Remaja Jompo Suka Mager? Yuk, Hindari Kebiasaan yang Bisa Bikin Sakit Punggung!

Sabtu 21 Januari 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi. Remaja Jompo Suka Sakit Punggung (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Remaja Jompo Suka Sakit Punggung (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Remaja Jompo kerap menjadi julukan bagi mereka yang masih berusia belia tetapi tak pernah absen dari sakit punggung hingga sendi.

Remaja jompo sering mengeluhkan sakit punggung hingga pegal dan akhirnya membuat malas gerak atau mager.

Sakit punggung ini ternyata bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang dilakukan para remaja lho!

Mengutip Tempo.co, dari semua area tubuh manusia, punggung adalah yang paling rentan cedera. Menurut terapis fisik Nick Rolnick, terlepas dari profesi seseorang, penyebab sakit punggung hampir selalu sama yaitu gerakan berulang, khususnya, menghabiskan terlalu banyak waktu dalam posisi fleksi atau membungkuk ke depan.

"Bukan berarti fleksi atau aktivitas yang melibatkan fleksi, seperti membungkuk, itu buruk," kata Dr. Rolnick. "Hanya saja kita, sebagai masyarakat, sangat fleksi, sehingga banyak dari apa yang kita lakukan melibatkan punggung kita membungkuk ke depan.".

Baca Juga: Simak 6 Tips Atasi Pegal saat Perjalanan Mudik Agar Tetap Nyaman

Sampai taraf tertentu, ini benar-benar normal. "Tulang belakang kita dirancang untuk menekuk, memelintir, dan memanjang," kata Dr. Rolnick.

Karena kebetulan menghabiskan lebih banyak waktu dalam fleksi dan tidak cukup waktu dalam ekstensi (membungkuk ke belakang), yang dapat menciptakan ketidakseimbangan antara semua bagian tubuh Anda yang bertanggung jawab atas pola dan posisi gerakan.

Dr. Rolnick menambahkan ketika kita terus-menerus menempatkan tulang belakang kita pada satu posisi, itu dapat meningkatkan kepekaan terhadap posisi itu dan mulai menimbulkan masalah bagi kita.

"Kebetulan karena masyarakat kita melibatkan banyak duduk — yaitu fleksi — punggung kita dan struktur di sekitar punggung kita yang tegang saat fleksi mendapatkan lebih banyak beban daripada struktur yang tegang selama membungkuk ke belakang," katanya.

Yuk, Hindari Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Sakit Punggung Berikut!

1. Remaja Jompo Tidak Menggunakan Penyangga Punggung Bawah Saat Duduk

"Sebagian besar dari kita memiliki pekerjaan di depan meja, jadi kita terus-menerus dalam posisi duduk ini, yang disebut fleksi jarak jauh," kata Dr. Rolnick. "Ini berarti punggung bagian bawah kita melakukan jenis gerakan yang sama seolah-olah kita menjangkau untuk menyentuh jari kaki kita."

Menciptakan sedikit lebih banyak ekstensi dalam posisi ini, dalam bentuk penyangga punggung bawah, adalah kuncinya. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakannya dengan benar agar efektif.

"Di mana punggung Anda melengkung, di situlah Anda akan memposisikannya," katanya. Untuk menemukan penempatan yang tepat, geser glutes Anda ke bagian belakang kursi dan kemudian posisikan roller di bagian bawah punggung Anda. "Itu akan memberikan sedikit lebih banyak dukungan untuk punggung bawahmu dan mencegahmu pergi ke jangkauan akhir itu.".

Baca Juga: Bahas Soal Remaja Jompo, Larasati Sukabumi Gelar Kajian Gaya Hidup Muslimah

2. Remaja Jompo Berada dalam Satu Posisi Terlalu Lama

Memvariasikan posisi Anda sepanjang hari adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk punggung (dan tubuh secara umum). Seperti yang diberitahukan oleh pemberitahuan pada jam tangan pintar Anda, Dr. Rolnick mengatakan Anda harus bangun setiap jam setidaknya selama satu hingga dua menit jika Anda sedang duduk. Bahkan jika Anda sedang berdiri, Anda juga harus berganti posisi.

3. Pengaturan Tempat Kerja Remaja Jompo Buruk

Terlepas dari apa yang Anda lakukan untuk mencari nafkah, penting untuk memperhatikan di mana saja di lingkungan Anda yang menyebabkan Anda menjadi fleksi yang tidak perlu. Jika Anda bekerja menggunakan komputer, hal terpenting kedua setelah dukungan punggung bawah yang tepat adalah posisi layar Anda.

"Aturan praktis yang baik yang saya katakan kepada pasien saya adalah dua inci di bawah ketinggian mata," kata Dr. Rolnick. Keyboard Anda juga harus cukup dekat sehingga Anda tidak perlu mencondongkan tubuh ke depan untuk meraihnya.

Penyebab sebenarnya dari sakit punggung atau cedera adalah gerakan berulang, jadi perhatikan apa pun yang Anda lakukan berulang kali di tempat kerja dan lihat apakah ada cara untuk menghentikan rutinitas, terutama jika pola gerakan itu membutuhkan banyak waktu, seperti membungkuk atau meregangkan pinggul atau lutut, serta memutar — terutama saat memindahkan beban berat. Anda juga dapat menerapkan logika yang sama di rumah.

Baca Juga: Pagi, Siang atau Malam, Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga? Simak Penjelasannya

Tubuh Anda secara alami menyembuhkan atau memperbaiki microtears ini dengan sendirinya saat Anda tidur, tetapi semakin banyak waktu yang Anda habiskan dalam satu posisi, semakin banyak mikrotrauma yang Anda buat, dan jika Anda tidak memberikan waktu yang cukup untuk pulih, Anda berada pada peningkatan risiko cedera.

Setelah Anda melampaui kemampuan tubuh Anda untuk mengelola stres yang Anda alami, saat itulah cedera terjadi, menurut Dr. Rolnick. "Penting bagi kita untuk mengakomodasi hal ini dalam kehidupan kita sehari-hari dan mencoba untuk mendapatkan lebih banyak variasi gerakan," katanya. "Ini bisa apa saja, sungguh. Saya diberitahu ini dulu sekali dan itu sangat benar: 'Postur terbaik kita adalah postur kita selanjutnya.'"

Penting juga untuk tidur nyenyak, mengelola stres, makan makanan bergizi, dan berolahraga, karena semua itu berkontribusi pada kesehatan Anda secara keseluruhan dan kemampuan untuk pulih dengan baik.

SUMBER: TEMPO.CO | WELL+GOOD

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Life07 Mei 2024, 19:30 WIB

Bisa Bunda Terapkan,Inilah 5 Alasan Orang Tua Membesarkan Anak Tanpa Hukuman

alasan orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, membesarkan anak tanpa hukuman.
Ilustrasi membesarkan anak tanpa hukuman (Sumber : pexels.com/@Harrison Haines)