5 Suplemen untuk Menghilangkan Asam Urat, Cegah Rasa Sakitnya Muncul Kembali

Rabu 27 Maret 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi - Beberapa suplemen untuk asam urat dapat mengurangi gejala dan mencegah kambuhnya penyakit asam urat. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Beberapa suplemen untuk asam urat dapat mengurangi gejala dan mencegah kambuhnya penyakit asam urat. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Meskipun asam urat tidak dapat disembuhkan, tapi penyakit ini sangat bisa diobati. Modifikasi gaya hidup sering kali direkomendasikan sebagai bagian dari rencana pengobatan asam urat dan Suplemen tertentu untuk asam urat mungkin juga bisa membantu.

Asam urat adalah sejenis radang sendi inflamasi sistemik. Hal ini ditandai dengan periode serangan yang menyakitkan diikuti dengan remisi. Biasanya, asam urat menyerang satu sendi dalam satu waktu.

Asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat serum, atau dikenal sebagai hiperurisemia. Kondisi tertentu, pengobatan, atau pola makan Anda dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi.

Baca Juga: Diet Asam Urat: Makanan yang Harus Dihindari dan 10 Cara Mencegahnya Agar Tidak Muncul Kembali

Nutrisi & Asam Urat

Nutrisi memainkan peran penting dalam pengembangan dan pengelolaan asam urat. Mengutip verrywellhealth, penelitian menunjukkan bahwa pola makan seimbang secara keseluruhan dapat mengurangi risiko asam urat. Nutrisi tertentu, seperti vitamin, mineral, serat, dan lemak tak jenuh sangat dianjurkan untuk pencegahan asam urat.

Diet tinggi purin harus bisa dilakukan meminimalisir risiko asam urat atau memperburuk gejala asam urat. Purin adalah zat yang ditemukan baik secara alami di dalam tubuh maupun pada makanan tertentu. Di dalam tubuh, purin dipecah menjadi asam urat, yang dapat menyebabkan asam urat jika kadarnya terlalu tinggi.

Meskipun pola makan kaya purin tidak selalu menyebabkan asam urat, namun hal ini meningkatkan risikonya. Purin banyak terdapat pada daging merah, jeroan, dan jenis makanan laut tertentu.

Baca Juga: Asam Urat Tak Lagi Menghantui: 13 Tips Mencegahnya dengan Cara-cara Alami

Jika Anda didiagnosis menderita asam urat, penting untuk menghindari makanan dan nutrisi yang dapat menyebabkan kambuhnya asam urat. Penting juga untuk memasukkan nutrisi yang dapat menurunkan kadar purin dan asam urat.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa pola makan tinggi vitamin dan mineral dari buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan protein nabati dapat menjaga kadar asam urat dan, dengan demikian, mengurangi risiko asam urat.

Siapa yang Harus Mengonsumsi Suplemen untuk Asam Urat?

Penggunaan suplemen harus dilakukan secara individual dan diperiksa oleh profesional kesehatan, seperti ahli diet terdaftar (RD), apoteker, atau dokter. Tidak ada suplemen yang dimaksudkan untuk mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit.

Baca Juga: Hidup dengan Asam Urat: 10 Cara Alami Mencegahnya Tanpa Menggunakan Obat-obatan

Beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari mengonsumsi suplemen makanan untuk asam urat. Meskipun penelitian masih terus dilakukan, suplemen tertentu dapat membantu meringankan gejala asam urat dan/atau mencegah kambuhnya penyakit asam urat.

Suplemen asam urat mungkin paling membantu bagi mereka yang memiliki kondisi atau diketahui mengalami kekurangan nutrisi yang harus diperbaiki. Bagian adalah suplemen untuk asam urat:

1. Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 , yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang penting untuk berbagai aspek kesehatan. Bagi penderita asam urat yang khawatir dengan kandungan purin dalam ikan, sebaiknya untuk menonsumsi lemak omega-3.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

2. Asam folat

Pola makan yang kaya asam folat (vitamin B) dapat menurunkan kadar asam urat dan mencegah asam urat, setidaknya menurut beberapa penelitian. Data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) mengungkapkan bahwa pria dengan asupan asam folat dan folat (bentuk lain dari vitamin B9) yang lebih tinggi memiliki kejadian hiperurisemia yang lebih rendah.

Pada wanita, asupan folat yang lebih tinggi dan bukan asam folat ditemukan mengurangi risiko hiperurisemia. Hiperurisemia sendiri adalah peningkatan kadar usam urat dalam darah yang sangat tinggi dan melebihi batas normal.

Namun, penelitian mengenai efek langsung asam folat terhadap asam urat masih terbatas. Folat dan asam folat sebagian besar tersedia dalam makanan nabati seperti bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.

3. Vitamin C

Karena sifat antioksidannya, vitamin C (ditemukan dalam paprika, jeruk, brokoli, stroberi, dan produk lainnya) telah dipelajari sebagai pilihan pengobatan potensial untuk asam urat.

Menurut sebuah tinjauan literatur, beberapa penelitian menunjukkan hubungan terbalik antara asupan vitamin C (makanan atau suplemen) dan kadar asam urat. Dengan kata lain, kadar vitamin C serum yang tinggi cenderung dikaitkan dengan kadar asam urat serum yang rendah.

Sebuah meta-analisis studi tentang suplementasi vitamin C untuk asam urat juga menemukan hasil yang menjanjikan. Berdasarkan meta-analisis, suplementasi vitamin C dapat mengurangi asam urat serum dan, dengan demikian, risiko asam urat. Hasil ini paling signifikan terjadi pada mereka yang berusia kurang dari 65 tahun.

4. Vitamin D

Vitamin D dari suplemen atau makanan mungkin bermanfaat untuk pencegahan dan pengelolaan asam urat. Vitamin D dapat ditemukan dalam makanan seperti susu, ikan tertentu, jamur, dan makanan yang diperkaya.

Berdasarkan informasi dari NHANES, peneliti melaporkan bahwa konsumsi vitamin D dapat menurunkan kadar asam urat pada pria dan wanita. Meskipun laki-laki terbukti mendapat manfaat dari sumber makanan dan suplemen vitamin D, perempuan hanya mendapat manfaat dari sumber makanan.

Sebuah penelitian kecil tentang efek suplementasi vitamin D pada asam urat menemukan hasil yang lebih menjanjikan. Dalam penelitian tersebut, 71 orang dewasa dengan pradiabetes (orang dengan kadar gula darah tidak cukup tinggi untuk dianggap diabetes tipe 2) diberi vitamin D2, vitamin D3, atau tidak sama sekali selama 12 minggu. Mereka yang menggunakan salah satu bentuk vitamin D mengalami penurunan kadar asam urat.

5. Vitamin B12

Vitamin B12 menjalankan banyak fungsi penting dalam tubuh dan dapat ditemukan di banyak makanan hewani dan makanan yang diperkaya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita asam urat lebih mungkin mengalami kekurangan vitamin B12.

Kadar vitamin B12 ditemukan berbanding terbalik dengan kadar asam urat dalam studi NHANES tentang vitamin B. Namun berdasarkan penelitian, asupan vitamin B12 hanya dikaitkan dengan rendahnya kadar asam urat serum pada pria dan bukan pada wanita.

Herbal untuk Asam Urat

Anda juga dapat mempertimbangkan herbal daripada suplemen makanan untuk mengobati asam urat Anda. Berbagai herbal untuk asam urat telah dipelajari potensi perannya dalam pengobatan atau pencegahan asam urat. Herbal yang telah dipelajari penggunaannya dalam asam urat meliputi:

  • Jahe
  • Jus ceri asam
  • Biji seledri
  • Kembang sepatu

Tumbuhan ini dan tumbuhan lainnya dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk teh, kapsul, dan tincture.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum menggunakan herbal untuk asam urat. Banyak tumbuhan berinteraksi dengan obat atau suplemen lain dan mungkin tidak aman untuk semua orang.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)
Life28 April 2024, 17:44 WIB

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Memaafkan Masa Lalunya, Ketahui Penyebabnya!

Tak sedikit orang yang sangat sulit memaafkan masa lalunya sendiri sehingga sampai kini terjebak dalam balutan masa kelam yang menyakitkan.
Ilustrasi. Orang menangis karena sulit memaafkan masa lalu. | Sumber poto : Pexels/ Karolina Grabowska
Sukabumi28 April 2024, 17:32 WIB

29 Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia di Sukabumi, Pemiliknya Ditilang

Puluhan motor berknalpot brong disita polisi usai terjaring razia KRYD Polres Sukabumi Kota. Pemiliknya ditilang.
Pemiliknya ditilang, puluhan motor berknalpot brong diangkut Polres Sukabumi Kota. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 17:30 WIB

4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Membicarakan emosi dengan anak-anak bisa jadi rumit, pelajari lebih lanjut tentang cara mendiskusikan perasaan besar dengan anak kecil.
Ilustrasi. Anak sedang emosi. Sumber : Freepik/@8foto
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)