10 Ciri Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Yuk Bunda Perhatikan!

Minggu 03 Desember 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi - Orangtua dapat berperan penting dalam mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan mental pada anak. (Sumber : Pixabay.com/@sick-street-photography)

Ilustrasi - Orangtua dapat berperan penting dalam mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan mental pada anak. (Sumber : Pixabay.com/@sick-street-photography)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak yang mengalami gangguan kesehatan mental adalah anak yang mengalami masalah dalam cara berpikir, merasa, dan berperilaku. Masalah-masalah tersebut dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari anak, seperti hubungan dengan teman atau keluarga, prestasi di sekolah, atau kesehatan fisik.

Gangguan kesehatan mental pada anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Faktor genetik: Beberapa gangguan kesehatan mental, seperti skizofrenia dan ADHD, memiliki faktor genetik.
  • Faktor lingkungan: Faktor lingkungan, seperti stres, kekerasan, atau pengabaian, dapat meningkatkan risiko anak mengalami gangguan kesehatan mental.
  • Pengalaman traumatis: Pengalaman traumatis, seperti pelecehan seksual atau kekerasan fisik, dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti PTSD.

Ciri-ciri anak yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat berupa perubahan perilaku, emosi, dan pola pikir. Perubahan-perubahan tersebut dapat bersifat sementara atau permanen, tergantung pada jenis gangguan kesehatan mental yang dialami.

Berikut adalah beberapa ciri umum anak yang mengalami gangguan kesehatan mental:

1. Agresif atau Mudah Marah

Anak yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan atau gangguan emosi, mungkin menjadi lebih agresif atau mudah marah. Mereka mungkin sering memukul, menggigit, atau menendang orang lain. Mereka juga mungkin sering berteriak atau marah-marah.

2. Menarik Diri dari Lingkungan Sosial

Anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti gangguan depresi atau gangguan skizofrenia, mungkin menjadi lebih menarik diri dari lingkungan sosial. Mereka mungkin lebih suka menghabiskan waktu sendirian dan menghindari interaksi dengan orang lain.

3. Melakukan Tindakan yang Membahayakan Diri Sendiri atau Orang Lain

Seorang anak yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti gangguan stres pascatrauma atau gangguan kepribadian ambang, mungkin melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri atau orang lain. Tindakan-tindakan ini dapat berupa melukai diri sendiri, menyakiti orang lain, atau melakukan tindakan yang berisiko, seperti mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

4. Memiliki Kesulitan Belajar atau Berkonsentrasi

Gangguan kesehatan mental pada anak bisa seperti gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD) atau gangguan belajar. Bahkan mungkin juga anak memiliki kesulitan belajar atau berkonsentrasi. Mereka mungkin sulit mengikuti pelajaran di sekolah atau menyelesaikan tugas-tugas.

5. Mengalami Gangguan Tidur atau Makan

Anak yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti gangguan depresi atau gangguan stres pascatrauma, mungkin mengalami gangguan tidur atau makan. Mereka mungkin mengalami kesulitan tidur, sulit bangun tidur, atau makan berlebihan atau kurang.

6. Sering Merasa Sedih, Cemas, atau Takut

Mengalami gangguan kesehatan mental pada anak bisa seperti gangguan depresi atau gangguan kecemasan, sering merasa sedih, cemas, atau takut. Mereka mungkin sering menangis, merasa kesepian, atau khawatir akan hal-hal yang tidak perlu.

7. Memiliki Perubahan Suasana Hati yang Cepat

Anak yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti gangguan bipolar, mungkin memiliki perubahan suasana hati yang cepat. Mereka mungkin merasa bahagia, sedih, marah, atau takut dalam waktu yang singkat.

8. Sulit Mengontrol Emosi

Gangguan kesehatan mental pada anak memungkinkan mereka mengalami gangguan emosi dan mungkin sulit mengontrol. Mereka mungkin sering marah, menangis, atau berteriak tanpa alasan yang jelas.

9. Memiliki Pikiran yang Negatif atau Pesimis

Anak yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti gangguan depresi, mungkin memiliki pikiran yang negatif atau pesimis. Mereka mungkin sering berpikir bahwa mereka tidak berharga, tidak berguna, atau tidak akan berhasil.

10. Merasa Tidak Berharga atau Tidak Berguna

Mereka mungkin merasa bahwa mereka tidak pantas untuk bahagia atau sukses. Anak yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti gangguan depresi atau gangguan kepribadian, mungkin merasa tidak berharga atau tidak berguna.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola22 Februari 2024, 11:00 WIB

Persikabo 1973 vs Borneo FC di Liga 1: Prediksi Skor, H2H dan Live Streaming

Persikabo 1973 vs Borneo FC akan menjadi laga menarik mengingat kedua tim tengah mengincar kemenangan dengan tujuan berbeda
Persikabo 1973 vs Borneo FC akan menjadi laga menarik mengingat kedua tim tengah mengincar kemenangan dengan tujuan berbeda (Sumber : borneofc.id/istimewa)
Musik22 Februari 2024, 10:45 WIB

Avenged Sevenfold Bakal Konser di Indonesia Tahun Ini, Cek Harga Tiket Konsernya!

Band heavy metal, Avenged Sevenfold akan mengunjungi Indonesia pada 25 Mei 2024.
Band heavy metal, Avenged Sevenfold akan mengunjungi Indonesia pada 25 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@avengedsevenfold).
Nasional22 Februari 2024, 10:43 WIB

Ada Din Syamsuddin, Ratusan Tokoh Tuntut Penegakan Hukum Pelaku Kecurangan Pemilu

Mereka mendukung fraksi di DPR yang ingin menggulirkan hak angket.
Din Syamsuddin bersama seratusan tokoh lainnya menuntut penegakan hukum bagi para pelaku dugaan kecurangan Pemilu 2024. | Foto: Aminef.or.id
Sukabumi22 Februari 2024, 10:21 WIB

Ancam Kelas dan Musala, Longsor Hantam TPT SDN Cisarua Purabaya Sukabumi

Longsor TPT ini mengancam satu ruang kelas dan musala SDN Cisarua.
Longsor TPT SDN Cisarua di Kampung Cisarua, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 10:05 WIB

Ganjar Usul Hak Angket Kecurangan Pilpres 2024, TKN 02 Ungkit Omongan Mahfud MD

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid menilai Ganjar usul hak angket kecurangan Pilpres 2024 adalah sesuatu yang berlebihan.
Capres Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo (Sumber : Istimewa)
Life22 Februari 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Akan Susah di Masa Tuanya, Anda Harus Hati-hati!

Beberapa perilaku ini akan menjadi ciri orang yang akan mengalami kesusahan di masa tuanya.
Ilustrasi - Beberapa perilaku ini akan menjadi ciri orang yang akan mengalami kesusahan di masa tuanya. (Sumber : Pixabay.com/@isakarakus)
Musik22 Februari 2024, 09:58 WIB

Video Music Lagu “Lagi Syantik” Siti Badriah Tembus 700 Juta Views di Youtube

Lagi Syantik dari Siti Badriah sukses menjadi video musik Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah.
Lagi Syantik dari Siti Badriah sukses menjadi video musik Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah. (Sumber : Instagram/@sitibadriahh).
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 09:53 WIB

Komnas HAM Temukan Fakta Aparatur Negara Arahkan Masyarakat Pilih Capres Tertentu

Setidaknya ada lima peristiwa yang Komnas HAM rangkum.
(Foto Ilustrasi) Komnas HAM mengumumkan sejumlah temuan selama Pemilu 2024. | Foto: Istimewa
Life22 Februari 2024, 09:30 WIB

Mengenali Ciri Anak yang Stres Karena Memiliki Tekanan Batin dan Mengatasinya

Penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri-ciri anak yang stres karena memiliki tekanan batin.
Ilustrasi. Penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri-ciri anak yang stres karena memiliki tekanan batin.  (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi22 Februari 2024, 09:27 WIB

Pendongeng Sunda Asal Sukabumi Mang Dedi Mulyadinata Meninggal

Mang Dedi adalah salah satu dedengkot Carita Sunda di Sukabumi.
Mang Dedi Mulyadinata dikabarkan meninggal dunia. | Foto: Istimewa