.

Keempat, vitamin D. Saat ini kapan saat berjemur terbaik masih menjadi kontroversi. Namun, Prof Tati mengatakan vitamin D juga bisa didapat dari makanan. “Makanan yang  mengandung vitamin D seperti ikan, margarin, kuning telur. Vitamin D akan mengatur imunitas dalam tubuh tubuh sehingga bisa dipertahankan,” kata Prof Tati.

4. Mineral seng

Seng dibutuhkan tubuh untuk mengaktivasi kekebalan tubuh. Mineral ini banyak terdapat pada makanan seperti kerang dan seafood lainnya.

5. Air

Jangan lupa minum setidaknya delapan gelas sehati. Air di dalam saluran darah dibutuhkan untuk sirkulasi kekebalan tubuh yang baik. Air juga akan mengeluarkan zat-zat yang harus dikeluarkan supaya tidak mengganggu kinerja tubuh.

6. Probiotik

Probiotik banyak terdapat pada makanan yang difermentasi seperti acar, tempe, dan yoghurt. Kandungan probiotiknya banyak sekali, dibutuhkan oleh usus besar. 

7. Zat aktif

Sebagian besar makanan dikonsumsi setelah diolah atau dimasak. Untuk mengolahnya, tambahkan bumbu dapur seperti kunyit dan temulawak yang mengandung curcumin, jahe yang tinggi flavonoid, dan sebagainya.

Menurut Prof Tati, bumbu dapur mengandung sedikit zat gizi tapi tinggi zat aktif.

Hampir semua zat aktif itu punya efek anti peradangan, imunitas, dan lain-lain. Selain dijadikan bumbu masak, bumbu dapur juga bisa diracik menjadi minuman. 

Prof Tati mengatakan tak ada satu pun makanan tunggal yang dapat meningkatkan imunitas untuk mencegah penyakit. Tubuh membutuhkan banyak zat gizi dan zat aktif.

“Tidak ada single makanan atau rempah mewakili semua untuk menjaga daya tahan tubuh kita menjaga COVID-19. Jadi harus makan beragam,” kata Prof Tati.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram