Asam Urat Bisa Hilang? Simak 9 Langkah yang Harus Anda Lakukan

Selasa 26 Maret 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Mengingat betapa menyakitkannya serangan asam urat, Anda harus fokus pada pereda nyeri saat serangan asam urat terjadi. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).

Ilustrasi - Mengingat betapa menyakitkannya serangan asam urat, Anda harus fokus pada pereda nyeri saat serangan asam urat terjadi. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).

SUKABUMIUPDATE.com - Perawatan untuk asam urat melibatkan menghilangkan rasa sakit dan peradangan serta mengurangi penumpukan dan kristalisasi asam urat pada sendi yang terkena.

Perubahan gaya hidup, seperti pembatasan pola makan dan alkohol, dapat mengurangi frekuensi serangan. Serangan kronis mungkin memerlukan obat resep untuk membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Berikut ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah asam urat kembali muncul.

Baca Juga: Hidup dengan Asam Urat: 10 Cara Alami Mencegahnya Tanpa Menggunakan Obat-obatan

1. Berikan Kompres Dingin

Tempatkan kompres dingin atau kompres es pada sendi yang terkena untuk membantu meredakan nyeri selama serangan asam urat ringan. Bungkus kantong es dengan handuk tipis, berhati-hatilah agar es tidak langsung menempel pada kulit Anda. Gunakan kompres dingin selama 15 hingga 20 menit setiap kali, beberapa kali sehari.

2. Istirahatkan Sendi

Sendi jempol kaki paling sering terkena asam urat. Jika demikian, Anda dapat meninggikan kaki untuk membantu mengurangi pembengkakan. Jauhkan kaki Anda sebisa mungkin. Jika Anda perlu bergerak, pertimbangkan untuk menggunakan tongkat atau kruk.

3. Penurunan Berat Badan

Obesitas meningkatkan risiko terkena asam urat. Beban ekstra juga memberi tekanan lebih besar pada sendi yang terkena dan meningkatkan rasa sakit. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan akan membantu menurunkan kadar asam urat untuk mencegah kambuhnya penyakit di kemudian hari. Berat badan yang lebih rendah juga akan mengurangi tekanan pada persendian Anda, mengurangi rasa sakit dan peradangan saat kambuh.

Baca Juga: Asam Urat Tak Lagi Menghantui: 13 Tips Mencegahnya dengan Cara-cara Alami

4. Minum Banyak Air Putih

Tetap terhidrasi penting untuk mengurangi gejala asam urat seperti pembengkakan dan peradangan. Minum lebih banyak cairan dapat membantu membersihkan ginjal, mengurangi pembengkakan dan peradangan yang berhubungan dengan asam urat.

Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dapat membersihkan racun dari ginjal, sehingga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan bengkak yang sering dialami penderita asam urat.

Oleh karena itu, mereka yang menderita gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memperbanyak konsumsi cairan.

Baca Juga: Mengenal Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2: Gejala, Penyebab Hingga Cara Mengobatinya

5. Membatasi Asupan Alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol yang sering atau intens dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam urat. Bir, khususnya, mengandung purin yang tinggi, jadi mengurangi atau tidak mengonsumsinya dapat membantu seseorang mengatasi gejala asam uratnya.

6. Menghindari Daging dengan Purin Tinggi

Mengonsumsi daging dengan kandungan purin rendah dapat membantu meringankan keparahan gejala asam urat. Dianjurkan untuk membatasi jumlah daging kaya purin, seperti organ, hewan buruan, dan ikan tertentu.

Daging dan ikan yang kaya purin meliputi:

  • Ikan trout
  • Daging Jeroan, seperti hati
  • Kerang
  • Ikan haring
  • Daging sapi muda
  • Daging rusa
  • Sarden
  • Ikan kod
  • Teri

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes


Meredakan Kadar Asam Urat dengan Obat-obatan

Perawatan untuk serangan asam urat termasuk obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit dan memperpendek durasi serangan. Namun perlu diingat jika ingin menggunakan obat asam urat yang dijual di apotik ini dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan.

7. Allopurinol

Allopurinol adalah pengobatan pencegahan asam urat jangka panjang. Obat ini diresepkan secara teratur untuk menghentikan serangan asam urat dan mencegah kerusakan sendi.

Allopurinol merupakan obat asam urat di apotek yang bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah. Setelah asam urat rendah atau normal, kristal berhenti terbentuk, dan kristal yang ada akan larut secara perlahan.

Baca Juga: Berapa Banyak Protein yang Harus Dimakan Bagi Penderita Gula Darah (Diabetes)? Simak Disini

Kristal urat mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk larut, namun serangan asam urat dan kerusakan sendi tidak lagi terjadi setelah kadarnya cukup rendah.

8. Probenecid

Probenecid adalah obat asam urat di apotek yang bekerja mencegah penyerapan asam urat di ginjal. Dengan cara ini, kelebihan asam urat dikeluarkan melalui urin.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, beritahu dokter tentang kondisi Anda sebelum mengonsumsi obat ini. Ada baiknya juga Anda untuk minum 3 liter air setiap hari saat mengonsumsi obat ini untuk mencegah batu ginjal.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Aktivitas

9. Febuxostat

Febuxostat adalah salah satu jenis obat asam urat di apotek. Seperti kedua obat sebelumnya, febuxostat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Obat ini secara umum masih aman bagi penderita penyakit ginjal atau hati yang ringan. Untuk mendapatkan obat ini di apotek, Anda tetap harus membelinya dengan resep dokter.

Catatan: Hampir semua obat asam urat, termasuk obat asam urat yang dijual bebas, tetap memerlukan resep dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala asam urat, segera temui dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).