Dagingnya Putih dan Empuk, Inilah 5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Kamis 30 November 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : pexels.com/@Jefry Surianto).

Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : pexels.com/@Jefry Surianto).

SUKABUMIUPDATE.com - Buah sukun adalah buah yang berasal dari pohon sukun, yang memiliki nama ilmiah Artocarpus altilis. Pohon sukun merupakan tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara.

Buah sukun memiliki bentuk bulat telur dengan kulit berwarna hijau tua hingga coklat. Daging buah sukun berwarna putih kekuningan dan memiliki tekstur yang empuk, mirip dengan roti.

Buah sukun memiliki rasa yang manis dan gurih. Buah sukun dapat dimakan langsung, digoreng, atau diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti kolak, keripik, dan tepung sukun.

Baca Juga: Gampang Dikenali! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Bersikap Baik

Buah sukun merupakan sumber karbohidrat yang baik. Buah sukun juga mengandung serat, vitamin, dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium.

Tahukah Anda apa saja manfaat sukun? Dirangkum dari Alodokter via Suara.com, inilah beberapa manfaat kesehatan dari buah sukun.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sukun punya indeks glikemik rendah sehingga tidak menimbulkan kenaikan kadar gula dalam darah secara signifikan dalam waktu singkat.

Baca Juga: Sikapnya Baik Tapi Aslinya Tidak Suka dengan Kita, Beginilah 8 Ciri Orangnya

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa sukun bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif bagi pengidap diabetes. Meski begitu, hal tersebut masih perlu studi lebih lanjut agar mendapatkan hasil yang lebih valid.

2. Mengurangi Peradangan

Ada studi yang menyatakan bahwa kandungan dalam buah sukun mampu membantu mengurangi aktivitas sel-sel tubuh yang berperan dalam proses peradangan. Hanya saja, mengingat studi ini hanya melibatkan hewan, masih perlu penelitian lebih lanjut supaya dapat memastikan efektivitas konsumsi sukun untuk mengurangi peradangan pada manusia.

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat sukun berikutnya berkaitan dengan organ penglihatan. Sukun bagus dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Manfaat ini didapatkan berkat adanya kandungan karotenoid.

Baca Juga: Tampangnya Sih Baik, Tapi Ini 10 Ciri orang yang Diam-diam Tidak Suka dengan Kita

Makanan kaya karotenoid diyakini mampu melindungi sel-sel sehat pada mata serta mencegah degenerasi makula yang merupakan salah satu faktor penyebab kebutaan.

4. Ramah Diet Gluten

Jika Anda menghindari makanan-makanan mengandung gluten, sukun bisa menjadi salah satu bahan makanan alternatif. Pasalnya, sukun rupanya sama sekali tidak mengandung gluten.

Oleh karenanya, konsumsi sukun bermanfaat bagi penderita penyakit celiac yang sangat sensitif terhadap gluten.

Baca Juga: 7 Ciri Bahasa Tubuh yang Menandakan Seorang Wanita Diam-diam Menyukaimu

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Sukun kaya antioksidan yang membantu mengurangi kadar kolestrol jahat dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah pada jantung. Itulah kenapa konsumsi sukun baik untuk untuk menjaga kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat sukun yang mungkin masih jarang diketahui. Tentu saja mengonsumsi sukun bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Walau begitu, bukan berarti Anda bisa memakan sukun secara berlebihan.

Sumber: Suara.com

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola29 Februari 2024, 13:00 WIB

Bali United vs Persis di Liga 1: Head to Head, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Hari ini Bali United vs Persis Solo akan tersaji dalam lanjutan Liga 1 2023/2024 pekan ke-26.
Hari ini Bali United vs Persis Solo akan tersaji dalam lanjutan Liga 1 2023/2024 pekan ke-26. (Sumber : X@BaliUtd/@persisofficial).
Food & Travel29 Februari 2024, 12:30 WIB

Taman Buah Mekarsari, Wisata Ramah Anak Bisa Liburan Sambil Belajar

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan anak-anak, dan berikut informasi terbaru tempat wisata tersebut
Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan anak-anak, dan berikut informasi terbaru tempat wisata tersebut (Sumber : mekarsari.com)
Produk29 Februari 2024, 12:03 WIB

Harga Beras Turun Rp1.000 Per Kg di Palabuhanratu Sukabumi, Ini Penyebabnya

Harga beras di Pasar Palabuhanratu mulai alami tren penurunan setelah adanya pasokan beras SPHP.
Lapak pedagang beras di Pasar Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Dok. SU)
Motor29 Februari 2024, 12:00 WIB

Harus Cermat! Simak Langkah-langkah Sebelum Membeli Ban Motor Baru

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda. (Sumber : pexels.com/@Prakash Chavda).
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk