3 Cara Atasi Trauma Akibat Pelecehan Seksual Pada Anak

Minggu 19 November 2023, 17:27 WIB
Ilustrasi anak alami trauma karena Pelecehan Seksual. (Sumber : pexels.com/ Polina Zimmerman)

Ilustrasi anak alami trauma karena Pelecehan Seksual. (Sumber : pexels.com/ Polina Zimmerman)

SUKABUMIUPDATE.com - Menyembuhkan trauma dari kejadian yang memilukan bukanlah hal yang mudah. Apajika trauma pada anak atau remaja akibat menjadi korban pelecehan seksual.

Tentu proses penyembuhan trauma ini membutuhkan tenaga ahli dan proses yang cukup, bergantung pada sekuat mana korban ingin melanjutkan hidup tanpa dibayangi oleh kejahatan pelecehan seksual yang menimpanya.

Orang-orang yang berada di dekat anak atau remaja korban pelecehan seksual juga perlu menjadi sistem pendukung baginya agar dapat bangkit dari trauma.

Baca Juga: 4 Hal Berguna Untuk Bantu Anak Trauma Akibat Pelecehan Seksual

Sebab, hidup dengan membawa trauma tidak akan membuat siapapun dapat menjalani kehidupan normal seperti sebelumnya. Karena mentalnya sudah hancur akibat mengalami pelecehan seksual pada usia yang masih sangat belia.

Mengutip dari sebuah artikel pada situs verywell mind yang diunggah pada tanggal 7 Juli 2023, ada 3 cara yang bisa ditempuh oleh anak atau remaja yang trauma akibat pelecehan seksual.

Berikut ini 3 cara dan perawatan bagi anak dan remaja yang alami trauma pelecehan seksual :

1. Psikoterapi
Psikoterapi telah terbukti efektif dalam mengobati gejala PTSD setelah kekerasan seksual.
Michele Cascardi, PhD, seorang psikolog klinis berlisensi dan profesor psikologi di William Paterson University, mencatat bahwa semakin banyak bukti yang menunjukkan efektivitas dari terapi pemrosesan kognitif, terapi pemaparan jangka panjang, serta terapi desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata.

2. Bergabung dengan Komunitas
Bergabung dengan komunitas atau kelompok dukungan online atau tatap muka, memberikan kesempatan untuk terhubung dengan para penyintas kekerasan seksual lainnya dan mendapatkan nasihat untuk mengatasi tantangan yang terkait dengan trauma tersebut.
Kelompok pendukung memberikan peluang bagus untuk mengembangkan hubungan yang suportif, saling percaya, dan sehat dengan orang lain yang memiliki pengalaman bersama.
Banyak dokter perawatan primer atau ahli kesehatan mental sering kali merupakan tempat terbaik untuk memulai ketika mencari kelompok dukungan lokal.

3. Menolong Diri
Selain berbicara dengan terapis atau bergabung dengan kelompok pendukung, ada beberapa perubahan gaya hidup dan teknik mengatasi masalah yang dapat anak/remaja lakukan sendiri untuk menenangkan tubuh dan pikiran serta mengelola gejala yang dialami.
Salah satunya adalah kegiatan seperti menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih yang suportif. Dengan kegiatan sederhana seperti jalan-jalan, minum kopi pagi, atau mengobrol.

Bila orang tua menemukan gejala adanya trauma pada anak pasca alami pelecehan seksual, maka harus segera memeriksakannya kepada ahli agar dittangani. Lalu bantu anak untuk menjalankan 3 cara di atas agar anak bisa kembali melanjutkan hidup tanpa tenggelam oleh trauma.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 23:49 WIB

8 Fakta di Balik Misteri Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di sebuah kebun di belakang Perumahan Nadira, Kampung Cioray, Sukabumi, pada Senin (24/6/2024) telah menghebohkan warga setempat.
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat24 Juni 2024, 22:34 WIB

Terbukti Curang, Disdik Jabar Coret 199 Siswa dari PPDB SMA/SMK 2024

Dinas Pendidikan Jawa Barat membatalkan 168 siswa atau calon peserta didik setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juni 2024, 22:12 WIB

Peninggalan Bersejarah: Pos Security Zaman Belanda di Surade Sukabumi Masih Kokoh

Bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda masih tegak kokoh di tepi Sungai Cikarang, berbatasan antara Desa Pasiripis Kecamatan Surade
Peninggalan zaman Belanda berupa bangunan yang dahulunya merupakan pos security | Foto : Ragil Gilang
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan | Foto : Pixabay
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari