Mencegah Daripada Mengobati: Penderita Asam Urat Harus Hindari Jenis Ikan Tinggi Purin

Jumat 07 Juni 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi - Penderita asam urat perlu menjaga asupan makannya terutama ikan tinggi purin. (Sumber : Pixabay.com/@cow5318).

Ilustrasi - Penderita asam urat perlu menjaga asupan makannya terutama ikan tinggi purin. (Sumber : Pixabay.com/@cow5318).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan sakit luar biasa seperti nyeri dan bengkak pada persendian. Gejalanya biasanya berlangsung selama satu atau dua minggu dan kemudian hilang dengan sendirinya atau dengan bantuan obat-obatan.

Asam urat memang menjadi hal yang menakut bagi para penderitanya, karena penyakit ini bisa muncul kapan saja. Beberapa ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung tinggi purin yang dapat memicu serangan asam urat. 

Seperti dikutip dari laman Onlymyhealth, seorang ahli diet Veena V, Ahli Diet, yang bertugas di Rumah Sakit Wanita dan Anak Aster, Whitefield, Bengaluru, menjelaskan tentang bahaya makanan tinggi purin bagi penderita asam urat.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Asam Urat Mempengaruhi Tubuh

Asam urat terjadi ketika asam urat, suatu zat dalam tubuh, menumpuk dan membentuk kristal berbentuk jarum di dalam tubuh Anda.sendi, ungkap ahli diet Veena.

“Hal ini menyebabkan rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan perubahan pada pergerakan dan penggunaan sendi yang terkena,” jelasnya.

Namun, menurut ahli diet tersebut, tidak semua orang dengan kadar urat tinggi terkena asam urat.

Baca Juga: 16 Jenis Ikan Laut dengan Purin Sedang yang Masih Aman Bagi Penderita Asam Urat

Dia mencatat bahwa urat berasal dari purin, yang ditemukan di jaringan tubuh Anda dan banyak makanan. Ketika purin terurai, mereka menjadi asam urat.

Biasanya, asam urat keluar dari tubuh melalui urin. Namun, jika terlalu banyak yang dibuat atau terlalu sedikit yang dikeluarkan, asam urat menumpuk di darah dan membentuk kristal di persendian dan menyebabkan peradangan.

Riset Menunjukkan prevalensi asam urat dapat bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan negara asal. Umumnya, sekitar 1–4% orang terkena asam urat. Pria memiliki risiko 2–6 kali lebih tinggi terkena asam urat dibandingkan wanita. 

Baca Juga: Musuh Asam Urat: 9 Makanan dan Minuman Tinggi Purin yang Harus Dihindari

Hal ini meningkat seiring bertambahnya usia tetapi tidak berubah setelah usia 70 tahun.

Penderita Asam Urat Harus Menghindari Makan Ikan Tinggi Purin

Ada beberapa ikan tinggi purin yang wajib dihindari, berikut diantaranya:

  • Ikan Haring: Konsumsi 100 gram haring mengandung sekitar 210 mg purin.
  • Pickled Herring atau Ikan Haring yang Diasamkan: Konsumsi 100 gram ikan haring yang diasamkan mengandung sekitar 219 mg purin.
  • Ikan Teri: Konsumsi 100 ikan teri mengandung sekitar 239 mg purin.
  • Ikan Bonito: Konsumsi 100 gram ikan bonito mengandung sekitar 211 mg purin.
  • Ocean perch atau Ikan Bertengger: Konsumsi 100 gram ikan bertengger mengandung sekitar 241 mg purin.
  • Ikan Tuna: Konsumsi 100 gram ikan tuna mengandung sekitar 257 mg purin.
  • Tuna Kalengan dalam Minyak: Konsumsi 100 gram tuna kalengan mengandung sekitar 290 mg purin.
  • Ikan Trout: Konsumsi 100 gram ikan trout mengandung sekitar 297 mg purin.
  • Sarden: Konsumsi 100 gram sarden mengandung sekitar 345 mg purin.
  • Ikan Pilchard: Konsumsi 100 gram ikan pilchard mengandung sekitar 345 mg purin.
  • Sarden Kalengan dalam Minyak: Konsumsi 100 gram sarden kalengan yang banyak minyak mengandung sekitar 490 mg purin.

Baca Juga: 11 Ikan Laut Tinggi Purin: Ancaman Tersembunyi Bagi Penderita Asam Urat!

Sebuah penelitian tahun 2014 dalam jurnal Biological and Pharmaceutical Bulletin menemukan bahwa asupan purin yang tinggi dapat meningkatkan risiko serangan asam urat berulang hampir lima kali lipat.

Para peneliti juga mencatat bahwa makanan kaya purin seringkali juga tinggi kalori, termasuk daging, jeroan, dan ragi.

Namun, meskipun penderita asam urat harus berhati-hati dalam mengonsumsi ikan, hal itu tidak sepenuhnya dilarang, kata Veena, merekomendasikan agar orang memilih ikan dengan purin rendah seperti flounder atau sole dan menikmati ikan dengan purin sedang seperti salmon dalam jumlah terbatas.

Baca Juga: Jangan Takut dan Panik, 6 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi di Pagi Hari Secara Alami

Ikan Yang Aman Dikonsumsi

Tidak semua ikan mengandung purin tingkat tinggi atau memperburuk gejala asam urat. Ada jenis ikan tertentu yang bisa dikonsumsi semua orang, termasuk penderita asam urat. Ini termasuk:

  1. Telur Salmon: Telur salmon (Oncorhynchus spp.) mengandung purin sekitar 40 mg per 100 gram. 
  2. Udang Karang: Udang karang mengandung purin sekitar 60 mg per 100 gram. Kandungan ini tergolong rendah dan aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.
  3. Cumi-cumi: Cumi-cumi mengandung purin sekitar 60 mg per 100 gram. Kandungan ini tergolong rendah dan aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.
  4. Unagi atau Belut Jepang yang Diasap: Belut Jepang (Anguilla japonica) mengandung purin sekitar 92 mg per 100 gram. Kandungan purin ini tergolong rendah dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.
  5. Oyster atau Tiram: Tiram adalah salah satu ikan laut yang mengandung purin sekitar 90 mg per 100 gram. Namun, bentuknya yang kecil, sangat sulit untuk mengontrol konsumsinya.
  6. Monkfish (hanya dagingnya): Daging monkfish (Lophius piscatorius) mengandung purin sekitar 70 mg per 100 gram. Bagian dagingnya aman dikonsumsi, namun hindari bagian kepalanya karena mengandung purin yang lebih tinggi.
  7. Kaviar: Kaviar (telur ikan) umumnya memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, yaitu sekitar 95 mg per 100 gram. 
  8. Ikan Pasir Sirip Layar atau Sandfish Sailfin: Sandfish sailfin termasuk dalam kategori ikan rendah purin, dengan kandungan hanya 98,5 mg purin per 100 gram. 
  9. Kepiting Raja Merah : Kepiting raja merah mengandung purin sekitar 99 mg per 100 gram. Kandungan ini tergolong rendah dan aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

 

Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui ukuran porsi yang sesuai.

Selain itu, merebus ikan dapat menurunkan kandungan purin, yang menyebabkan serangan asam urat, kata Veena. Metode memasak ini membantu menghilangkan sebagian purin dari air rebusan, yang kemudian bisa Anda buang, tambahnya.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI
Sehat25 Juni 2024, 18:45 WIB

Asam Lambung Kambuh? Coba 9 Cara Meredakan Refluks Asam Ini di Rumah

Ketika asam lambung naik, maka perut kita akan terasa tidak nyaman. Bisa jadi kembung, mulas, bahkan hingga mual, dan muntah ketika refluks asam naik ke tenggorokan.
Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan di rumah untuk meredakan asam lambung (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Life25 Juni 2024, 18:15 WIB

7 Kriteria Mendiagnosis Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak dan Pengobatannya

Gangguan keterikatan reaktif (RAD) merupakan suatu kondisi mental yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan anak.
Ilustrasi cara mendiagnosis dan mengobati RAD pada anak (Sumber : Pexels.com/@HARSH KUSHWAHA)