Hindari Makanan Tinggi Purin: 7 Faktor Pemicu yang Menyebabkan Kambuhnya Asam Urat

Sabtu 08 Juni 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi - Ilustrasi faktor pemicu kambuhnya asam urat salah satunya makanan tinggi purin. (Sumber : Freepik/@freepik).

Ilustrasi - Ilustrasi faktor pemicu kambuhnya asam urat salah satunya makanan tinggi purin. (Sumber : Freepik/@freepik).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat merupakan nyeri sendi berat yang disertai dengan kemerahan, bengkak, serta rasa hangat akibat penumpukan kristal di area sendi yang terserang asam urat. Kondisi ini sering terjadi di jempol kaki, namun bisa juga menyerang jari kaki lainnya, siku hingga pergelangan kaki.

Ada berbagai faktor yang dapat menjadi pemicu kambuhnya asam urat. Dan beberapa orang memperhatikan bahwa faktor-faktor tertentu berdampak langsung pada kehidupan mereka, sementara faktor-faktor lain meningkatkan risiko kambuhnya penyakit lain.

Meskipun para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami apa yang memicu serangan asam urat, namun kadar asam urat yang tinggi yaitu produk limbah dalam darah diketahui dapat berkontribusi. Pada kadar yang tinggi, asam urat lebih cenderung mengkristal di sendi sehingga akan menyebabkan nyeri.

Dihimpun dari laman verywellhealth, berikut beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya asam urat, diantaranya yaitu :

1. Alkohol dan Dehidrasi

Alkohol merupakan salah satu pemicu asam urat yang paling umum. Selain itu, alkohol juga menjadi masalah karena meningkatkan risiko dehidrasi. Dan dehidrasi itu sendiri merupakan salah satu pemicu potensial serangan asam urat, baik karena kelebihan alkohol, asupan air yang buruk, keringat berlebih, muntah, atau penyebab lainnya.

2. Makanan Tinggi Purin

Mengkonsumsi makanan tinggi purin dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Purin adalah komponen standar DNA yaitu polimer yang membawa informasi genetik dan dipecah menjadi asam urat. Secara umum, makanan hewani adalah salah satu sumber purin terkaya. Contohnya meliputi:

  • Daging
  • Makanan Laut
  • Kacang-kacangan, sayuran mengandung purin dalam jumlah yang relatif tinggi, dan buncis

3. Makanan atau Minuman Tinggi Fruktosa

Makanan atau minuman manis, terutama yang tinggi fruktosa bisa memicu gejala asam urat. Mengkonsumsi gula tambahan jenis apa pun dapat memperburuk peradangan, dan fruktosa khususnya, dapat meningkatkan kadar asam urat dan risiko asam urat.

4. Stres pada tubuh

Stres tubuh dapat memicu asam urat. Misalnya, serangan asam urat lebih mungkin terjadi setelah operasi, penyakit, aktivitas fisik yang tidak biasa, cuaca yang terlalu hangat atau dingin, atau stres emosional. Diet ketat yang juga membuat tubuh stres, merupakan pemicu potensial lainnya.

5. Obat-obatan

Beberapa obat mungkin memicu serangan asam urat, terutama saat Anda pertama kali menggunakannya. Beberapa contohnya antara lain:

  • Diuretik tertentu seperti Lasix (furosemid)
  • Aspirin dosis rendah
  • Beberapa obat imunosupresan, seperti Gengraf (siklosporin)

6. Obat Penurun Urat dan Penyakit Asam Urat

Paradoksnya, obat-obatan yang digunakan untuk mencegah kambuhnya asam urat di masa depan atau obat penurun asam urat, seperti Zyloprim ( allopurinol ) dapat meningkatkan risiko kambuhnya asam urat untuk sementara.

Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meresepkan obat tambahan untuk membantu mencegah hal ini, seperti colchicine, kortikosteroid dosis rendah , atau obat antiinflamasi nonsteroid ( NSAID ) seperti Advil atau Motrin (ibuprofen).

7. Komorbiditas Medis

Meski tidak bisa dianggap sebagai pemicu asam urat, namun kondisi kesehatan tertentu lebih sering terjadi pada penderita asam urat, begitu pula sebaliknya.

Penyakit asam urat disebut penyakit penyerta, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit kardiovaskular , dan penyakit ginjal kronis.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Contoh kultur jaringan anggrek dendrobium | Foto : Istimewa
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)