Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Minggu 05 Mei 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)

Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan masalah jantung yang parah. Dan penyakit jantung adalah penyebab utama kematian kematian di seluruh dunia.

Untungnya, kita dapat mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol dengan memperhatikan apa yang Anda konsumsi, yaitu makanan kolesterol yang tepat dan sehat. Segala sesuatu yang Anda makan berdampak pada kadar kolesterol.

Dihimpun dari laman Pharmaesy, berikut ini ada beberapa makanan peningkat kolesterol dan makanan penurun kolesterol yang harus Anda perhatikan.

Baca Juga: Rahasia Menaklukkan Kolesterol Jahat dengan 10 Makanan Terbaik Ini

Makanan Baik alias Penurun Kolesterol yang Boleh Dikonsumsi

1. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan, buncis, dan kacang polong akan memastikan kadar kolesterol tetap terkendali. Mereka kaya serat, protein, dan mineral penting. Mereka tidak padat kalori, jadi juga membantu pengelolaan berat badan.

2. Kacang

Kacang kaya akan protein, lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) dan nutrisi lainnya. Mereka meningkatkan kesehatan jantung , mengatur tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Mereka dikenal sebagai makanan penyerap kolesterol.

3. Gandum Utuh

Mengonsumsi biji-bijian seperti oat, barley, dan quinoa membantu mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Mereka tinggi serat, vitamin, dan mineral. Mereka membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Baca Juga: Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

4. Buah-buahan

Daftar buah yang baik dikonsumsi saat puasa | Foto : Jane Trang Doan/PexelsBuah yang baik dikonsumsi untuk kolesterol. | Foto : Jane Trang Doan/Pexels.

Buah-buahan kaya akan serat larut sehingga dikenal sebagai makanan penurun kolesterol. Mereka menghentikan pembentukan kolesterol agar tidak terbentuk di hati itu sendiri. Mereka mencegah masalah jantung karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Apel, anggur, jeruk, dan beri adalah pilihan yang bagus.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini menyebabkan penurunan LDL (kolesterol jahat) dan mencegah oksidasi dalam tubuh sehingga menghasilkan fungsi jantung yang lebih baik. Perhatikan untuk mengonsumsi variasi yang kurang manis untuk menjaga kadar gula tetap terkendali.

Makanan yang Harus Dihindari karena Menyebabkan Kolesterol Jahat

1. Minyak Nabati Halus

Semua minyak nabati olahan mengalami proses hidrogenasi untuk meningkatkan umur simpannya. Cobalah untuk menggunakan minyak murni atau minyak perasan dingin. Versi olahan minyak safflower, canola, jagung, dan kedelai berbahaya bagi kesehatan Anda.

Baca Juga: 7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

2. Makanan Kemasan

Makanan olahan dan kemasan tinggi lemak trans dan meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Jauhi keripik, kerupuk, dan makanan ringan lainnya yang dikemas dalam kemasan.

3. Es Krim dan Krim Keju

Ilustrasi - Info Loker Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan di Pakuwon Sukabumi.Ilustrasi Es Krim.

Es krim memiliki lebih banyak lemak daripada sepuluh donat. Jika Anda ingin menurunkan kadar kolesterol , jauhi krim keju dan es krim karena sangat padat kalori.

4. Makanan Gorengan

3 Penyakit yang Mengintai Jika Buka Puasa Makan Gorengan Setiap HariIlustrasi gorengan.

Saat makanan digoreng, nilai gizinya menurun dan lemak trans meningkat sehingga sangat berbahaya. Jadi hindari kentang goreng, kroket, tempe goreng, bakwan, tahu isi dan lainnya jika tujuan Anda adalah menurunkan kolesterol.

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Tidak Sehat dan Wajib Dihindari Bagi Penderita Kolesterol

5. Makanan Panggang yang Dijual

Kebanyakan makanan panggang komersial dibuat dengan minyak terhidrogenasi dan mengandung gula. Mereka memang makanan yang lezat, tapi buruk bagi kadar kolesterol Anda. Seperti kue kering, permen, dan kue-kue manis termasuk dalam daftar ini.

Makan dengan benar dan membuat pilihan makanan sehat akan memastikan kesehatan jantung dan kadar kolesterol Anda baik.

Selain perubahan pola makan dan gaya hidup, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat. Ada berbagai jenis obat penurun kolesterol yang masing-masing memiliki indikasi berbeda.

Baca Juga: Diet Rendah Kolesterol: 13 Makanan dengan Nutrisi Terbaik, Tinggi Serat dan Lemak Tak Jenuh

Dokter Anda akan menyarankan obat yang sesuai dengan durasi yang sesuai jika dianggap perlu.

Kolesterol Baik Vs Kolesterol Jahat

Perlu diketahui bahwa makanan-makanan di atas ditujukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL. Kolesterol tinggi biasanya mengacu pada kesehatan buruk yang disebabkan oleh LDL.

Tapi ada juga yang disebut HDL (high-density lipoprotein), yang dianggap sebagai kolesterol baik. HDL mengambil protein dan mengirimkannya ke hati, di mana mereka dapat dipecah dan dibuang sebagai limbah.

Makanan tertentu seperti minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan, makanan kaya serat, dan ikan berlemak merupakan sumber HDL yang baik. Saat Anda melakukan tes darah, penting agar kadar LDL Anda rendah dan kadar HDL Anda tinggi (semuanya dalam kisaran normal).

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)