7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Sehat dan Dijamin Efektif

Selasa 30 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi Teh Jahe Mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan alami ala rumahan. (Sumber : Freepik/jcomp)

Ilustrasi Teh Jahe Mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan obat-obatan alami ala rumahan. (Sumber : Freepik/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pilihan makanan tak sehat. Asupan gula yang tinggi ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Tingginya kadar gula dalam tubuh menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius termasuk asam urat. Setengah dari penderita asam urat juga telah terbukti mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Penyebab asam urat lainnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi purin. Ini termasuk jeroan, ikan teri, dan bahkan jamur. Mengurangi konsumsi makanan tinggi purin merupakan salah satu cara untuk mencoba menangkal asam urat.

Berikut ini ada beberapa cara alami untuk mengobati asam urat dan menghilangkan rasa sakitnya muncul kembali. Berikut selengkapnya.

1. Hindari Makanan yang Mengandung Purin

Asam urat disebabkan oleh hiperurisemia, suatu kelainan metabolisme yang tidak terkontrol yang menyebabkan pengendapan kristal monosodium urat dalam jaringan sel dan terlalu banyak asam urat dalam darah.

Dikutip dari laman pharmacytimes, asam urat merupakan produk metabolisme hasil metabolisme purin yang secara alami terdapat pada banyak makanan seperti jeroan seperti hati dari sumber hewani apa pun dan beberapa jenis ikan, antara lain ikan teri, sarden, herring, dan trout.

2. Minum Teh Jahe

Jahe telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan rasa sakit yang berhubungan dengan semua jenis arthritis. Teh jahe hanyalah salah satu cara untuk mengatasi asam urat yang dapat Anda coba.

3. Makan Lebih Banyak Buah Berry dan Lemon

Semua buah berry secara alami mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel. Ceri khususnya juga memiliki antosianin dan bioflavonoid, yang dapat membantu meringankan nyeri radang sendi.

Lemon kaya akan vitamin C yang diketahui membantu memperkuat jaringan dalam tubuh dan menetralkan asam urat.

4. Ekstrak Biji Seledri

Dikutip dari laman draxe, mengonsumsi ekstrak biji seledri dan jus seledri telah terbukti mampu menurunkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari selusin jenis antioksidan yang bertanggung jawab atas manfaat seledri, termasuk asam fenolik seperti asam caffeic dan asam ferulat, ditambah flavacol seperti quercetin.

Hal ini membuat seledri berguna untuk mengobati berbagai kondisi yang diperburuk oleh peradangan seperti nyeri sendi, asam urat, infeksi ginjal dan hati, kelainan kulit, sindrom iritasi usus besar, dan infeksi saluran kemih, dan masih banyak lagi.

5. Teh Jelatang

Jelatang adalah fitonutrien anti-inflamasi yang kuat, dan Anda bisa membelinya dalam bentuk teh.Tinjauan pengobatan herbal yang umum digunakan, termasuk jelatang , yang diterbitkan dalam Toksikologi dan Farmakologi Terapan, menyampaikan kedudukan jelatang sebagai makanan anti-inflamasi .

Anda bisa membeli jelatang sebagai suplemen atau meminumnya sebagai teh, dan itu bagus untuk menghilangkan asam urat.

6. Hilangkan atau Kurangi Asupan Gula

Asam urat sering terjadi pada orang dengan asupan gula berlebihan, terutama sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS). Sebaiknya baca label semua makanan dan minuman Anda. Jika Anda menemukan HFCS, hilangkan itu dari asupan sehari-hari Anda.

7. Olahraga

Karena obesitas berhubungan dengan asam urat, ada baiknya Anda berolahraga secara teratur jika Anda ingin menghilangkan asam urat dari hidup Anda. Sertakan latihan burst dan latihan beban untuk memaksimalkan manfaat kesehatan Anda dari olahraga.

Olahraga harus menjadi bagian dari hidup Anda tidak peduli apakah Anda menderita asam urat atau tidak. Burst Training adalah cara terbaik untuk mendapatkan bentuk tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi15 Juni 2024, 07:01 WIB

Bukit Joglo: Destinasi Hits di Geopark Ciletuh untuk Menikmati Panorama Sukabumi

Bukit Joglo sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.
Bukit Joglo di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang