Bantu Cegah Anemia, Ini 6 Manfaat Sayur Toge untuk Kesehatan Tubuh

Selasa 05 Desember 2023, 09:00 WIB
Toge memiliki rasa yang segar dan renyah, dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti toge goreng, sop toge, atau capcay. (Sumber : via resepkoki.id)

Toge memiliki rasa yang segar dan renyah, dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti toge goreng, sop toge, atau capcay. (Sumber : via resepkoki.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Toge adalah sayuran yang berasal dari biji kacang hijau yang telah berkecambah. Toge memiliki rasa yang segar dan gurih, dan sering digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup, salad, dan stir-fry.

Toge juga merupakan sumber nutrisi yang baik, dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Toge memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, termasuk vitamin C, folat, protein, dan antioksidan.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, folat dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak, protein dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, dan antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Masalah Hidup, Kamu Salah Satunya?

Berikut beberapa manfaat sayur toge yang bagus untuk kesehatan tubuh, dihimpun via Suara.com.

1. Mengandung Serat yang Tinggi

Serat juga salah satu kandungan yang tinggi kadarnya di dalam toge. Jelas, dalam proses pencernaan serat akan berperan besar dalam menjaga kesehatan dan kelancaran saluran cerna. Ini mengapa konsumsi toge secara rutin juga dapat membantu seorang menjaga kesehatan pencernaannya.

2. Membantu Pencegahan Anemia

Ketika tubuh kekurangan zat besi, tubuh rentan mengalami anemia. Asupan zat besi dari toge sendiri dapat membantu Anda menghindari hal ini, karena terbilang cukup tinggi. Ketika zat besi tercukupi, produksi sel darah merah akan optimal, dan Anda akan terhindar dari risiko anemia.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Yuk Bunda Perhatikan!

3. Menyehatkan Rambut

Kandungan vitamin C yang ada pada sayur toge juga bisa membantu meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Jenis ini bisa membantu tubuh menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh, salah satu faktor yang memicu kerontokan dan kerusakan rambut.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Sayur toge menjadi salah sa tu sumber asam lemak Omega-3 yang merupakan kolesterol baik. Jelas, ketika asupannya terjaga secara rutin, kadar kolesterol jahat bisa diturunkan secara perlahan, dan membantu menjaga kesehatan jantung secara optimal.

5. Menurunkan Berat Badan

Kaya nutrisi dan rendah kalori, adalah kombinasi sempurna untuk sayur toge masuk ke dalam jenis makanan yang cocok untuk mendukung agenda diet. Keberadaan serat di dalam toge juga membantu seorang merasa kenyang lebih cepat, sehingga makanan yang dikonsumsi jumlahnya tidak berlebihan.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Anak Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Salah Satunya Sulit Bergaul

6. Peningkatan Metabolisme

Kandungan enzim di dalam toge juga berperan besar dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh. Protein yang diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi kimia di dalam tubuh juga terdapat di dalam sayuran ini.

Itu tadi, setidaknya 6 manfaat sayur toge yang bisa dibagikan dalam artikel singkat ini. Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan aktivitas Anda!

Sumber: Suara.com (I Made Rendika Ardian)

 

 

 

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk
Nasional29 Februari 2024, 09:40 WIB

44 Petugas Pemilu Meninggal dan Kecelakaan Kerja Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ketiga ahli waris mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.
Penyerahan santunan kepada keluarga di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada 27 Februari 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi29 Februari 2024, 09:25 WIB

Atlet Muaythai Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Para atlet yang bertanding berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama 1 bulan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi memberikan perlindungan jaminan sosial kepada atlet muaythai yang bertanding di DCS Muaythai Challenge, Minggu (25/2/2024). | Foto: Istimewa
Life29 Februari 2024, 09:15 WIB

29 Februari 2024 Tahun Kabisat: Terjadi 4 Tahun Sekali dan Doodle Katak

Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari.
Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari. (Sumber : Istimewa).
Internasional29 Februari 2024, 09:01 WIB

Hamas Serukan Warga Palestina Ramai-ramai Datangi Masjid Al Aqsa saat Ramadhan

Israel mengatakan akan mengizinkan salat Ramadhan di Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
Hamas menyerukan warga Palestina untuk bergerak ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem pada awal Ramadhan. | Foto: Instagram/@masjid_al_aqsa