9 Makanan dan Minuman Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Senin 01 April 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi daging jeroan - Ada beberapa makanan dan minuman yang tinggi purin dan wajib dihindari penderita asam urat. (Sumber : Instagram/@gisele_cooking).

Ilustrasi daging jeroan - Ada beberapa makanan dan minuman yang tinggi purin dan wajib dihindari penderita asam urat. (Sumber : Instagram/@gisele_cooking).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat merupakan peradangan sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Karena berhubungan dengan darah, maka makanan dan minuman yang dikonsumsi erat kaitannya dengan penyakit ini.

Oleh karenanya, ada beberapa makanan dan minuman tinggi purin yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Purin merupakan senyawa kimia yang akan diubah menjadi asam urat di dalam tubuh.

Salah satu minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah minuman manis.

Baca Juga: Tanpa Obat-obatan, 8 Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Asam Lambung

Tingginya kandungan fruktosa dalam minuman dapat memperburuk nyeri asam urat. Selain itu, ada juga makanan dan minuman lain yang sebaiknya dihindari penderita asam urat.

Oleh karena itu, penderita asam urat harus menghindari makanan dan minuman dengan kadar purin tinggi untuk mencegah penumpukan kristal asam urat dalam tubuh. Purin banyak terdapat pada daging dan sayuran, sehingga sulit untuk menghindari konsumsi purin sama sekali.

Berikut beberapa makanan dan minuman tinggi purin yang wajib dihindari bagi penderita asam urat yang dihimpun dari siloamhospitals.

Baca Juga: Asam Lambung Naik Saat Puasa? Begini Cara Mengatasi Agar Rasa Sakitnya Pergi

1. Daging Jeroan

Pantangan pertama bagi penderita asam urat adalah jeroan hewan. Jeroan hewan seperti jantung, babat, hati, usus, ampela, dan bagian lainnya mengandung kadar purin yang tinggi. Oleh karena itu, usahakan untuk membatasi atau bahkan menghindari konsumsi jeroan hewan, terutama saat Anda sedang mengalami serangan asam urat.

2. Daging Merah

Selain jeroan hewan, penderita asam urat juga sebaiknya menghindari konsumsi daging merah. Namun kandungan purin pada daging merah masih tergolong moderat dibandingkan jeroan hewan. Jadi, jika Anda menderita asam urat, Anda tetap boleh mengonsumsi daging merah dalam jumlah terbatas. Batas maksimal konsumsi daging merah adalah sekitar 100 gram sehari.

3. Minuman Beralkohol

Pembatasan pola makan bagi penderita asam urat berikutnya adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol diketahui dapat menghambat ginjal dalam menghilangkan kelebihan asam urat dalam tubuh. Bila ekskresi asam urat terganggu, tubuh akan menyimpan kelebihan asam urat di persendian, sehingga dapat memperparah nyeri arthritis atau peradangan sendi.

Baca Juga: Jangan Takut Asam Lambung Naik, Cobain 7 Teh Herbal Ini yang Bantu Redakan Refluks Asam

4. Minuman Manis

Minuman manis juga merupakan pantangan makanan lain bagi pasien asam urat. Meski tidak mengandung purin, namun fruktosa pada minuman manis tersebut akan diproses di dalam tubuh dan menghasilkan purin. Selain asam urat, minuman manis juga bisa memicu penyakit diabetes melitus.

Oleh karena itu, membatasi konsumsi minuman manis sangat penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Menurut Kementerian Kesehatan RI, batas asupan gula harian adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok gula pasir.

5. Makanan Laut

Makanan laut, termasuk kerang, udang, dan ikan teri, sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat karena makanan laut diketahui memiliki kadar purin yang tinggi.

Baca Juga: Asam Urat Tak Lagi Menghantui: 13 Tips Mencegahnya dengan Cara-cara Alami

6. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan yang dapat memicu kambuhnya asam urat. Asparagus mengandung asam folat dan potasium tingkat tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun asparagus juga diketahui memiliki kadar purin yang tinggi. Hal ini menyebabkan asparagus dimasukkan dalam makanan pantangan bagi penderita asam urat.

7. Bayam

Selain asparagus, bayam juga dibatasi untuk penderita asam urat karena kadar purinnya yang tinggi. Faktanya, 100 gram bayam mengandung kurang lebih 57 gram purin.

8. Durian

Durian tidak dianjurkan bagi penderita asam urat tinggi. Durian mengandung purin tingkat tinggi yang dapat mempengaruhi kadar asam urat tubuh. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, disarankan untuk mengonsumsi buah lain selain durian.

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Rasa Sakit Asam Urat, Tanpa Obat-obatan!

9. Makanan Yang Mengandung Ragi

Penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi roti, acar, tape (singkong fermentasi), dan makanan fermentasi lainnya secara berlebihan. Pasalnya, ragi dan ekstrak ragi yang digunakan untuk mengolah makanan tersebut mengandung purin yang dapat memperparah nyeri asam urat.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dibatasi atau dihindari oleh penderita asam urat. Selain itu, Anda juga bisa mencegah penyakit asam urat dengan mendeteksi kadar asam urat dalam darah sedini mungkin dengan melakukan tes asam urat melalui paket Laboratorium dari Siloam. Rumah Sakit.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Dipenjara Israel 20 Tahun, Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)