11 Cara Menjadi Ibu yang Baik Agar Dihormati dan Dikagumi Anak-anak

Sabtu 25 Mei 2024, 10:01 WIB
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu yang baik bagi anak-anak. (Sumber : Pexels.com/ @JepGambardella)

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu yang baik bagi anak-anak. (Sumber : Pexels.com/ @JepGambardella)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai orang tua, Anda tentunya telah melakukan banyak tugas yang menantang dalam hidup, tetapi jika Anda baru saja menjadi seorang ibu, Anda tahu bahwa tugas-tugas tersebut tidak ada artinya dibandingkan menjadi seorang ibu yang baik.

Menjadi seorang ibu yang baik adalah tugas yang berat bagi para orang tua yang baru pertama kali. Mengejar anak-anak Anda untuk setiap tugas kecil akan membuat Anda lelah. Apalabi Anak Anda bergantung pada Anda sejak ia dikandung.

Nah, berikut ini ada beberapa ciri umum seorang ibu yang baik yang dapat Anda jadikan pedoman dalam perjalanan Anda menjadi ibu yang baik, dihimpun dari laman parenting.firstcry:

1. Kesabaran Adalah Hal Utama

Kesabaran adalah definisi ibu yang baik. Ketika anak-anak tumbuh, mereka mencoba mengeksplorasi dan belajar tentang dunia. Terkadang, saat menjelajahi atau mencoba hal baru, mereka juga ceroboh.

Jadi jika mereka mendekorasi dinding dengan karya seni mereka atau menumpahkan susu ke seluruh karpet favorit Anda, harap bersabar dan jangan berteriak pada mereka. Tarik napas dalam-dalam beberapa kali dan lakukan yang terbaik untuk rileks.

Kesabaran baik untuk Anda dan anak-anak Anda karena mereka akan memahami kualitas yang mereka lihat dalam diri Anda dan pasangan.

2. Menyemangati Anak

Akan ada banyak kegagalan sebelum mereka mencapai keberhasilan dalam tugas mereka, baik itu berjalan, merangkak , makan sendiri, atau apa pun yang mungkin mereka coba. Tugas Anda adalah terus menyemangati mereka meskipun mereka gagal terus-menerus.

Anak-anak dengan ibu yang suportif dan memberi semangat akan mampu menganggap enteng kegagalan mereka dan mencoba lagi tanpa penyesalan. Ini adalah sifat yang akan mereka bawa seiring pertumbuhan mereka. Mereka juga akan lebih memberi semangat dan mendukung orang lain secara umum.

3. Memberi Pemahaman

Ini adalah salah satu ciri terpenting seorang ibu yang baik. Anda perlu meluangkan waktu untuk mendengarkan anak-anak Anda dan mencoba memahami suatu situasi dari sudut pandang mereka. Anak-anak Anda perlu tahu bahwa mereka dapat menghubungi Anda untuk apa pun dan kapanpun, berapapun usia mereka.

4. Rasa Hormat

Rasa hormat perlu diperoleh, dan anak-anak Anda perlu mempelajari hal ini. Apa yang Anda lakukan untuk mendapatkan rasa hormat dari anak Anda, pada gilirannya, akan mengajarkan mereka untuk menghargai diri mereka sendiri.

Anak-anak yang diajari harga diri dan cara menghargai orang lain akan lebih bahagia, lebih murah hati, dan lebih mampu membina hubungan baik di kemudian hari.

5. Tegas

Saat mendisiplinkan anak Anda , jangan berpikir bahwa Anda perlu bersikap jahat kepada mereka. Disiplinkan mereka dengan lembut dan penuh kasih. Yang membuat seorang ibu menjadi ibu yang hebat adalah kemampuannya memahami perilaku anak-anaknya dan memberitahu mereka bahwa mereka bukanlah anak yang nakal, melainkan bahwa perilaku mereka buruk.

6. Selalu Ada untuk Anak-anaknya

Apakah Anda seorang ibu yang bekerja atau ibu yang tinggal di rumah, Anda harus menyediakan waktu untuk anak-anak Anda. Anda perlu menaruh minat pada apa yang mereka sukai dan berusaha menjalin ikatan dengan mereka.

Berada di sana untuk mereka saat mereka membutuhkan Anda. Hal ini akan membuat anak Anda merasa penting dan pada gilirannya akan menumbuhkan kepercayaan, harga diri, dan cinta.

7. Rendah Hati

Ini adalah sesuatu yang mungkin sulit, namun penting untuk memeriksa situasi dan meminta maaf kepada anak Anda jika Anda salah. Hal ini tidak hanya mencegah situasi menjadi lebih buruk, tetapi juga mengajarkan anak Anda pelajaran berharga bahwa setiap orang melakukan kesalahan dan tidak masalah selama Anda cukup rendah hati untuk mengakui kesalahan Anda. Ini akan memberi Anda banyak rasa hormat dari mereka.

8. Menjadi Mentor yang Baik

Bantu anak Anda menjadi mandiri dengan membantunya mengasah keterampilannya. Saat anak Anda tumbuh dan menunjukkan minat pada berbagai hal, luangkan waktu untuk benar-benar mengajarinya. Beberapa anak menunjukkan bakatnya sejak usia dini.

Perhatikan, jika anak Anda memiliki bakat tertentu, bantulah ia untuk mengembangkan keterampilan dan bakat tersebut agar ia dapat mandiri dan produktif dalam hidupnya.

9. Mudah Didekati

Komunikasi yang baik dalam sebuah keluarga penting untuk memahami satu sama lain dan membangun hubungan saling percaya dan penuh kasih. Anak-anak di usia berapa pun perlu merasa bahwa mereka bisa mendekati ibunya untuk masalah apapun, bahkan untuk masalah yang sensitif sekalipun. Jadi, tanamkan komunikasi yang terbuka dan jujur ​​sejak dini.

10. Sosok yang Kuat

Menjadi seorang ibu bisa menjadi pekerjaan yang penuh tekanan dan sering kali harus mengorbankan diri Anda sendiri. Seorang wanita harus rela menyerahkan segala sesuatu yang diinginkannya agar dapat memberikan segalanya demi membesarkan anak-anak yang sehat dan bahagia.

Pastikan untuk menjadi kuat bagi anak-anak Anda karena melihat Anda menangani kehidupan sehari-hari adalah hal yang akan menginspirasi mereka dan mengajarkan mereka pelajaran berharga tentang kekuatan dan bagaimana bertahan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

11. Penuh Kasih

Setiap orang tua mencintai anak-anaknya, tetapi cara mereka mencintai anak-anaknya menentukan dasar bagaimana mereka tumbuh dewasa. Cinta dan kasih sayang adalah kualitas baik seseorang. Jadilah teladan bagi anak Anda dengan menunjukkan kasih sayang dan empati kepada anak Anda, sehingga mereka pun tumbuh menjadi anak yang seperti itu.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Juli 2024, 23:12 WIB

Geger Mayat Telanjang di Hutan Situ Gunung Sukabumi, Kondisinya Mengenaskan

Mayat di Situ Gunung Sukabumi tersebut ditemukan dalam kondisi sudah membusuk dengan kepala yang sudah menjadi tengkorak dan terpisah dari badannya.
Penemuan mayat telanjang dengan kondisi mengenaskan di Hutan Situ Gunung Kadudampit Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin